Nama Android Q, Android 10

Nama Android Q, Android 10
Nama Android Q, Tidak ada lagi nama-nama makanan manis. hah, benar kah?

versi android terbaru 2019 ini sudah mulai dirilis sejak bulan Agustus 2019. dan banyak yang menanyakan apa nama android q? versi android terbaik, android q name banyak jadi buah bibir penyimak teknologi.

dan menurut berita yang ada, Google tidak memberi nama untuk versi Q ini. wah, ada apa ini ya?

setelah google merilis versi android terbaru (versi android 10), google masih tidak memberi nama pada versi terbaru ini. dan kemungkinan besar memang tidak akan memberikan nama-nama seperti pada versi-versi sebelumnya.

ada perwakilan Google yang mengatakan:
"Google membuang nama makanan untuk Android Q dan memilih nama Android 10 saja"

tentu saja ungkapan ini akan membawa berita tak menyenangkan bagi para penggemar lama yang sudah menunggu-nunggu nama versi android terbaru. dan akan banyak perdebatan antara yang pro dan kontra.

Google mengatakan re-branding OS Android ini sebelumnya dikenal dengan nama Android Q. dan akan dikenal sebagai Android 10. tanpa ada nama dibelakangnya.

dengan demikian, Android P, Andndroid Pie adalah produk Google terakhir versi makanan dari OS Android. dan kemungkinan selanjutnya akan hanya muncul versi android dengan angka-angka.

apakah ada alasan dibalik perubahan branding ini? simak ulasan berikut..

Mengapa Tidak Ada Nama untuk Android Q?

Pimpinan Google di sektor Android, Sydney Thomashow mengatakan bahwa Android butuh penyegaran agar lebih dikenali oleh masyarakat lebih luas seluruh dunia.

lah, bukannya android sudah dikenal di seluruh dunia pak?
iya benar, tapi tradisi Google menggunakan nama Android dari makanan cuci mulut tidak mudah langsung dikenali masyarakat dunia.

Kok bisa?
Seperti versi nama-nama android sebelumnya, Jelly bean, KitKat, Nougat tidak semua manusia di dunia mengenal nama makanan tersebut.

Jadi, dipertimbangkan android tidak akan menggunakan nama makanan lagi dan akan menggunakan nomor versi sebagai gantinya. dengan tujuan agar lebih mudah dikenal dan lebih inklusif. seperti halnya IOS dan Windows.

ya, kalau gitu kita nostalgia sebentar. Android dan Nama makanan manisnya.

Artikel Pilihan:
Cari Tahu Whatsapp Disadap, Segera Amankan
Cara Intip Email FB Orang Lain

Urutan Android, Sejarah dan Tahun Rilis

pada versi 1.0, Android pertama yang dirilis publik OS pada 2008, juga tidak memiliki nama makanan sama sekali. begitu juga Android 1.1 juga tidak.

baru untuk versi Android 1.5 Google memberi nama pertama dengan kode bertema makanan penutup: Cupcake. Android 1.5 dikreditkan dari Seorang manajer program di Google, Ryan Gibson. mengapa memilih Cupcake? jawabannya masih misteri.

tahu gak mengapa dulu android selalu memberikan nama makanan-makanan yang memiliki rasa manis?

Google Resmi menyatakan alasan mengapa Android akan menggunakan nama makanan cuci mulut adalah  "Karena perangkat Android ini membuat hidup kita begitu manis, maka setiap versi Android akan dinamai makanan pencuci mulut (Dessert)."

setiap rilis Android membawa nama sesuai urutan abjad setelah Cupcake. Tradisi penamaan ini berlanjut dengan peluncuran versi Android berikutnya dan berikutnya Sampai versi yang kemarin ketika Android 9 secara resmi mendapatkan kode nama Pie yang rilis tahun Agustus 2018.

secara singkat berikut adalah urutan versi android sejak lahir:

Android 1.0 (Tidak ada nama) rilis September 2008
Android 1.1 Petit four (nama yang dikabarkan) rilis Februari 2009
Android 1.5 Cupcake rilis April 2009
Android 1.6 Donat rilis September 2009
Android 2.0 Eclair rilis Oktober 2009
Android 2.2 Froyo rilis Mei 2010
Android 2.3 Gingerbread rilis  September 2010
Android 3.0 Honeycomb rilis Februari 2011
Android 4.0 Ice Cream Sandwich rilis  Oktober 2011
Android 4.1 Jelly Bean rilis Juni 2012
Android 4.4 Kit Kat rilis September 2013
Android 5.0 Lollipop rilis Oktober 2014
Android 6.0 Marshmallow rilis Oktober 2015
Android 7.0 Nougat rilis Oktober 2016
Android 8.0 Oreo rilis Oktober 2017
Android 9 Pai rilis Agustus 2018
Android 10 (Tidak ada nama) rilis Agustus 2019

Google juga memperkenalkan versi Android dengan membangun patung-patung baru di Sepanjang jalan dan diberi nama versi terbaru. Bahkan juga memberikan suguhan makanan aslinya, seperti Android 4.4 menyuguhkan permen Nestle KitKat pada setiap orang yang berkunjung. juga pada versi Android Oreo.

Dan sekarang Google memutuskan untuk tidak lagi menggunakan nama untuk Android 10, kemungkinan nama untuk pembaruan OS selanjutnya juga akan hilang. Wah sayang sekali ya..

Sebenarnya Ada Cadangan Nama Android Q

Android 10 Quiche adalah cadangan nama yang akan dipilih untuk versi Q ini. dan nama tersebut sebenarnya sudah direncanakan satahun sebelumnya. tapi dengan mempertimbangkannya kembali maka google memutuskan untuk membuat android lebih baik dengan membuang nama.

untuk itu, Google mungkin berpikir bahwa versi "Q" menggunakan nama makanan cuci mulut tidak akan diterjemahkan dengan baik. dan akan membuat branding ulang yang lebih universal.

Bagaimana dengan Nama Android R Nanti?

Akankah Android 11 nanti akan menggunakan nama makanan manis kembali?

hal ini mungkin masih belum jelas, tapi jika Google akan menggunakan kembali nama manisnya pada tahun 2020 nanti, maka untuk Android 11 (Android R) akan memiliki beberapa saran. termasuk Raspberry Ripple (nama es krim yang populer), Room cake dan Rhubarb Pie. dan yang belakangan ini yang paling disukai Google.

Akhir kata

Jadi begitulah.. Versi Android Q terbaru ini hanya akan dikenal sebagai "Android 10". seperti iOS dari Apple hanya menggunakan angka saja. begitu juga Microsoft melakukannya beberapa dekade belakangan untuk OS Windows-nya setelah versi windows xp, vista.

ya, dalam perubahan semacam ini banyak yang suka, kurang suka, tidak sama sekali. Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa perubahan ini lebih baik karena akan membawa Android menjadi lebih besar di seluruh dunia. Banyak juga penggemar lama yang menyesali keputusan Google ini karena membuang nama-nama unik di setiap veri Android.

bagaimana dengan pendapatmu sendiri? Apakah Google membuat keputusan yang tepat? mana yang lebih baik, apakah dengan atau tanpa nama? berikan pendapatmu di kolom komentar dan bagikan artikel ini untuk mendiskusikan dengan teman-teman ponselmu.

sekian dulu, semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi di next post Area Fokus yang lebih seru.

Baca juga
Android Pie Go
10+ Fitur Android Pie

2 Responses to "Nama Android Q, Android 10"