Ingin Banyak Hikmah dalam Usaha? Jalankan Fungsi Sosial Usaha dengan ZIS

Banyak Hikmah dalam Usaha - dalam agama islam bekerja atau berbisnis juga merupakan suatu anjuran. oleh karena itu, mereka akan berusaha untuk berdiri sendiri dan tidak tergantung-gantung pada orang lain.
Banyak Hikmah dalam Usaha

dan setiap manusia sendiri memang memiliki kebutuhan hidup yang beragam. bagi yang pelajar, mereka membutuhkan biaya untuk bayar spp, dan apalagi bagi kepala keluarga, tanggungan hidup akan lebih besar.

bagi sebagian orang, bekerja adalah suatu hobi dan kesenangan. sebagian lagi merasakan sebagai tuntutan yang harus diselesaikan. sebagian lain merupakan sebagai tantangan. dan sebagian-sebagian yang lain.

saudara termasuk bagian yang mana nih?
tentu saja kalau disuruh memilih, maka akan banyak yang memilih yang pertama; merasa bersenang dalam bekerja bahkan akan menjadi hobi.

nah, rasa senang demikian termasuk dari hikmah dari bekerja. dan masih banyak lagi macam hikmah dalam bekerja.

dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana caranya mendapat banyak hikmah dalam bekerja.

Banyak Hikmah dalam Bekerja

umat islam sering mendapat kiriman pesan dari Tuhannya bahwa setiap kekayaan yang dimilikinya terdapat hak-hak umat islam yang lain baik diminta maupun tidak. benar saja, karena manusia kan makhluk sosial, apalagi umat islam yang terkenal dengan ibarat seperti bangunan yang saling menguatkan. inilah model distribusi baik yang diajarkan dalam agama islam.

distribusi.
dan distribusi juga dibutuhkan dalam berbisnis. distribusi yang baik. bukan hanya berfokus pada barang atau jasa yang ditawarka, juga distribusi yang baik di kalangan masyarakat. dan oleh karena itu, meski bukan tujuan, masyarakat dengan sendirinya akan memberikan nilai+ pada usaha yang sedang kita jalankan.

dan jika ini yang terjadi, daya beli juga akan lebih merata dan meningkat secara signifikan dan bekerja akan lebih bersemangat dan bersenang karena dua hal. bisa berbagi pada sesama dan peningkatan hasil yang baik.

nah, distribusi yang baik dalam masyarakat dirangkum dalam 3 hal yang disingkat dengan ZIS (Zakat, Infaq, Shodaqoh) seperti yang dikatakan dalam buku 99 golden ways.

1. Zakat

zakat berarti bersih. secara garis besar ada dua macam zakat, zakat fitrah untuk membersihkan dan zakat mal untuk membersihkan harta benda. dalam islam, zakat usaha yang dikeluarkan adalah sebesar 2,5%

jika usaha yang dijalankan sudah bersih, maka dia akan tumbuh berkembang dengan lebih cepat dan sehat.

2. Infaq

infaq adalah memberikan sebagian harta atau pendapatan untuk satu kepentingan yang diperintahkan oleh agama. lebih luas dari zakat. semisal memberikan kendaraan untuk keperluan masjid. dan lain sebagainya.

tentunya dengan adanya infaq dari perusahaan pada masyarakat, mereka akan selalu menjaga barang yang diberikan dengan baik. dan begitu pula akan bersikap baik pada pemberinya karena juga memperoleh manfaat dari perusahaan.

3. Sedekah

berilah sedekah pada orang yang lebih membutuhkan. banyak sekali orang disekitar kita yang berjuang-juang hanya untuk makan hari ini. dan besok akan dipikir besok. dengan sedikit bantuan saja dari usaha yang kita jalankan mereka akan merasa banyak terbantu, apalagi lebih banyak yang kita berikan?

dan manfaat dari sedekah sendiri sudah banyak sekali seperti yang diriwayatkan oleh hadith-hadith shohih.

pengeluaran untuk ketiga hal di atas, juga merupakan bagian empati yang muncul dari umat islam yang berhati. tidak boleh ada kebahagiaan berlebih ketika disisi lain ada yang menderita.

bagi pengusaha, pengeluaran ZIS tersebut bukan pengurangan dari hasil usaha. bahkan seberapa pun yang dikeluarkan untuk sesama, Tuhan akan membalasnya dengan tidak kurang dari 10X lipat. dan karena itu kita akan mendapa banyak berlipat hikmah dengan jalan dan cara yang tidak kita duga-duga.

bagaimana menurutmu?

kata kunci lainnya:
ujian dalam usaha
cobaan dalam usaha
cobaan dalam memulai usaha
usaha dalam islam
bisnis dengan allah
usaha apa ya alloh
bisnis islami
cerita dibalik kesuksesan seorang pengusaha

sekian dulu pembahasan tentang Banyak Hikmah dalam Usaha yang dapat Area Fokus bagikan. semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi di post selanjutnya.

Baca Juga:

0 Response to "Ingin Banyak Hikmah dalam Usaha? Jalankan Fungsi Sosial Usaha dengan ZIS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel