Uji Coba 5G di Indonesia, Telkomsel Tembus Hingga 70 Gbps

Info Bisnis | Beberapa hari yang lalu Telkomsel bekerjasama dengan Huawei melakukan demonstrasi teknologi 5G pertama kali di Indonesia.
Uji Coba 5G di Indonesia

Dalam Uji coba tersebut, kecepatan koneksi yang dihasilkan menunjukkan angka hingga 70 Gbps. Luar biasa.

Telkomsel menyadari bahwa teknologi 5G adalah evolusi dari seluler yang memungkinkan pengguna ponsel menjajal berbagai aplikasi dengan melampaui sistem komunikasi sekarang ini.

Uji Coba 5G di Indonesia Tembus Sampai Angka 70 Gbps

Ivan C. Presiden telkomsel mengatakan standarisasi teknologi 5G dirintis untuk melayani tiga karakter utama layanan ponsel. Yaitu, eMBB (Enhanced Mobile Broadband), mMTC (Massive Machine Type Communication), uRLLC (Ultra-reliable and Low Latency Communication). Demonstrasi kali ini terfokus pada sisi eMBB dengan spektrum frekuensi 70 GHz.

Telkomsel mangaku menjadi operator di Indonesia yang benar-benar menerapkan eMBB pertama kali. Dengan menggunakan teknologi 5G kecepatan 70 Gbps yang melebihi spek kecepatan terendah dari teknologi tersebut. Catatan tersebut berdasarkan IMT-2020 yang memiliki kecepatan hanya sebesar 20 Gbps.


Telkomsel Berambisi Jadi Operator Pertama Indonesia yang Mengadopsi 5G

Ivan dalam Gedung Telkomsel Smart Office di jakarta, Senin (29/5) mengatakan “dengan demonstrasi teknologi 5G ini, Kami melihat peningkatan performa yang tinggi di masa depan. Kami akan selalu menganalisa dan mempelajari teknologi ini dengan menyeluruh untuk selanjutnya Kami akan menjadi operator pertama-tama di Indonesia yang menggunakan layanan 5G secara komersial, Sebagaimana yang telah Kami lakukan pada teknologi 4G yang lalu.”

Direktur Wireles Network Solution Huawei juga turut hadir dalam acara tersebut dan menyampaikan kerjasama baik antara Telkomsel dan Huawei.

Ddirektur tersebut juga mengatakan ”Kami akan selalu menghadirkan teknologi terbaru dan relevan untuk Indonesia dan Kami akan membantu mitra Kami Telkomsel untuk mempertahankan prestasi mereka dalam bidang teknologi dan inovasi dalam Indonesia.”

Selain Presiden Telkomsel juga hadir Denny Setiawan Plt Direktur Penataan Dirjen SDPPI. Dia mengatakan bahwa teknologi 5G juga tengah dibahas dalam pertemuan-pertemuan internasional masalah spektrum mana saja yang akan dipakai.

Hal tersebut bertujuan agar semua negara memiliki kesepakatan sama dalam alokasi spektrum teknologi 5G. Sehingga vendor-vendor ponsel atau operator telekomunikasi dapat membangun ekosistem teknologi secara bersamaan.

Dia menerangkan “ Masalah ini sedang dibahas, oleh karena itu hasilnya belum diputuskan secara pasti dan akan dibahas ulang di sidang radio telekomunikasi sedunia pada tahun 2019 mendatang.

Dan membikin standar itu juga tidak selalu dari awal, ada beberapa tahapan yang harus dilalui, dan kini tahapan yang dilalui sudah sampai setengah jalan.

Telkomsel beroptimis bahwa mereka akan mampu menyediakan layanan teknologi ini selambat-lambatnya dalam 5-7 tahun kedepan untuk semua masyarakat. Lebih lagi untuk industri yang membutuhkan jaringan internet lebih cepat dan besar.


Ternyata Sekarang Masih Banyak yang Perlu Disiapkan untuk Adopsi 5G

Presiden Telkomsel menambahi “Masih banyak yang menjadi PR dari teknologinya. Proyeksi akan dapat digelar tahun 2021. Sehingga demonstrasi hari ini sudah lebih dari standar, untuk masyarakat dan pemerintah diharap bersiap-siap agar spektrum dan aplikasi akan hadir secara bersamaan.”

Selain itu, Telkomsel menerangkan bahwa 5G menjadi masa depan dalam bidang cloud computing. Contoh layanan yang dipesan di mMTC adalah immersive virtual reality, Collaborative interactive education, always connected augmented reality dan collaborative immerse gaming. Smart agriculture, Smart city, smart utilities, fleet management, bike sharing dan smart energy.

Dan hasil layanan yang dihasilkan uRLLC adalah Connected Vehicles (V2X), Otonom Driving, Automasi Industri Robotik, dan Pengiriman dengan Drone.

Nah, demikian ulasan tentang Uji Coba 5G di Indonesia yang Kami dapat dari beberapa sumber terpercaya. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di next post.

Baca juga:
Uji kecepatan Download 5G, Kecepatan Hingga 2,8 Gbps

0 Response to "Uji Coba 5G di Indonesia, Telkomsel Tembus Hingga 70 Gbps"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel