4 Langkah berikut Membikin Kinerja Ponsel Anda Lebih Cepat

Tips Ponsel | Siapa yang betah dengan ponsel lelet? Tak perlu jawaban. Namun banyak dari pengguna ponsel yang terus mempertahankan satu perangkat ponsel sampai usia tua. Sampai jadi Mbah ponsel. Ruang penyimpanan data full, dan banyak sekali terjadi eror-eror. Dan yang terjadi hampir pada semua ponsel ketika lansia adalah lemot, Banyak Bug-bug sampai juga sering gedebug.

Langkah berikut Membikin Kinerja Ponsel Anda Lebih Cepat


Kinerja ponsel yang lamban memang sangat menjengkelkan. Namun, kabar baiknya Anda dapat mencoba beberapa langkah agar smartphone tidak lemot. Bagaimana? Berikut akan Kami ulas step by step untuk meningkatkan kinerja ponsel lawas Anda menjadi cepat kembali.

Langkah-langkah berikut ini bisa digunakan untuk OS Android, WinPhone maupun iOS. Sebagai uji coba, Kami menggunakan ponsel dengan OS Android 6.0.1 (Marshmallow). Namun juga bisa dipraktikkan pada versi lain meski proses tepatnya tidak sama. Jadi, selamat mencoba..

1. Menghapus Instalan Aplikasi yang Tak Dibutuhkan


Pengguna ponsel pastinya akan menginstal aplikasi-aplikasi yang dianggapnya bermanfaat. Apalagi bagi gamers. Mereka akan memburu aneka game yang seru untuk dimainkan. Nah, banyaknya aplikasi yang terinstal itulah faktor besar ponsel menjadi lemot. Dan tidak semuanya akan selalu dibutuhkan.

Karena setiap aplikasi yang terinstal akan mengambil ruang penyimpanan. Semakin banyak Anda menginstal aplikasi, akan semakin sedikit ruang penyimpanan dalam ponsel. Maka akan membuat kinerja ponsel menjadi berat. Lebih-lebih banyak yang berjalan di latar belakang.

Perlu diingat, bahwa Anda masih bisa menginstal aplikasi-aplikasi itu kembali ketika sedang dibutuhkan. Oleh karena itu jangan ragu untuk klik icon uninstall untuk menghapusnya.

2. Bersihkan data cache


Jika Anda ingin mempertahankan aplikasi, langkah terbaik berikutnya adalah membersihkan data sementara dari aplikasi-aplikasi yang sudah tersimpan. Gimana caranya? Dari pengaturan,  ketuk Apps, lalu pilih aplikasi yang datanya akan dibersihkan, kemudian pilih clear cache/ hapus data cache untuk proses pembersihan.

Tidak masalah proses pembersihan ini dilakukan jarang-jarang, namun jika dibiarkan selama bulanan apalagi tahunan, data cache ini bisa membikin gembung dan menjadi sebab kelesuan ponsel Anda. Dan Yakinilah, bahwa dengan menghapus data chace ini Anda tidak akan kehilangan data-data penting.

3. Atur Ulang Tampilan


Sebagai ponsel lawas pastinya ada beberapa tampilan yang berubah dari wajah asal. Menerapkan tema ini-itu, secara bergantian. Padahal, hal tersebut juga akan memperberat kinerja ponsel.

Lebih baik jika Anda mengembalikan tampilan sesuai dengan tampilan asal. Ya, meski tampilan kurang memuaskan tapi kinerja ponsel lebih ringan.

Selain itu, jumlah layar awal widget perlu untuk dikurangi dan menggunakan wallpaper statis (bukan satu hidup). Hal tersebut dilakukan agar dapat mengurangi ketegangan pada daya sistem ponsel.

4. Pilihan Terakhir, Restart Ulang


Cara paling cepat untuk mempercepat kembali ponsel Anda adalah dengan restart ulang; menghapus segala sesuatu yang tersimpan dan memulai dari awal lagi seperti ponsel baru beli tanpa ada data apapun.

Namun, sebelum melakukan proses restart ulang, terlebih dulu Anda perlu memindahkan data-data penting yang tersimpan dalam ponsel. Karena semua data akan hilang setelah restart ulang.

Aplikasi backup tidak akan sanggup untuk mengembalikan data yang telah hilang terhapus. Oleh karena itu, data kontak, foto, musik, dan lainnya harus anda simpan di tempat lain.

Nah, demikian ulasan seputar 4 Langkah yang Membikin Kinerja Ponsel Anda Lebih Cepat tanpa Aplikasi yang dapat AF bagikan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "4 Langkah berikut Membikin Kinerja Ponsel Anda Lebih Cepat"

Posting Komentar