4 Strategi Usaha di Bulan Ramadhan, Momen Terbaik Untuk Meningkatkan Trafik Penjualan

Strtategi Usaha | Apakah statistik bisnis yang anda jalankan selalu setara dalam setiap hari, bulan atau tahunnya?

Pasti Tidak.

Ada kalanya Naik dan turun. Ada saat even tertentu yang mengakibatkan usaha menjadi laris dan sebaliknya.
Strategi Usaha di Bulan Ramadhan

Bagaimana cara anda menyikapi pada moment-moment tertentu?

Seorang pengusaha yang cerdas menyadari terhadap waktu dan peluang. Mereka tahu kapan even yang tepat . kemudian mereka menindak-lanjutinya dengan strategi-strategi yang juga tepat.

Termasuk juga even bulan puasa dan lebaran tahun ini.

Sudah kah anda menyiapkan strategi-strategi untuk meningkatkan trafik usaha pada bulan ramadhan kali ini? apakah semua strategi yang anda siapkan sudah begitu kuat?

inilah pertanyaan yang menjadi dasar saya menulis postingan kali ini.

Saya bicara tentang sikap. karena  ‘Bagaimana pengusaha menyikapi satu moment’ itu sangat berpengaruh pada jejak trafik yang akan dihasilkan dan kelanjutan usaha setelahnya.

Kapan kita harus menyiapkan strategi ramadhan?

Mestinya kita sudah menyiapkan strategi-strategi bulan ramadhan sejak jauh-jauh hari sebelumnya. Jika anda belum sama sekali. Tidak papa, mari kita mulai dari sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk mencoba usaha.

Jika kita lihat,

Ketika bulan ramadhan orang-orang lebih konsumtif ketimbang bulan biasa lainnya. Banyak orang yang memburu aneka makanan untuk kebutuhan buka puasa, pakaian trend terbaru untuk hari raya dan lainnya. Ditambah dengan adanya THR yang mendukung hal tersebut tanpa malu-malu. Oleh karena itu, perusahaan yang bergerak di bidang kuliner atau fashion akan melonja drastis di bulan ini.

Perilaku konsumen naik hingga lebih dari 50% di bulan ramadhan.

Perilaku seperti inilah yang menjadikan bulan puasa menjadi momen terbaik untuk meningkatkan penjualan usaha anda. Trafik usaha akan juga melonjak tinggi.

Caranya?

Dengan menerapkan strategi-strategi yang akan saya paparkan pada anda di bawah ini.

Strategi usaha di bulan ramadhan berikut tidak hanya berlaku untuk kedua jenis usaha di atas. Bisa anda praktikan di semua jenis usaha dan bisnis kecil sekali pun.

1. Buatlah Promo Menarik Spesial Ramadhan

Coba anda keliling daerah pertokoan ketika bulan ramadhan. Apa yang anda temukan?
Anda akan menemukan bermacam-macam promosi tentang ramadhan hampir di tiap kios toko.

Masyarakat Indonesia sangat suka pada tawaran-tawaran yang berhubungan dengan keadaan yang tengah terjadi. Bahkan untuk masyarakat Indonesia sudah mencari promo-promo tentang ramadhan sejak seminggusebelum ramadhan –menurut penelitian

Maka,

Langkah pertama, siapkan promosi

Siapkan promosi bisnis tentang ramadhan sejak sekarang dan luncurkan semingu sebelum ramadhan. Atau seminggu sebelum lebaran jika promonya spesial lebaran.

Promosi seperti apa yang bisa kita lakukan?

Diskon. Seperti yang sering kita lihat pada toko lain, Anda juga bisa mengadakan diskon harga pada barang tertentu.

Mengerti kan apa itu diskon, dan bagaimana caranya?
Selain diskon juga bisa kita menambahkan..

paket bundling spesial ramadhan. Anda dapat menjual dua produk atau lebih dalam satu paket. Seperti yang sering kita temui pada toko online. Tentu anda membandrol dengan harga dan kemasan yang tidak sama. Lebih menarik dan diminati oleh konsumen.

Bagi-bagi Hadiah. Untuk promo ini anda bisa melakukannya ketika menjelang hari raya. Bukan untuk semua pembeli, bisa rugi besar nanti. Anda bisa memberikan hadiah pada loyal customer (pembeli tetap) atau secara undian.

Barang Spesial Ramadhan, yang saya terangkan pada poin nomer dua.

Langkah kedua, optimalkan promosi


Setelah kita menyiapkan promo-promo, pasti tidak semua orang langsung tahu kalau bisnis kita sedang mengadakan promo ramadhan. Maka langkah kedua ini sangat penting untuk mensukseskan langkah pertama.

Mungkin anda juga msih bingung bagaimana cara mengoptimalkan promo yang sudah di buat? 

Saya melihat dari beberpa perusahaan yang mengadakan promo dan berikut adalah beberapa cara dari mereka yang menurut saya paling baik, simpel dan praktis.

Bikin banner ‘promo‘ di depan toko. Dengan tampilnya sebuah banner promo, orang yang berlalu-lalang di depan toko akan tahu bahwa toko sedang mengadakan promo ramadhan. Anda bisa membuat banner dengan ukuran sesuai kebutuhan.

Cara ini cukup praktis karena kita tidak butuh banyak tenaga dan biaya yang dikeluarkan. Dengan harga sekitar 20 rb per meter (tinggal kali dengan luas banner) promosi akan terus dilakukan oleh banner tanpa lelah. Akan selalu nampang meski hujan dan panas menerjang.

Bikin Brosur, jika banner adalah sasaran mangsa pasar disekitar toko anda, maka brosur adalah sasaran untuk mangsa pasar yang tidak dekat dari lokasi toko anda. Karena orang tidak akan tahu karena memang tidak pernah atau jarang lewat di depan toko anda.

Promosi Online, manfaatkanlah media sosial untuk media pemasaran anda. Keuntungan paling besar memasarkan sebuah usaha secara online adalah gratis. Meski untuk melakukannya akan butuh banyak waktu. Maka saya sarankan untuk menyewa orang untuk melakukan hal ini.

Buat video pendek untuk iklan, memang untuk beriklan lewat televisi harganya sangat mahal. Bukan iklan di sana yang saya maksud. Anda bisa menayangkan video iklan melalui media online. Melalui instagram, facebook atau lainnya.

Catatan: Jika anda ingin serius beriklan secara online (tidak hanya untuk bulan ramadhan) saya merekomendasikan anda bekerjasama dengan google adsense. Disana anda dapat beriklan dengan gambar atau video pendek.

Cara terakhir, mencakup pada semua cara sebelumnya. Buatlah promo dengan kreatif dan semenarik  mungkin. Iklan kreatif memungkinkan produk anda tidak hanya laris di bulan ramadhan saja. Tingkat pembelian konsumen akan terus bertambah.

Inilah cara yang digunakan para perusahaan bersar untuk menjadikan produk mereka terkenal di masyarakat sebagai yang nomor #1.

Oh ya satu lagi, buatlah promosi ini sebagai limited edition. Jadi katakan pada calon pembeli bahwa promo ini hanya ada ketika bulan puasa ini saja dan terbatas. Dengan begitu mereka akan lebih menyempatkan waktu untuk membeli produk anda.

Mengerti kan?

2. Siapkan Produk Musiman Ramadhan (tidak harus)

Langkah ini bisa dibilang pensukses untuk langkah pertama. Lakukan lah jika hal ini memungkinkan.

Manfaatkan ramadhan kali ini untuk merilis produk terbaru. Ramadhan adalah waktu yang baik untuk meluncurkan produk baru. Hal ini sering kita temui dalam bisnis yang berjalan di bidang fashion.

Buatlah produk yang stoknya terbatas. Beberapa biji dan hanya dijual pada bulan ramadhan kali ini. Dan buatlah produk spesial ini lebih istimewa dibanding produk biasa lainnya. Istimewa dari bahan pembuatan atau harga jualnya.

Dan tentunya dengan desain yang berhubungan dengan bulan ramadhan.

Dengan adanya barang spesial ramadhan ini, promo yang dilakukan dalam banner, brosur, media sosial, atau lainnya akan memiliki jurus ampuh untuk memikat hati konsumen.

Catatan: nama perusahaan anda akan lebih dikenal profesional ketika perusahaan sering mengeluarkan produk-produk limited edition. Karena barang keluaran perusahaan anda akan dikenal bukan pasaran.

3. Targetkan Pasar Lebih Luas

Setelah sudah memiliki dua senjata diatas sekarang kita lancarkan serangan pada sasaran sebesar mungkin.

Untuk menargetkan pasar lebih luas membutuhkan sangat banyak waktu. Memang. Tapi kita tidak harus melakukannya sendirian. Seperti yang saya katakan di atas. Kita bisa menyewa orang untuk melakukan hal ini.

Dengan target pasar yang luas, memungkinkan perusahaan anda memiliki jumlah konsumen yang lebih banyak di kemudianhari. Konsumen tetap (loyal customers)

Coba lihat,

Ketika bulan ramadhan ada banyak sekali tempat-tempat yang ramai (bazar) yang biasanya disana ramai penjual aneka makanan untuk menu takjil.

Tidak. Saya tidak mengajak anda untuk juga menjual takjil di sana.

Di sana banyak sekali orang, menjual atau membeli. Sebarkanlah promosi anda di sana. Sebarkan brosur anda pada mereka semua.

Jangan hanya pada satu tempat saja. Sebarkan lagi brosur pada bazar lain yang juga ramai. Semakin ramai orang maka kemungkinan anda mendapatkan customers juga semakin besar.

Sadarilah, suasana ini hanya terjadi di bulan ramadhan saja. Jadi manfaatkan sebaik-baiknya.

4. Menambah Jam Layanan

Karena strategi-strategi di atas bertujuan untuk membanjiri bisnis anda dengan banyak konsumen, maka perusahaan harus siap memberikan pelayanan yang baik.

Perusahaan anda harus siap memberikan pelayanan yang lebih. lebih dari jam kerja biasanya. Tambahkan jam layanan anda pada waktu yang tepat. Secara offline (di dunia nyata) maupun online.

Pengunjung akan merasa nyaman dengan layanan perusahaan yang baik dan cekatan.

Pelayanan secara garis besar mencakup dalam tiga hal. Komunikasi pemesanan. Layanan di toko. Dan pengiriman. Semuanya harus dibereskan dengan baik.

Jagalah semangat karyawan khususnya bagian marketing. karena menambah jam layanan itu berat selain dalam kondisi berpuasa. 

Salah satu cara yang paling manjur untuk menjaga semangat para karyawan adalah menaikkan gaji mereka. Dan Sering untuk mengadakan berbuka bersama. Agar jaringan dalam perusahaan terjaga dengan baik.

Rahasia Ampuh: sebenarnya, ada rahasia yang menjadi pensukses usaha paling mujarab. Apa itu?

kualitas barang, dan harganya.

Dengan kualitas barang yang tinggi, perusahaan akan lebih mudah menemukan pelanggan. Namun kualitas saja tidak cukup. Jika kualitas sudah baik namun harganya menjulang, kebanyakan pembeli juga akan kabur.

Demikian ulasan tentang Strategi Usaha di Bulan Ramadhan yang dapat Area Fokus bagikan. Bagikan pengalaman bisnismu melalui kotak komentar. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi pada postingan selanjutnya.

Baca juga:

0 Response to "4 Strategi Usaha di Bulan Ramadhan, Momen Terbaik Untuk Meningkatkan Trafik Penjualan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel