Kartu Memori Rusak Tidak Terbaca? Ini 4 Solusi Ampuh Memperbaikinya

Tips Ponsel | Banyak orang yang mengajukan pertanyaan yang sama pada mbah google “Mengapa memori eksternal bisa rusak? Bagaimana cara memperbaikinya?” Tenang, sebenarnya banyak sekali cara untuk menuntaskan masalah ini. Namun beberapa tidak berhasil. Nah, berikut akan Kami ulas cara yang paling manjur dan bisa Anda coba.

4 Solusi Ampuh Memperbaiki Memori Rusak


Kartu memori (SD card) adalah perangkat tambahan yang sangat dibutuhkan untuk menyimpan file-file yang banyak. Meski sebenarnya sudah disediakan ruang penyimpanan dalam ponsel (internal memory), namun masih banyak orang yang mencari memori eksternal.

Karena kebanyakan memori internal yang disediakan oleh perusahaan ponsel terbilang sedikit. Tentu saja untuk menyimpan banyak data yang banyak tidak akan mencukupi. Oleh karena itu, banyak yang masih membutuhkan memori card.

Banyak orang yang mengalami masalah damage (tidak terbaca) pada memori. Pastinya hal tersebut akan sulit untuk mengoperasikan data-data yang tersimpan di dalamnya. Mengcopy atau Memindahnya.

Berikut adalah 4 Cara Ampuh untuk memperbaiki masalah memori yang tidak terbaca

Baca Juga:
4 Aplikasi yang Harus Dihapus Sekarang Juga
4 Langkah Menghilangkan Lemot
Aplikasi-Aplikasi Menemukan Wifi Gratis

Cara Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca atau Rusak 


Cara 1: Membersihkan Kartu Memori


  • Yang pertama adalah dengan membersihkan kartu memori. Caranya, tentu saja kartu memori sudah ada dikeluarkan dari ponsel.
  • elanjutnya, bersihkan lempengan tembaga dari kotoran-kotoran dengan menggunakan penghapus pensil. Dengan santai dan Pelan-pelan saja.
  • etika sudah bersih, masukkan kembali kartu memori pada ponsel. Dan lihat bagaimana penghapus ajaib tadi bekerja. Jika gagal, coba langkah selanjutnya.

Cara 2: Format Memori dari Ponsel


  • Mudah saja, tinggal Masuk ke menu Setting > Storage.
  • Kemudian pilih Erase SD card. Karena dengan menghilangkan isi memori, dapat membuat memori bersih seperti baru. Tapi, jika masih ada file-file penting di dalamnya yang belum terpindahkan, sebaiknya jangan langsung menggunakan cara ini.

Cara 3: Cek Error dari PC

4 Solusi Ampuh Memperbaiki memori rusak


  • Langkah pertama hubungkan ponsel ke laptop atau PC menggunakan kabel data.
  • Biasanya meskipun kabel sudah menyambung namun hanya ngecas saja. Jadi pastikan ponsel terhubung dengan PC atau laptop.
  • elanjutnya pergi ke Windows Explorer, klik kanan pada Drive memori, pilih Properties > Tools > Error Checking, tunggu sampai proses pengecekan selesai.
  • Selanjutnya langsung klik dua kali untuk mengecek apakah memori bisa dibuka pada komputer
  • Jika bisa terbuka, eject drive memori dan kemudian pasang pada ponsel dan cek apakah sudah bisa dibuka.

 Cara 4: Format Memori dari PC

Cara ini digunakan ketika MicroSD/ kartu memori terbaca dan baik-baik saja pada komputer. Tapi tetap tidak terbaca di Ponsel.

  • Langkah pertama, Buat folder baru di HardDisk, beri nama terserah asal kamu ingat. Yang nantinya folder ini akan menjadi tempat penyimpanan sementara dari isi kartu memori.
  • trl A kemudian Copy seluruh isi kartu memori dan Paste ke folder tadi.
  • ika sudah tersalin semua, kemudian format kartu memori tersebut. Namun pastikan terlebih dulu bahwa isi benar-benar tersalin.
  • emudian pindah kembali semua file-file yang di folder ke  memori yang telah terformat.
  • ekarang pasang kembali memori ke ponsel dan cek kembali.


Jika masih gagal, Wah, mungkin sudah waktunya untu cara yang ke lima. Yakni diLem Biru, dilempar beli yang baru. Sebagaimana banyak orang yang melakukannya.

Nah, itu tadi ulasan tentang cara memperbaiki kartu memori yang rusak atau tidak terbaca yang dapat AF bagikan. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya:
5 Fitur Inti yang Ditunggu Di Dunia Smartphone
10 Headphone Terbaik Tahun Ini
10 Ponsel Tercanggih Masa Kini


0 Response to "Kartu Memori Rusak Tidak Terbaca? Ini 4 Solusi Ampuh Memperbaikinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel