Intip Teknologi 5G Yuk!

Info Tekno | Sudah kenal dengan 4G kan? Itu, jaringan internet yang paling cepat saat ini. Kabar-kabar, jarigan 5G akan segera rilis. Wah, seru nih. Ya, tentunya jaringan generasi kelima ini lebih cepat dari generasi sebelumya. Makin tua makin banter. Dengan jaringan cepat akan menyingkat waktu Anda dalam proses seperti pengunduhan. Akan dapat menyelami dunia internet dengan gaya renang bebas.
Info Teknologi 5G

Kecepatan 5G bisa mencapai lebih dari 1 Gbps. Memang bukan hal baru kecepatan internet 1 Gbps, namun jarang yang memiliki. Karena harus mengeluarkan biaya mahal untuk pemasangan infrastruktur. Dengan hadirnya jaringan 5G, dengan kecepatan yang sama atau bahkan lebih, Kita tak perlu merogoh dompet semahal tadi. Enak to? Karena tidak ada pemasangan infrastruktur.
Teknologi  5G ini akan resmi dirilis pada tahun 2020 mendatang untuk sistem selular. Lama banget? Ya, semoga saja jadwalnya dimajukan. Seperti apa teknologi tersebut, saat ini memang masih lancang untuk tahu.

Apa Keunggulannya?

Untuk keunggulannya memang belum dipastikan juga kekurangannya. Sementara hanya raba-raba kemungkinan dengan berita-berita terbaru. Karena saat ini teknologi 5G masih berupa konsep-konsep. Namun maksud dari pengembangan teknologi ini jelas untuk peningkatan dari teknologi sebelumnya. Gimana peningkatannya?

Katanya kecepatan jaringan 5G bisa mencapai 800 Gbps. Wow! Dan katanya lagi, juga dapat terkoneksi dengan peralatan rumah tangga seperti mobil, telepon dan lainnya. Wow lagi! Mengatrur hidup hanya dalam genggaman tangan, dalam ponsel. Sayangnya masih dalam katanya. Ya, tunggu saja.

Saat acara Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, teknologi 5G dalam pembahasan tersebut masih dalam tahap pengembangan, belum pasti kapan tanggal rilisnya. Namun, Operator jepang NTT Docomo dan Nokia berencana ini akan resmi dirilis pada tahun 2020 di Tokyo Olympicts.

Ada kabar dari Korea Selatan, teknologi 5G juga tengah dikembangan. Diperkirakan kecepatannya mencapai 10Gbps, 100 kali lebi cepat dari teknologi 4G saat ini. Penerapan teknologi 5G di Korsel dimulai pada tahun 2017 dan akan menyeluruh digunakan juga pada tahun 2020.

Di kota Austin dan Indianapolis Amerika Serikat, Perusahaan AT&T telah menjajal teknologi terbaru ini di dua kota tersebut. Saat masa percobaan, kecepatan yang ditetapkan ketika itu sebesar 400 Mbps. Dikabarkan teknologi ini akan komersial pada tahun depan, 2018.

Indonesia, bagaimana Indonesia?

Ya, Katanya, di Indonesia juga menggunakan teknologi yang ada di Amerika. Dan akan dijajal pada tahun 2020.

Ternyata teknologi 5G sudah dikembangkan di beberapa negara. Dan Nampaknya, tahun 2020 akan menjadi tahun yang dinanti. Ya, Kita nanti saja.

Nah, demikian informasi seputar Teknologi 5G yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

1 Response to "Intip Teknologi 5G Yuk!"