Santri Keren is Santri Mblogger: Menjadi Pejuang Offline dan Online Sekaligus

Info Tekno | Kata Santri memang identik dengan kitab-kitab klasik. Karena sebagian banyak dari waktu mereka dibuat mengaji. Untuk yang disiplin sih. Dan selain hobi ngaji rata-rata kaum sarungan ini juga hobi makan dan tidur.

Betul gak?
Oh ya, ada lagi.

Jagongan, rokokan plus kopinya. Tradisi yang tak putus-putus di pesantren. Pembahasan dalam itu juga sering mengulas seputar masalah-masalah dalam kitab klasik. Jadi bukan hanya sekedar berkumpul, Namun juga berunding.

Santri-Mbloggr


Jatah tidur santri, tanpa dipotong waktu jagongan, memang sedikit. Jadi Kang santri banyak yang meneruskan kisah mimpinya di kelas saat sekolah. Maka tak heran jika ada sekolah berbasis pesantren, muridnya banyak yang lelap dalam tidur.

Tapi bukan ilmu kitab saja yang perlu diweruhi santri. Memang di pesantren ilmu umum jarang diajarkan. Apalagi ilmu internet. Jadi untuk dunia internet, selain facebook, kebanyakan santri masih gaptek. Tidak mengenal istilah blogger, apalagi Santri Mblogger. Yang terkenal paling santri mbelling.

Oleh karena kegaptekannya, santri menjadi malas belajar masalah internet. Dan tak sedikit dari mereka yang beranggapan: Internet itu tidak penting, internet itu lebih banyak negatif daripada positifnya, dan internet buruk ini-itu yang lainnya.

Emang seberapa penting si internet?

Penting sekali. Begini,

Di zaman modern ini hampir-hampir semua komunikasi menggunakan internet. Berdakwah, itu juga termasuk macam dari komunikasi. Jadi, santri jika buta pada internet hanya akan berbagi ilmu agama secara langsung.

Padahal, di zaman kini lebih banyak orang yang menghadiri media sosial ketimbang menghadiri pengajian sosial. Maka akan ada lebih banyak orang awam yang bertanya masalah hukum pada mbah google. Mbah, iki piye to mbah?

Jika jawaban yang didapat adalah yang kurang tepat kan kasian. Menimbang banyak sekali artikel-artikel yang dibahas di dalamnya hukum-hukum syariah islam dari segala golongan. Dan kesemuanya belum tentu sesuai dengan ajaran Ahlussunnah Waljamaah.

Oleh karena itu jika dakwah agama di internet dikuasai oleh golongan yang keliru, akan jadi banyak umat yang ikut-ikutan keliru. Dan kekeliruan jika terlalu banyak akan memberi dampak negatif bagi umat dan agama islam sendiri. Ya kan?

Lantas Gimana Solusinya?

Keluar dari kepompong guna menjadi kupu-kupu.

Internet memang banyak sisi negatifnya, namun sisi positif juga tak kalah banyaknya. Tergantung apa niat pengunjungnya. Kaum sarungan perlu untuk ikut andil dalam dunia internet. Dengan memanfaatkannya sebaik-baiknya.

Seperti mempelajari blogger (Mblogger) atau lainnya, lalu menulisi dan mengisi hal-hal manfaat di dalamnya. Dengan demikian internet akan menambah nilai+, bukan sebaliknya. Contohnya seperti menaruh didalamnya tata-cara ibadah, hukum fiqih, membahas masalah agama, menyalurkan apa yang guru ajarkan, dan lainnya. Dengan begitu itu Santri tidak hanya bisa dakwah secara offline namun juga secara online. Keren kan?

Selain sisi pengajaran, menulis di blogspot juga dapat digunakan sebagai penghasil rizki (Jadi dapat dobel nih). Sudah terbukti banyak orang yang menjadi jutawan dengan hanya nulis-nulis di blog. Ya, bila sukses, Kang santri tinggal duduk-duduk sambil ngajar sambil nunggu dolar masuk ke kantong rekening. Enak kan? Memiliki investasi dunia dan akhirat sekaligus.

Memang banyak sekali cara dapat uang melalui internet. Salah satu caranya adalah dengan yang namanya google adsense. Aduh apalagi itu? Ya, simpelnya pelajari sendiri lah.


Juga untuk mempelajari Blogspot santri bisa belajar sendiri secara otodidak melalui internet. Banyak kok blog-blog yang mengulas blogging dari mula sampai tips-tips jitu. Atau dengan mengikuti kursus blog (jika ada). Atau  tanya-tanya pada teman yang sudah ahli. Atau.. Anda sendiri punya cara lain, silahkan.

Baca juga, Teleskop canggih pengintip hilal,

Jadi intinya, semua tadi itu butuh kemauan dan semangat untuk menjadi lebih sukses.

Ya, mungkin sekian saja yang dapat AF Informasikan bertema Santri Mblogger. Semoga yang tertulis dapat memberi manfaat untuk Anda menjadi orang sukses dunia akhirat. Amin.

3 Responses to "Santri Keren is Santri Mblogger: Menjadi Pejuang Offline dan Online Sekaligus"

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel