20+ Bisnis Untuk Mahasiswa, Ide Bisnis Lengkap untuk Pemula

Peluang Bisnis | Mandiri memang harus dimiliki bagi setiap mahasiswa. Jiika sifat mandiri sudah tumbuh dalam jiwa mereka. Maka mereka tidak akan mengandalkan biaya dari orang tua.

Sebenarnya untuk memulai berbisnis modal yang paling penting adalah kreatifitas dan berani mengambil resiko.Jangan malu dalam membangun bisnis, lebih malu apabila sudah kuliah tapi masih tidak mampu berdiri dengan kaki sendiri.
Bisnis Untuk Mahasisw

Nah, sebagai pemula bisnis, yang pertama dicari adalah mencari peluang-peluang usaha yang paling memungkinkan. Agar waktu bisa diatur dengan tepat, sehingga antara pelajaran dan bisnis mereka tidak rancu.

Dan banyak ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa dengan modal rendah dan hasil yang lumayan. Mahasiswa yang merintis bisnis sejak awal kuliah akan mendapatkan pengalaman usaha yang lebih banyak. Bukan saja tambahan uang saku saja.

Jadi, ketika lulus kuliah tidak akan bingung untuk mencari lowongan kerja. Tinggal hanya melanjutkan usaha yang telah dibangun dan dibesarkan. Lebih lagi masa kini amat sulit untuk mencari pekerjaan maka cara terbaik adalah merintis usaha sendiri. Kan lumayan disamping memiliki penghasilan sendiri juga membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Nah, berikut Area Fokus akan mengulas 20+ Bisnis Untuk Mahasiswa yang dapat menjadi inspirasi untuk memilih apa bisnis yang akan dijalankan.

1. Les Privat


Yang pertama adalah les privat. Kita bisa memberikan les privat pada anak-anak sekelas SD, SMP, atau SMA. Dan untuk pelajaran yang kita berikan, itu tergantung ktia lebih mahir di bagian mana? semisal matematika, bahasa inggris atau lainnya.

Biasanya les privat akan banyak dicari ketika musim Ujian Akhir. Nah, pada waktu-waktu tersebut cobalah untuk mencari info-info dimana orang yang membutuhkan les privat. Biasanya orang-orang yang sibuk dengan pekerjaannya. Dimana mereka tidak sempat untuk mengajari buah hati mereka.

Bahkan, jika kita mahir dalam memberikan keterangan-keterangan dan mampu meningkatkan prestasi anak didik kita, maka kontrak les privat akan diperpanjang.

2. Jual Pulsa Elektrik


Menjadi agen pulsa termasuk bisnis yang cocok untuk mahasiswa. dan, kebanyakan mahasiswa memilih untuk menjalankan bisnis ini. Karena bisnis ini sangat muda dilakukan, kita hanya menuggu dan menunggu pelanggan untuk membeli pulsa pada kita.

Selain itu, menjual pulsa adalah bisnis yang memiliki potensi hasil yang lumayan. Kita akan mendapatkan Sekitar 500-1500 tiap sekali pembelian pulsa. Tapi kalau yang membeli teman atau orang dekat lainnya, maka biasanya keuntungannya tertunda dengan hutang. Wah, beda cerita kalau begini.

Namun, jika di kuliahanmu sudah banyak orang yang menjual pulsa, maka lebih baik menghindari persaingan bisnis yang lebih ringan dengan mengambil ide bisnis lain.

3. Jual Makanan Ringan


Terbayang gak jika perut sedang lapar dan untuk makan kesulitan karena tempat makan yang jauh. Nah, di sinilah ada peluang bisnis yakni menjual makanan ringan untuk mengganjal perut.

Di ruang kuliah, biasanya mahasiswa males untuk keluar ruangan. Apalagi akan pergantian mata kuliah. Dengan demikian mereka akan membutuhkan makanan pengganjal.

Bisnis ini memiliki potensi yang sangat tinggi karena pelanggan tidak akan datang dari satu kelas saja. Tapi tantangan untuk menjalankan bisnis ini memang sangat besar. Malu. Jangan takut. Coba saja. Mereka yang tidak berusaha tidak akan lebih baik dari kamu yang telah berani mencoba.

Resiko dalam bisnis juga sama: hutang. Ya, meskipun hutang pastikan bahwa mereka akan benar-benar melunasinya.

4. Menjadi Pembimbing Belajar


Tahukah kamu jika kemampuan orang berbeda dalam belajar? Terkadang ada saja mahasiswa yang membutuhkan bantuan dari orang lain untuk memahami satu atau lebih mata kuliah.

Dengan adanya pembimbing dalam belajar, mereka akan merasa terbantu. Apalagi kita memberikan gaya membimbing yang tidak membosankan.

Usaha menjadi pembimbing dapat dilakukan dengan sendirian atau tim. Namun, Dengan tim pembimbing akan terkesan lebih profesional.

5. Jasa Pengetikan + Print


Bisnis ini merupakan bisnis yang menjanjikan bagi mahasiswa. Apalagi jika tinggal di area perkuliahan. Mengapa? Karena seluruh mahasiswa pasti memiliki tugas dan terkadang sampai banyak.

Biasanya, mereka malas untuk mengerjakan sendiri dan karena tidak ada banyak waktu. Di sinilah peluang dari jasa pengetikan. Mereka akan menyewa jasa pengetikan dan sekaligus untuk mengeprint tugas tersebut.

Yang  dibutuhkan dalam menjalankan bisnis ini adalah kemampuan pengetikan yang cepat. Dan juga perangkat untuk mengetik seperti PC atau Laptop.


baca juga, usaha kuliner untuk mahasiswa


6. Blogger atau Progammer


Jika kamu mahir dalam masalah IT maka bisnis programmer akan lebih cocok. Kamu bisa menawarkan jasa programmer melalui online atau offline.

Jika untuk memahami bahasa pemrograman kamu kesulitan, maka labih baik mejadi blogger. Perlu membuat blog, mengisinya dengan hal yang paling banyak dicari orang dan kemudian memberi iklan untuk blog.

Untuk tata-cara blog sudah banyak dibahas di web-web lain. Maka tidak saya bahas disini. Banyak orang yang memiliki penghasilan jutaan dengan ngeblog saja.

7. Online Shop


Ada beberapa situs toko online yang menawarkan untuk pengunjung menjadi reseller dari barang-barang di toko tersebut. Nah, untuk menjalankan bisnis ini kita tidak butuh modal banyak bahkan ada yang tanpa modal sama sekali.

Dan resiko dari bisnis ini juga lumayan rendah. Karena kita hanya perlu menjualkan barang orang. Ketika ada orang memesan barang maka tinggal konfirmasi pada pihak situs dan mereka akan mengirimkannya.


8. Jual Buku Bekas


Jika kamu memiliki buku bekas dan tidak terpakai maka lebih baik jual untuk menambah saku kebutuhan hidup. Atau kulakan buku bekas, pastinya dengan harga murah, dan menjualnya kembali.


9. Jasa Service Laptop


Ini adalah bisnis yang cukup potensial karena kebanyakan mahasiswa telah memiliki laptop sedang ketika ada masalah mereka jarang ada yang bisa mengatasi sendiri. Nah, hal tersebut manjadi peluang.

Kita bisa menawarkan perbaikan laptop pada orang-orang yang berhubungan dengan harga yang tentunya lebih rendah ketimbang konter-konter laptop. Dengan demikian kita akan menang dalam harga dan jaringan pelanggan.

10. Jasa Penerjemah


Termasuk jenis usaha yang mudah dan banyak diminati para mahasiswa. Tidak butuh modal besar, hanya butuh penguasaan dalam bahasa asing. Dan juga butuh alat seperti perangkat komputer atau laptop.

Biasanya orderan penerjemahan datang dari perusahaan-perusahaan yang mendapat kiriman file pesan berupa bahasa inggris. Beberapa lembar dokumen.

Saya memiliki tetangga yang juga berprofesi menjadi penerjemah dan juga masih duduk di bangku kuliah. Cewek cantik lagi. Tapi bukan itu yang penting. Dia sering mendapat kerjaan menerjemahkan beberapa lembar file dari bahasa inggris.

Dan penghasilannya cukup lumayan. Bisa sampai jutaan perbulan. Tergantung dari seberapa banyak pesanan yang telah dirampungkan.


11. Jasa Membuat Web


Di zaman ini. Hampir semua perusahaan dan sekolah atau semacamnya memiliki website sendiri. Dan juga banyak web pribadi berupa blog atau wordpress.

Nah, kebanyakan pihak tersebut menginginkan proses yang instan. Karena kebanyakan masih kesulitan dalam pembuatan web. Inilah kesempatan kita untuk menawarkan jasa pembuatan web.

Jika kamu masih belum tahu tata-cara membuat web kamu bisa belajar pada mbah google. Pasti akan dijawab.

12. Jasa Pengiriman Barang


Berikutnya adalah menjadi pengirim barang. Biasanya perusahaan yang membutuhkan jasa pengiriman barang adalah perusahaan yang bergarak di bidang makanan/ restoran. Hampir tiap hari merek melakukan banyak pengiriman ke alamt-alamat pelanggan.

Kamu hanya butuh motor saja untuk menjalankan usaha ini. Dan pekerjaan akan lebih cepat ketika kamu hafal jalan-jalan disekitar. Jalan tikus pun akan berguna jika jalan raya terjadi kemacetan.


13. Jasa Desain Grafis


Jika kamu memiliki keahlian dalam desain grafis dan senang melakukannya maka jadikanlah hobi tersebut menjadi beruang. Karena banyak sekali orang yang kini tengah membutuhkan jasa desain seperti membuat banner, brosur, id card, dan semacamnya.

Dan masih belum banyak orang yang ahli dalam dunia desain grafis. Maka merupakan keahlian yang langka. Jika kamu belum bisa juga caranya sama, tanya mbah google. Asalkan ada kemauan belajar, siapa pun pasti bisa.

Untuk menjalankan bisnis ini, kita hanya butuh laptop untuk mendesain. Dan imajinasi yang bagus untuk dituangkan dalam karya desainnya.


14. Usaha Pertunjukan Seni


Bagi mahasiswa yang memiliki bakat dan tertarik dalam duni seni seperti musik, tari, drama atau lainnya. maka kamu dapat mengembangkannya menjadi hal yang mampu menghasilkan uang.

Semisal dengan membangun grup band yang mungkin nanti akan manggung di mana-mana. ya, meskipun sebelum terkenal harus dirintis jauh-jauh hari.

15. Jasa Travel


Jika kamu mudah dalam merencanakan perjalanan wisata maka itu tandanya kamu bisa menjalankan usaha ini. Biasanya dalam bisnis ini menawarkan jasa mengantar keliling-keliling beberapa tempat wisata dengan harga tiket tertentu.

Kamu bisa memulai dengan perjalanan wisata dalam negri. Kemudian bisa berkembang ke wisata ke luar negri. enak kan? Selain mendapat hasil juga ikut berwisata.


baca juga,  bisnis untuk mahasiswa pemula


16. Jualan Kaos


Ini adalah salah satu ide bisnis yang memiliki prospek yang sangat bagus di kalangan mahasiswa. Kamu bisa mencari ide kaos yang kreatif semisal kata-kata tentang pembuatan skripsi atau makalah atau dosen.

Dan di kuliahan pasti ada banyak organisasi-organisasi, nah, disitu juga terdapat peluang kita untuk mendesain kaos dengan nama golongan tersebut. Atau kaos untuk sepasang kekasih. Dan masih banyak lagi ide desain kaos yang dapat dimunculkan.

Untuk prosesnya, kita bisa membeli kaos polos atau kainnya kemudian cari desain yang bagus, dan disablonkan pada tukang sablon. Selanjutnya tinggal dipasarkan saja ke teman sekitar dan komunitas dalam kampus.


17. Jasa Fotografi dan Membuat Video


Usaha selanjutnya adalah jasa fotografi dan pembuatan video. Biasanya usaha ini muncul dilatarbelakangi oleh hobi memotret dan merekam. Dan memang dari hobi, akan memunculkan keahlian.

Nah, daripada hanya foto-foto sendiri dan rekam-rekam sendiri, mending mulai menjadikannya sebagai bisnis. Biasanya orang akan memerlukan fotografer ketika ada even seperti akan menikah dan semacamnya.

Untuk menjalankan bisnis ini peralatan yang dibutuhkan adalah kamera DSLR minimal untuk menghasilkan yang bagus. Tapi harganya mahal? Tidak masalah kita bisa menyewa dulu dengan mempertimbangkan untung dan rugi dari biaya sewa dan bayaran memotret nantinya

18. Jual Karya Barang Bekas


Ini adalah bisnis yang sangat cocok tidak hanya bagi mahasiswa. Disamping butuh modal yang sedikit mampu menghasilkan keuntungan yang tinggi. Karena kita hanya butuh barang-barang yang sudah tidak terpakai. Maka kemungkinan untuk mendapatkannya adalah tidak sulit.

Untuk ide dan bagaimana cara membikinnya kamu bisa cari inovasi-inovasi melalui youtube atau blogspot. Tentunya lebih dari satu ide yang ditemukan. Maka fokuskan pada salah satu yang paling mudah dan berpotensi nilai jual tinggi.


19. Penjual Jilbab


Mahasiswa muslimah pasti butuh yang namanya jilbab. dan kini ada banyak sekali model-model jilbab terbaru dan tren. pasti banyak muslimah itu yang ingin mencoba model ini itu. Disinilah peluang kita untuk menawarkan jilbab-jilbab yang lagi tren.
Untuk ,menjalankan bisni ini Kita bisa kulakan ke pasar dan menjual kembali. Atau jika tidak memiliki banyak modal, maka alternatif lain adalah menjadi dropshipper atau reseller dari toko online. Cari toko online yang bagus, terupdate, untuk dijadikan bos dalam bisnis.

20. Menjadi Penulis Lepas


Ini adalah salah satu hobi yang memiliki potensi bisnis yang tinggi. Dengan hobi menulis, kamu bisa membikin karangan seperti novel. Atau karangan untuk koran lelang. Atau membuat blog dan merawatnya. Atau menulis pada blog lain dimana semua itu, dapat memberi penghasilan.

Apalagi zaman kini sangat sulit ditemukannya orang yang hobi menulis. Jadi, potensi untuk bersaing sangat rendah, keuntungan yang lumayan dan tanpa modal.

21. Menjual Kerajinan Tangan


Jika kamu kreatif dalam membuat sesuatu, maka utarakan kreatifitasmu sebagai pundi pengahasilan. Jika karyamu memang bagus dan banyak diminati bisnis yang dijalankan akan mudah sukses.

Dan jarang sekali orang memiliki kreatifitas dalam dirinya. Maka kemungkinan bersaing akan rendah. Kamu juga bisa mencari ide-ide kreatif melalui internet.

22. Gojek atau Ojek Online


Daripada nganggur tidak ada pekerjaan mending jadi agen gojek atau semacamnya. Usaha ini bisa dilakukan di luar waktu kuliah dengan memanfaatkan sepeda motor yang ada. Meskipun bisnis ini remeh, namun juga memiliki potensi yang lumayan.

Nah, demikian ulasan tentang 20+ Bisnis Untuk Mahasiswa yang dapat menjadi contoh ide yang akan dijalankan. Berikan pendapatmu di kotak komentar. Semoga bermanfaat dan salam sukses untuk anda.

Baca juga,

0 Response to "20+ Bisnis Untuk Mahasiswa, Ide Bisnis Lengkap untuk Pemula"

Posting Komentar