Teleskop Canggih Penglihat Hilal, Punya Fitur Pelacak Bintang

Info Tekno | Hilal adalah bulan sabit muda yang digunakan untuk penentuan pergantian bulan dalam kalender hijriah. Ya, gampangnya sebagai tanda tanggal 1. Hilal akan tiba-tiba menjadi artis dadakan saat penentuan hari besar islam. Gimana tidak? Karena saat itu hilal ditunggu-tunggu untuk sebagai tanda perilaku selanjutnya. Seperti penentuan awal puasa dan hari lebaran. Dan itu kerap kali menjadi perdebatan.
Teleskop Canggih Penglihat Hilal

Untuk melihat hilal sendiri memang ada beberapa alat yang digunakan dan disiapkan di beberapa tempat berbeda. Karena penampakannya memang sulit untuk ditemukan. Jika hilal tak terlihat, maka ada cara lain yang dapat digunakan, dengan menyempurnakan bulan sebelumnya menjadi 30 hari atau dengan ilmu hisab (perhitungan).

Baca juga, Teknologi 5G, Segera Hadir
Teknologi Truk Self-Driving, Sudah Rilis

Seiring dengan zaman, banyak sekali teknologi-teknologi canggih yang bermunculan. Salah satunya adalah Teleskop Melihat Hilal terbaru dan pastinya memiliki kecanggihan yang tinggi. Seperti apa canggihnya? Simak ulasan berikut;

Kini alat-alat memang serba canggih. Tenaga manusia sudah jarang digunakan. Mesin-mesin sudah banyak yang menggantikannya. Juga untuk melihat hilal, jika dengan panca indra saja, akan tersulitkan. Belum lagi kalau cuaca juga tak bersahabat. Karena cuaca tak pernah memilki akun fb. Maka dari itu alat bantu seperti teleskop dibutuhkan.

Badan Meteorologi,Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) telah menggunakan 2 teleskop jenis baru untuk melihat hilal. Dan keduanya adalah produk keluaran Vixen.

1. Vixen VC200L+Sphinx SXD

Teleskop ini memiliki focal ratio f/9.0, aperture 200mm, tube length 23,6 inci atau 600mm dan focal length 1800mm, 

2. Vixen ED-103S+Sphinx SXW

Teleskop ini memiliki focal length 795mm, aperture 103mm, optical tube length 31,8 inci (585mm), focal ratio f/7.7, dan optical tube diameter 4,5 inci (115mm).

Apa saja fiturnya?

Kedua teleskop ini memiliki fitur Star Tracking. Apa itu? Adalah semacam sensor yang memiliki database pergerakan bintang. Maka Kita tidak kerepotan untuk mengikuti gerak bulan, matahari atau lainnya. Kita hanya perlu menekan tombol Turn Out setelah memasukkan data objek yang ingin dilihat. Selanjutnya teleskop akan otomastis mengikuti gerak objek.

Bukan hanya untuk melihat hilal saja, fitur tersebut bisa digunakan untuk menentukan orientasi pesawat luar angkasa pada bintang-bintang dengan mendapat gambar bintang terlebih dulu, mengukur posisi sebenarnya, sehingga dapat dibandingkan dengan posisi yang absolut. Karena posisi bintang telah diukur oleh astronom dengan keakuratan yang tinggi. Pelacak bintang mungkin tergolong prosesor untuk mengidentifikasi bintang dengan cara membandingkan pola bintang yang diketahui dengan yang ada di langit.

Keduanya teleskop itu memang menyediakan gambar bintang berikut definisinya dan menawarkan kinerja luar biasa bagi Astrofotografi. Dan dengan desain optik yang jelimet, teleskop-teleskop ini mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang apik.

Meskipun sudah sedemikian canggih, namun untuk melihat hilal masih butuh alat bantu lain seperti kamera Canon dan lainnya. Juga butuh aplikasi Adobe Photoshop dan semacamnya.

Nah, Demikian informasi yang dapat Area Fokus sampaikan tentang Teleskop Penglihat Hilal. Memang menakjubkan dunia yang semaikin canggih ini. Kebesaran Tuhan semakin nampak di bumi atau langit, Subhanalloh. Ya, semoga informasi yang disampaikan bermanfaat dunia akhirat amin.

1 Response to "Teleskop Canggih Penglihat Hilal, Punya Fitur Pelacak Bintang"