Melukis Cahaya dengan Kamera Ponsel, Hasil Foto Keren dan Kreatif untuk Koleksi

Tips Ponsel | Sebenarnya tidak perlu berjalan-jalan ke tempat keren, apalagi sampai mengeluarkan biaya banyak, hanya untuk memburu foto keren. Foto keren bisa dihasilkan di mana saja jika Kita memiliki ide yang unik dan kreatif.
Melukis Cahaya dengan Kamera Ponsel

Banyak orang yang memang memburu hasil foto keren untuk koleksi dan kemudian diupload ke media sosial. Dengan hasil foto yang keren dan unik, Kita akan merasa puas dan akan dibariskan menjadi koleksi foto. Lebih lagi kalau punya kamera DSLR, foto yang dihasilkan kemungkinan akan terlihat lebih jelas dan fokus. Tapi,

Gimana Cara Menghasilkan Foto Keren dengan Kamera Smartphone?

Salah satunya adalah dengan teknik light painting. Taukah Kamu apa itu light painting? Biasanya orang mengatakan Melukis Cahaya. Hah, melukis cahaya? Sebenarnya teknik ini sudah umum digunakan dalam dunia fotografi hanya saja selama ini menggunakan kamera DSLR.

Itu bagi yang punya kamera DSLR.

Bagi yang gak punya DSLR, emm.. tenang saja, melukis cahaya masih bisa Kita lakukan dengan hanya menggunakan kamera ponsel. Ya, meskipun hasilnya nanti tidak seperfect DSLR tapi lumayan lah untuk sebagai koleksi foto. Apa lagi cara ini masih jarang diketahui oleh banyak orang. Jadi, hasil jepretan akan terlihat unik dan kreatif.

Oke, sebelum Kita menuju step by step untuk membikin lukisan cahaya, siapkan dulu alat-alat berikut.

Alat-alat yang Disiapkan untuk Light Painting dengan Ponsel

1. Tripod Ponsel

Yang pertama Kita siapkan tripod agar ponsel tidak tergoyang saat pengambilan gambar. Karena proses light painting, melukis cahaya tidak sekali jepret, cekrik, langsung jadi. Namanya saja juga melukis. Kita butuh waktu sekitar 20 detik agar cahaya yang ada dapat ditangkap oleh kamera. Tapi, bagaimana jika Kita gak punya tripod? Solusi pertama adalah beli. (aduh kantong kering) atau cara berikut.

Alternatif jika tidak ada tripod

Jika Kamu tidak memiliki tripod untuk menyanggah ponsel, maka Kita akan membuatnya secara manual. Gimana? Ya, Kita bisa sandarkan ponsel pada sesuatu sekiranya kamera ponsel tetap mengambil objek dengan sempurna dan tidak guncang. Semisal kursi, Meja atau semacamnya. Namun resikonya Kamu akan kesulitan dan lama mengatur posisi ponsel ketimbang langsung menggunakan tripod.

2. Sumber Cahaya

Selanjutnya adalah alat yang bisa menyemprotkan cahaya. Kita bisa menggunakan lampu senter biasa, senter warna, atau kembang api. Atau Kamu ingin menggabungkan semuanya dengan banyak warna, bergantung selera masing-masing.

Cahaya inilah yang nantinya akan digunakan sebagai cat untuk melukis cahaya. Semakin banyak sumber dan warna cahaya, hasil foto akan semakin unik dan kreatif.

3. Aplikasi Light Painting

Yang terakhir adalah aplikasi untuk melukis cahaya. Sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa digunakan. Di sini Kita akan mempraktikkannya dengan menggunakan aplikasi Camera FV-5.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang mirip dengan menu yang disediakan dalam kamera DSLR. Dan fitur yang digunakan untuk light painting adalah pengaturan shutter speed yang bisa diatur kecepatannya. Karena dalam melukis cahaya, Kita membutuhkan shutter speed yang rendah.

4. Yang terakhir

Kurang penting tapi berpengaruh besar, Siapkan gaya dan tempat foto. Usahakan pose yang Kamu gunakan sekeren dan seunik mungkin. Untuk hasil yang berbeda dari yang lain-lain.

Panduan Light Painting dengan Kamera Ponsel

Jika alat-alat tadi sudah Kita siapkan dan diletakkan pada tempat yang strategis, selanjutnya Kita akan Eksperimen membuat lukisan cahaya.

Pertama

Buka aplikasi FV 5 yang telah Kta download, menuju ke pengaturan, dan atur sebagai berikut.
Shutter Speed: Ubah waktu shutter speed dengan durasi waktu 20 detik (sesuai kebutuhan) untuk membuat lukisan dengan sumber cahaya.
Atur WB: Mode Bulb.
ISO: 100

Kedua

Melukis Cahaya dengan Kamera Ponsel

Klik kamera. Dan disitulah, waktu 20 detik tadi, kita membikin lukisan cahaya dengan lampu senter yang diarahkan pada kamera dan diarsirkan berkali-kali pada untuk membentuk sebuah lukisan. Kamu juga perlu menyinari objek yang juga ingin ditangkap. Muka, badan atau semacamnya.

Nah, sekian Area Fokus mengulas tentang Lighting Painting atau Melukis Cahaya dengan Menggunakan Kamera Ponsel. Jika kurang paham, boleh tanya-tanya di kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat, dan selamat berkreasi.

Baca Juga:

0 Response to "Melukis Cahaya dengan Kamera Ponsel, Hasil Foto Keren dan Kreatif untuk Koleksi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel