10+ Fitur Android Q ini Tak Bakal Kamu Temukan di Versi Lain

Android 10 menjadi nama resmi Android Q, dan Google meninggalkan tradisi penggunaan nama makanan manis, seperti versi sebelum-sebelumnya. Marshmallow, Nougat, Oreo, Pie.
Fitur Android Q

Setelah Google resmi mengumumkan nama Android Q terbaru adalah Android 10, banyak fitur-fitur terbaru yang dibawakan dari OS anyar ini. dan tentunya tidak ditemukan di versi-versi android sebelumnya.

Android Q versi Beta sudah dirilis mulai pertengahan Maret 2019 lalu dan dijajal pada beberapa perangkat misalnya seri Google Pixel.

dan mengapa tidak ada lagi makanan manis pada versi ini? silahkan simak tulisan sebelumnya Nama Android Q, Android 10

dan lihatlah mana fitur berikut ini yang paling bermanfaat untuk kebutuhanmu?

Fitur Android Q Keren

Tampilan Mode PC

Android 10 juga memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan ponsel android layaknya sebuah PC.

Mode Gelap Terbaru

mode ini adalah penyempurnaan dari mode gelap pada versi android sebelumnya. sepreti pada warna putih pada Android 9.0 Pie sudah diganti menjadi warna abu-abu.

Mode gelap ini juga bisa disetting di aplikasi yang terinstal seperti fb, whatsapp, dan instagram. wah keren nih.

Navigasi Gesture

navigasi gesture ini bertujuan untuk memudahkan pengguna agar jari-jari tidak perlu lagi menekan tombol back atau home.

navigasi gesture versi Android 10 memang sedikit lebih rumit dibanding dengan navigasi pada android pie. perlu pembiasaan lebih dulu. desain ini akan terasa lebih interaktif bagi pengguna.

Pilihan Notifikasi Lebih Detail

Fitur terbaru Android Q ini memudahkan kamu untuk mengatur pilihan notifikasi dan mengabaikan notifikasi dengan cara swipe ke kanan.

pada Android 10, kamu bisa memilih swipe kiri atau kanan untuk mengeluarkan opsi pemberitahuan. pada versi sebelumnya, baik swipe kiri atau kanan, kamu hanya dapat mengabaikan notifikasi.

Banyak Pilihan Tema

UI android 10 memungkinkan pengguna untuk mengkustom sendiri tampilan ponselnya. Mulai dari warna, jenis huruf, dan ikon.

Screenshot Sesuai Bentuk Layar

jika sebelumnya android hanya memiliki bentuk persegi untuk screenshot, kali ini Android 10 memiliki fitur screenshot mengikuti bentuk layar ponsel. ya kecuali memang layar ponselmu persegi.

fitur ini akan terasa bedanya jika ponselmu memiliki notch atau lengkungan. maka screenshoot pada Android 10 akan mengikuti bentuk layar. Termasuk

Tombol Emergency Lebih Mudah

pada versi sebelumnya, fitur Emergency susah untuk ditemukan. nah, di Android 10 cukup dengan tekan tombol Power selama beberapa detik dan akan muncul fitur tersebut.

Code QR untuk Sharing WiFi

dengan fitur ini kita tidak perlu repot-repot untuk melihat-menghafal-dan mengetik kembali password wifi dari ponsel lain. hanya dengan mengarahkan kamera pada kode QR maka ponsel akan otomatis terasmbung.

Kontrol Privasi

di Android 10 bisa kustom untuk privasi sebuah aplikasi dengan beberapa pilihan seperti selamanya, hanya ketika digunakan, atau tidak pernah.

Dukungan Tampilan Layar Lipat

Google mempersiapkan tampilan Android 10 untuk bisa juga digunakan pada ponsel layar lipat. yang kemungkinan besar akan banyak diadopsi oleh produsen-produsen smartphone di masa mendatang.

Perekam Layar Bawaan

nah, aplikasi ini sangat bermanfaat untuk para youtubers atau gamers. karena di android 10 kita tidak perlu untuk menginstal aplikasi pihak ke 3 untuk merekam layar.

Perubahan Logo

evolusi Android dari nama juga ada beberapa perubahan logo dan ikon yang digunakan. seperti font android yang berubah. terlihat lebih simpel dan ringan.

Ikon robot hijau pada logo Android kali ini hanya menggunakan menampilkan kepalanya saja. warna ikon diubah jadi hijau kebiruan. lebih mudah dilihat jika dibanding dengan versi sebelumnya khususnya bagi beberapa penderita buta warna.

sekian dulu artikel fitur Android Q. tentunya ini hanya sebagian saja yang ditemukan. so, jika kamu temukan lagi fitur yang lebih menarik silahkan masukkan pendapatmu di kolom komentar.

0 Response to "10+ Fitur Android Q ini Tak Bakal Kamu Temukan di Versi Lain"

Posting Komentar