Asus ZenFone 4 Selfie Pro, Banyak Fitur yang Tak Mungkin Kamu Temukan Sebelumnya

Review Ponsel | Dari namanya saja kita sudah bisa mengira-ngirakan bahwa kali ini Asus ingin memperkuat ponsel keluarannya dengan kamera kamera super untuk pecinta selfi. Jadi kalau kamu suka berselfie ria mungkin artikel berikut akan menarik untuk disimak.

Pernah ingat, pada tahun 2015 silam Asus pernah menajdi vendor pelopor dalam smartphone untuk selfie lewat produknya ZenFone. Memang sempat absen pada tahun lalu, Asus tidak meluncurkan ponsel yang memiliki kekuatan khusus untuk selfie.

Namun tahun ini, Asus kembali mengenalkan produk ponsel yang menjadikan Selfie sebagai fitur unggulan dengan beberapa teknologi terbaru. Asus Zenfone 4 Selfie Pro.

Nah, beirikut Area Fokus akan mengulas seputar Asus ZenFone 4 Selfie Pro yang katanya memiliki hasil kamera selfie yang keren. Simak ulasan berikut,

Desain Asus ZenFone 4 Selfie Pro


Asus meyediakan ZenFone 4 Selfie Pro ini dengan dua varian. Yakni versi pro dan biasa. Dari sisi desain kedua ponsel memang memiliki desain tampilan yang bisa dikatakan tidak ada bedanya.

Asus ZenFone 4 Selfie Pro


Namun, sebenarnya ada perbedaan yang mendasar dari keduanya. Dimana versi biasa memiliki bahan material metal look (bahan plastik yang seakan metal) sedangkan untuk versi pro, memiliki bahan material metal asli.

Meskipun bahan material dari keduanya berbeda, namun keduanya cenderung licin ketika digunakan. Namun, untungnya body kedua ponsel ini tidak gampang kotor. Terbukti, dalam pemakaian seminggu secara normal body ponsel tetap terlihat bersih.

Asus ZenFone 4 Selfie Pro memiliki desain body yang tipis dan enteng, berpadu dengan warna-warna yang menarik sehingga menampilkan kesan ponsel yang feminin.

Jika pengguna Asus generasi sebelumnya, apalagi versi Max, maka kamu akan benar-benar merasakan perbedaannya. Asus ZenFone 4 Selfie Pro akan terasa tipis dan ringan. Namun dibalik bobotnya yang ringan, ponsel ini tetap kuat berkat bagian rangka yang memang didesain solid.

Dan pada produk Asus ZenFone 4 Selfie Pro ini, Asus memberikan tombol-tombol yang tidak mungkin ditemui pada generasi sebelumnya. Yakni tombol recent apps dan kapasitif back.

Juga tombol home yang biasanya menancap di tengah, kini hadir dengan model terbaru. Yang cukup dengan hanya disentuh, tidak perlu ditekan-tekan lagi. Dan sensornya juga langsung bisa baca sidik jari tanpa menghidupkan layar sebelumnya.

Perubahan ini juga memberikan kesan bahwa ponsel ini bukan ponsel mewah, bukan murahan.

Di bagian atas juga ada lampu LED yang menyala-nyala ketika ada pemberitahuan masuk. Terletak berdekatan dengan kamera depan.

Untuk lain-lain, desain Asus ZenFone 4 Selfie Pro tidak begitu banyak perubahan besar dari beberapa pendahulunya. Maka lanjut saja.

Hardware dan Software Asus ZenFone 4 Selfie Pro


Di kelasnya, Asus ZenFone 4 Selfie Pro sudah sangat memuaskan. Apalagi ponsel ini sudah dibekali prosesor Snapdragon 625 yang membikin kinerja ponsel terasa lancar-lancar saja.

Sumber daya pada ponsel ini juga lumayan besar dengan kapasitas 3000 mAh. selama pemakaian menggunakan satu kartu SIM, dengan penggunaan yang lumayan menguras seperti streaming youtube hingga dua jam lebih, pemakaian batrai sangat hemat.

Batrai Dalam pengisian daya selama kurang dari 6 jam, ponsel ini mampu beroprasi selama lebih dari 16 jam.

Sudah bukan layar IPS, berkat teknologi layar yang baru dan canggih yakni AMOLED, ponsel ini memiliki fitur Always On Display yang tidak bakal kamu temui di generasi sebelumnya selain tombol tadi.

Dengan layar tersebut, ponsel ini akan lebih kaya warna dan resolusinya juga sudah Full HD. Jadi, jika berselancar di internet dan membaca artikel dengan tulisan kecil-kecil pun akan enak dilihat.

Dari sisi software

Asus ZenFone 4 series memiliki desain tampilan ZenUI 4.0 dan OS 7.1.1. namun, jika dilihat sekilas pada awal pemakaian, tampilan ponsel ini tidak ada bedanya dengan sebelumnya, dimana masih menggunakan ZenUI 3.0

Lama-kelamaan juga akan ditemukan beberapa fitur terbaru dari Asus ZenFone 4 series ini. Salah satunya adalah kita bisa menduplikat aplikasi media sosial tanpa menggunakan aplikasi pihak ke tiga.
Jumlah tema juga bertambah dan memiliki banyak peningkatan varian. Tersedia juga tema yang menampilkan animasi. Dengan ini Pengguna akan tidak cepat bosan. Karena juga pengguna bisa gonta-ganti wallpaper yang mendukung efek motion dan paralax.

Mencari foto juga akan lebih gampang berkat teknologi AI yang ada di galeri. Dengan teknologi tersebut, foto bisa dikelompokkan berdasarkan wajah.

Kamera


Katanya, Inilah yang menjadi andalan. Di bagian depan, ponsel ini dibekali dengan teknologi dual kamera. 12 MP memiliki sensor IMX 362, lensa 6 lapis ditambah HDR beauty, LED flash, dan duo pixel. Dan kamera satunya sebesar 5MP lensa wide 120 derajat.

Dengan memanfaatkan fitur duo pixel, akan memungkinkan kita mendaptkan gambar dengan hasil lebih tajam. tapi resolusi juga akan jauh meningkat menjadi 24 MP. Maka dalam proses memotret akan memakan waktu sekitar 2-3 detik dan juga akan menguras memori.

Asus ZenFone 4 Selfie Pro


Asus juga memberikan pilihan mode wide angel lewat kamera kedua yang memiliki resolusi 5 MP. tapi mode ini hanya akan masksimal ketika digunakan di luar rumah atau outdoor. Jika kita memaksa mengambil gambar indoor, hasilnya akan jauh dari memuaskan. bakalan banyak kita temukan noise-noise yang mengganggu.

Ada juga ditemukan efek distorsi seperti yang ada pada kamera GoPro. Namun tidak begitu melengkung. Tapi lumayan lah daripada tidak ada.

Terakhir adalah mode potrait. Mode ini bisa digunakan dalam kedua kamera 12 MP maupun 5 MP. dan bisa dipadu dengan mode efek beautify yang akan membikin hasil menjadi lebih keren. Hasil bokeh ponsel ini memang tidak memuaskan. tapi untuk kelas menengah, lumayan lah.

Beralih Pada kamera belakang, ponsel ini tidak dibekali dengan dual kamera –teknologi yang lagi trend saat ini –hanya saja lebih ditingkatkan menjadi 16 MP dan ditambah dual LED flash, PDAF dan ELS gyro.

Di kamera utama ini, kita ditawarkan mode potret pro. Jika kita buka aplikasi kamera, dalam mode manual disediakan pengaturan ISO mulai dari 25 hingga 3.200 dan Shutter Speed yang detail mulai dari 32 detik sampai 1/10.000. dengan iso 32 detik kita bisa membuat light painting, yakni mode yang cukup keren dalam dunia fotografi.

Tapi ketika diuji coba, shutter lag-nya tak terlalu cepat meski dengan cahaya yang mencukupi. Dengan kata lain, hasil jepretan boleh dibilang biasa-biasa saja. Ada noise-noise yang mudah ditemukan jika mengambil dalam keadaan gelap dan ini terasa sangat mengganggu.

Asus ZenFone 4 Selfie Pro


Lebih jelasnya, lihat spesifikasi lengkap Asus Zenfone 4 Selfie Pro

spesifikasi lengkap Asus Zenfone 4 Selfie Pro


Harga     : 4.999.000
Rilis       : Agustus 2017
Ukuran   : 154 x 74,8 x 6,9 mm 147 gr
Prosesor : Qualcomm Snapdragon 625 Octa Core 2.0 Ghz
GPU       : Adreno 506
RAM      : 4 GB
Internal   : 64 GB
Layar      : AMOLED 5,5 inci (1.920x1.080 pixel)
Kamera   : 16 MP (back) dan 12 MP + 5 MP (front)
Batrai      : 3.000 mAh
OS          : Android 7.1.1
SIM        : Dual SIM 4G
Koneksi  : Wifi, Bloetooth
Interface : micro USB, jack audio
Sensor    : Fingerprint, Accelerometer, proximility, gyro, compass

Kesimpulan


Ponsel ini ditujukan untuk penggemar selfie. Maka banyak sisi yang dilebihkan di bagian kamera depan. Tapi bukan di bagian itu saja, ponsel ini juga dibekali dengan jeroan hardware yang di atas rata-rata pada kelasnya. Dan ponse ini memiliki desain yang elegan.

Tapi, meski menjadi sisi andalan, hasil dari kamera depan menurut kami masih kurang memuaskan. belum bisa jadi yang terbaik. Maka Vendor Asus masih harus meningkatkan kamera depannya, baik dari sisi hardware maupun software.

Nah. Demikian ulasan tentang Asus Zenfone 4 Selfie Pro yang dapat kami bagikan. Berikan komentarmu di bawah. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa lagi di next post.

Baca juga,

0 Response to "Asus ZenFone 4 Selfie Pro, Banyak Fitur yang Tak Mungkin Kamu Temukan Sebelumnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel