10 Sikap ini Dapat Mensukseskan Bisnis Anda

Tips Bisnis | Apakah Anda memiliki kualitas seorang pengusaha sukses? Memang tidak ada satu teori yang mencocoki untuk semua tentang kewirausahaan. Namun dengan wawasan orang dapat membikin ide-ide hebat menjadi nyata.

10 Sikap Mensukseskan  Usaha


Membuka usaha sendiri memang lebih dari kerja full time. Hari-hari akan lebih sibuk daripada kerja kantoran. Tapi ketimbang bekerja dengan gaji aman tiap bulan seperti pegawai, banyak yang mengambil kesempatan untuk berbisnis. Bahkan tak jarang mereka yang memulai dari nol.  Gimana tidak? selain memungkinkan penghasilan yang lebih banyak, juga menawarkan kerja tanpa terikat waktu yang menggiurkan.

Hambatan dalam membangun usaha memang sudah biasa. Besar maupun kecil. Namun yang menjadikan bisnis gagal adalah berhenti. Berhenti untuk bangkit. Berhenti untuk mendapatkan semangat bekerja.

Berikut ini Kami berikan wawasan 10 Sikap yang Mensukseskan Bisnis bagi Anda dalam menjalankan usaha dengan uji kelayakan yang mampu memperkecil sekecil mungkin terjadinya kegagalan.

Baca juga, 5 Kunci Pengusaha Sukses

1. Mengambil Risiko

Entrepreneur adalah pengambil risiko yang siap menyelam jauh ke hari depan, ketidak-pastian. Tapi tak semua demikian. Pengambil resiko belum tentu pengusaha sukses. Apa yang membedakan pengusaha sukses dengan yang asal ambil resiko?

Pengusaha sukses mengorbankan waktu, uang untuk hal yang tidak diketahui, namun mereka juga menyimpan cadangan-cadangan konsep untuk “menangani hal-hal yang tidak diketahui” dengan sumber daya yang telah dicadangkan.

Saat mengevaluasi resiko, pengusaha sukses akan bertanya dalam diri sendiri: apakah resiko ini berharga untuk waktu, uang dan karir Saya? Dan apa yang selanjutnya Saya lakukan jika usaha ini tidak melunasi?

2. Kerja Keras, Keyakinan Diri dan Disiplin

Pengusaha menikmati apa yang meraka lakukan, apa yang mereka hasilkan. Mereka bekerja keras namun tak mengeluh. Usahanya dijadikannya hoby utama. Mereka percaya pada dirinya sendiri. Percaya pada konsep usaha yang akan berhasil. Percaya pada produk/ layanan yang diberikan berkelas.

Dan pengusaha sukses selalu disiplin dalam segala hal. Meski dengan keras bekerja namun juga ada masa istirahat. Bukan mentenaga-kudakan dirinya sendiri. Tepat waktu adalah kuncinya.

3. Fleksibilitas

Ada baiknya bergairah dalam usaha atau bahkan keras kepala dalam apa yang dilakukan. Tapi ketidak-mampuan beradaptasi dengan pasar, dengan kebutuhan konsumen akan berdampak kegagalan. Fokus dan hati-hati.

Ingat, membangun usaha bukan hanya melakukan yang menurut keyakinan pribadi baik, namun juga membikin bisnis sukses, dan sukses besar. Perubahan adalah fenomena yang bukan sekali terjadi. Dan perubahan pada pasar bersifat dinamis.

Pengusaha sukses menyambut semua saran untuk pengoptimalan dan penyesesuaian guna memenuhi kebutuhan pasar dan klien juga peningkatan penawaran pada mereka. Produk, menurut rencana, mungkin sudah sesuai sebagai hobi. Tapi produk untuk pasar harus sesuai dengan pasar.

4. Memahami Penawaran Anda, Berikut Pasarnya

Di dalam dan di luar, pengusaha sukses mengetahui penawaran produk mereka. Juga tahu dinamika perubahan pasar di luar maupun dalamnya.

Ketidak-sadaran terhadap faktor eksternal seperti perubahan pasar dan pergerakan pesaing akan menggiring produk hebat kedalam jurang kegagalan dalam hanya sebentar.

5. Pengelolaan Uang

Pengusaha bijak akan memanfaatkan uang yang terbatas dengan tepat. Mereka menyadari persyaratan pengelolaan uang dan merencanakan kewajiban keuangan pada masa kini sampai masa datang.

Bahkan setelah mendapatkan dana, pengusaha sukses akan menangangani arus kas secara menyeluruh. Karena dalam bisnis apapun, ini adalah aspek yang paling penting.

6. Motivasi dan Gairah

Motivasi dan semangat Anda akan menentukan kesuksesan dalam tubuh kewirausahaan kedepannya. Dari membangun dan menerapkan model awal, untuk menyampaikan ide Anda pada konsumen. 

Kesuksesan dari sana adalah fungsi dari gairah dan motivasi.
  • Apakah ada sesuatu yang dapat dikerjakan berulang-ulang tanpa bosan meski tanpa bayaran?
  • Apakah ada sesuatu yang paling Anda sukai dan selalu ingin Anda lakukan selama sisa hidup Anda?
  • Apakah ada sesuatu yang karena Anda belum menyelesaikannya membuat Anda terjaga?
  • Apakah ada sesuatu yang telah Anda bangun dan selalu ingin memperbaikinya lagi, lagi dan lagi?

Dari bebrapa pertanyaan tadi, Jika ada satu kata saja yang sama, akan menggambarkan sifat dasar Anda dalam berwirausaha, dan itu akan memunculkan gairah itu sendiri.

7. Perencanaan (tapi bukan terlalu perencanaan)

Kewirausahaan adalah membangun perusahaan mulai nol disamping mengelola sumber daya terbatas seperti waktu, uang dan hubungan pribadi. Perencanaan adalah loyalitas untuk jangka panjang.

Merencanakan sebanyak mungkin langkah-langkah pada mulanya adalah dorongan yang baik. Namun, pada akhirnya,  yang terlalu banyak itu dengan semua kemungkinan resiko dapat mencegah Anda mengambil langkah pertama.

Lakukan analisis kelayakan dengan mengidentifikasi modal dan batas waktu. Jika perencanaan Anda berujung jalan silang, Carilah alternatif dan bersiap pada kemudian untuk mengambil jalan keluar.

8. Perluas Jaringan

Seberapa luas jaringan yang Anda miliki? Bagaiman Anda membentangkan jaringan untuk mendapatkan solusi? Banyak orang yang nyaman dalam pujian rasa simpati. Teman, saudara, tetangga dengan senang hati melakukannya. Tapi itu tidak memperbaiki intinya.

Apa yang pengusaha sukses lakukan? Keluar untuk menjadi seorang dengan lebih banyak pengalaman dan jaringan yang luas untuk mendapat saran berharga.

Menjadi mentor yang lebih berpengalaman, Memiliki kemampuan berjejaring seperti itu, merupakan karakteristik utama pengusaha sukses.

 9. Persiapan Jalan Keluar

Setiap usaha yang dilakukan tak semua berhasil kesuksesan. Tingkat kegagalan dalam usaha bisnis sangat tinggi. Terkadang, sangat perlu untuk ambil jalan praktis dan mencoba sesuatu yang baru.

Pengusaha terkenal banyak yang tak berhasil di pertama kali. Mereka patah? Tidak, Tapi mereka memiliki ketenangan dan pandangan untuk tahu kapan harus memangkas kerugian mereka.

10. Pengusaha Meragukan Diri Sendiri, Namun Tak Banyak

Kadang mungkin tayang pertanyaan pada diri sendiri, Apakah Saya Pengusaha? Dan karena pertanyaannya, mungkin Anda ragu dengan jawabannya.

Jika Anda berani bertaya pada diri sendiri dengan pertanyaan mengancam, Bisakah ini Saya lakukan?, Anda telah memiliki modal untuk menjadi pengusaha.

Kualitas pribadi yang benar dengan pemangku kepentingan yang tepat merupakan faktor penentu keberhasilan atau kegagalan menjadi pengusaha.

Intropeksi diri yang sesuai kenyataan pada pedoman yang disarankan akan membikin Anda mengambil langkah pasti yang benar ke arah yeng benar untuk berhasil.
Sekian wawasan seputar Sikap yang Mensukseskan Pebisnis yang dapat Kami bagikan. Semoga bermanfaat dan selamat menjadi pengusaha sukses.

1 Response to "10 Sikap ini Dapat Mensukseskan Bisnis Anda"