Prinsip Bisnis Islam, Perlu Diperhatikan Agar Usaha Menjadi Berkah

Bisnis Islam | Semestinya orang memang harus membuka usaha untuk menghidupi kehidupan sendiri.dan juga kehidupan orang-orang yang ditanggungnya seperti istri dan anak.

Orang tidak boleh bergantung pada kekuatan orang lain. Masing-masing harus bisa dan mampu berdiri dengan kaki sendiri. Jangan manjadi benalu yang hanya menumpang pada yang lain.

Prinsip Bisnis Islam


Bagi muslim, ketika memulai usaha juga harus memiliki pondasi. Yakni prinsip-prinsip yang menancap agar iman tidak akan goyah. Juga  Agar nanti ketika berusaha tidak hanya bekerja dan bekerja. Sampai melupakan segalanya ternasuk kewajiban-kewajiban agama yang akan menggagalkan pada semua-muanya.

Dalam agama Islam, terdapat tiga prinsip yang harus dijadikan pedoman dalam menjalankan usaha. agar ketika berusaha tidak hanya mengandalkan kekuatan pribadi dan supaya tidak mengejar kebutuhan dunia saja.

Sebenarnya, bekerja dalam agma islam juga bisa benilai ibadah. seperti bertujuan untuk memberi kebutuhan istri dan anak. Atau bekerja keras untuk membantu pembangunan pesantren atau madrasah atau sedekah lainnya.

Berikut Area Fokus akan mengulas beberapa Prinsip Usaha Islam yang akan kita jadikan pegangan dalam berusaha.

1. Rizki Tidak Datang Sendirinya, Maka Carilah


Memang Allah SWT telah menjamin semua kebutuhan para hambanya. Seberapa besar dan kecil. Tapi ingat semua itu tidak bakal datang dengan sendirinya.

Karena Tuhan tidak akan merubah suatu kaum, kecuali mereka mau merubahnya. Jadi jika ingin sukses, kita harus berusaha terlebih dahulu. Bukan langsung meyerahkan semua pada Tuhan.

Dan balasan yang akan diberikan adalah sebesar apa yang telah diusahakan. Orang harus berusaha bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


2. Hasil Usaha Pasti akan Diberikan


Sebelum membuka usaha, kita harus meyakini bahwa Allah telah berjanji akan memberikan rizki pada semua makhluknya. Jadi apa pun usaha kita dan seberapa besar pun itu pasti akan dibalas oleh Allah. Yakinlah.

Bahkan Tuhan akan membalas jauh, jauh lebih banyak dan lebih baik dari usaha yang telah dilakukan.dan Allah tidak akan kehabisan rizki karena itu. Maka barusaha lah, dan yakin lah bahwa apa yang telah kamu lakukan itu, semuanya, akan dibalas oleh Allah. Dan jangan lupa berdoa tentunya.

Dan ketika kamu berhasil dalam berusaha, itu bukan berarti keberhasilan murni dari usaha dirimu sendiri. Semua itu adalah kehendak Tuhan yang menjadikan hasil tersebut dikatakan berhasil.

3. Pasrahkan Segala Usaha pada Allah SWT


Bukan hanya diam dan menunggu, tapi Manusia memang ditakdirkan untuk berusaha dan memilih jalannya, berusaha dan berikhtiyar, sedang untuk hasil, sukses atau tidaknya, itu bukan lagi urusan manusia. Tuhan akan memberikan yang sebaik-baiknya.

ketika kamu sudah melewati prinsip satu dan dua, sudah, maka yang ke tiga ini kita harus tawakal atau berserah diri pada Allah. Menyerahkan segalanya pada Allah. Karena memang tiada yang lain yang bisa menentukan.

Berdoalah agar segala yang diusahakan akan berakhir dangan hasil yang memuaskan dan barokah.

Usaha tanpa doa adalah sombong dan sedang doa tanpa usaha adalah omong kosong.

Jadi. Kedua usaha dan doa ini memang harus beriringan dan saling menguatkan satu sama lain. Untuk mencapai hasil yang maksimal dan direstui oleh Tuhan.

Nah, demikian ulasan tentang Prinsip Bisni Islam yang dapat kami bagikan. Bagaimana pendapatmu? Jangan lupa berikan komentarmu di kotak di bawah. Semoga bermanfaat, amin. Sampai ketemu lagi di next post.

Baca juga,

0 Response to "Prinsip Bisnis Islam, Perlu Diperhatikan Agar Usaha Menjadi Berkah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel