3 Aplikasi Ini Bikin Kamu Cepat Tidur dan Berkualitas

Aplikasi Cepat Tidur dan Berkualitas - Tidur memang sangat penting gaes. baik bagi kesehatan fisik dan perkembangan mental manusia. Kualitas tidur yang baik tentu saja membuat seseorang merasa segar keesokan harinya.
Aplikasi Ini Membuat Kamu Agar Cepat Tidur dan Berkualitas
sumber gambar: https://www.spd.org.sg/are_you_getting_quality_sleep

apa itu tidur berkualitas?

Tidur berkualitas berarti tidur yang nyenyak juga dalam waktu yang cukup. nah, koreksi tidurmu nih.. kalau kamu sering begadang malam, jadi kelelawar, kualitas tidurmu bisa terganggu tuh.

tapi, tidak semua orang bisa tidur dengan pulas. ada banyak mereka yang sulit tidur di malam hari. hingga menyebabkan esok pagi badan masih terasa lemas dan loyo.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa kurang tidur bisa berpengaruh pada menurunnya daya berpikir, konsentrasi, dan kemampuan bekerja. Bahkan dalam jangka panjang kurang tidur nyenyak begini akan meningkatkan serangan kanker, obesitas, diabetes, dan jantung.

saya pernah baca di alodokter, salah satu situs kesehatan bahasa indonesia, ada Cara Tidur Nyenyak yang Tidak Sulit yang bisa kamu lakukan malam ini juga.

salah satu cara lagi untuk mendapatkan tidur berkualitas, adalah dengan bantuan musik gaes. musik apa ya kira-kira?

untuk itu kita bisa menggunakan bantuan dari beberapa aplikasi cepat tidur dan berkualitas di google play. jadi kita tidak perlu repot-repot download musik dan irama tidur.

apa saja aplikasi-aplikasinya? simak ulasan berikut ini:

Daftar Aplikasi untuk Tidur Berkualitas:
1. Sleepo
2. Lullabo
3. Relax Melodies
4. Cara Alternatif

Aplikasi Agar Cepat Tidur dan Berkualitas

aplikasi untuk membuat tidur menjadi lebih berkualitas adalah salah satu langkah untuk memenuhi segala macam kebutuhan manusia zaman now. karena memang orang-orang masa kini sudah menjadikan ponsel sebagai keperluan sehari-hari. tersebut.

kalau kamu memiliki penyakit susah tidur atau tidur kurang pulas sebaiknya kamu menggunakan beberapa aplikasi berikut ini.

saya tidak menyarankan untuk menginstal semuanya gaes, tapi pilih salah satu saja. yang menurutmu paling pas buat pengantar tidur.

1. Sleepo

Aplikasi ini adalah aplikasi irama-irama yang menawarkan suasana menenangkan dan menyejukkan. dengan mendengarkan musik-musik pengantar tidur semacam ini kamu bisa tidur lebih cepat dan membuat tidurmu menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.
Aplikasi Ini Membuat Kamu Agar Cepat Tidur dan Berkualitas
sumber gambar google play


Sleepo menyajikan koleksi suara HD yang bisa kamu kombinasi sendiri untuk menciptakan suasana menenangkan yang kamu inginkan. ada beberapa jenis suara seperti hujan, alam, kota, suara putih, dan instrumen-instrumen.

catatan kembali: ada banyak pilihan musik dalam aplikasi ini. pilih saja musik yang sesuai dengan suasana hatimu. hujan dan guntur misalkan, kalau kamu tidak suka suara ini karena membuat diri jadi takut banjir, tsunami, badai, malah jadinya khawatir, tidurmu juga tak jadi nyenyak kan?

dalam aplikasi juga ada pengatur waktu yang menurut saya juga penting.

ada pengaturan jangka waktu dimana musik akan secara otomatis berhenti. ini sangat berguna apalagi untuk ponsel yang boros baterai. kalau musik terus-menerus play sampai pagi, baterai juga akan drop.

aplikasi Sleepo ini juga tidak memerlukan koneksi internet (atau bisa dimainkan dengan offline). jadi kalau kamu lagi edisi hemat kuota, tenang saja, aplikasi ini tidak memakan kuotamu kok.

Fitur Aplikasi:
  • Tersedia 32 suara pilihan dibagi dalam empat kategori:
    1. Suara hujan yaitu; suara hujan di jendela, gelombang laut, dan guntur
    2. Suara alam yaitu; hutan berkicau, anak sungai, air terjun
    3. Suara kota yaitu; kereta bawah tanah, kereta, kipas angin, pesawat
    4. Suara meditasi yaitu; suara putih, cokelat, merah muda, piano, suling oriental
  • Offline
  • Timer Tidur
  • Cocok untuk Bayi dan Balita
  • Audio HD
  • Gratis

selain untuk relaksasi dan pengantar tidur, aplikasi ini juga cocok untuk digunakan meditasi, bekerja, dan konsentrasi. musik yang paling populer dari aplikasi ini adalah:

- Suara Putih
- Suara Merah Muda
- Suara Cokelat

2. Lullabo

Aplikasi Lullabo ini tidak jauh dengan aplikasi sebelumnya. berisi beberapa lagu dan irama pengantar tidur pilihan yang membuat suasana jadi menenangkan dan suara hening yang mendamaikan.
Aplikasi Ini Membuat Kamu Agar Cepat Tidur dan Berkualitas
sumber gambar google play


dengan ini kamu juga bisa membikin tidurmu menjadi lebih rileks dan pulas. namun seperti kata saya tadi tidak semua musik dalam aplikasi cocok untuk semua telinga. jadi pilih-pilih saja mana yang paling mantap.

kamu juga bisa mengkombinasikan Lagu-lagu pengantar tidur ini dengan suara hening lain seperti suara hujan, suara penyedot debu atau pengering rambut dan dimainkan secara bersamaan.

Aplikasi ini banyak juga digunakan oleh orang tua untuk membantu mereka menidurkan bayi dan meredam tangis balita. memang aplikasi ini lebih cocok untuk digunakan bayi atau balita.

contoh lagu pengantar tidur bayi seperti "Brahm's Lullaby" dan "Twinkle Little Star" dengan kualtias audio yang tinggi.

Fitur Aplikasi:

  • Pilihan Lagu-lagu pengantar tidur
  • Suara hening
  • Timer Tidur
  • Audio HD
  • Grafis menarik
  • Berfungsi offline
  • Membantu berhenti menangis
  • Gratis

3. Relax Melodies

Terakhir adalah Relax Melodies. aplikasi ini dirancang untuk membuat kamu tertidur dengan cepat seefisien mungkin. dengan tidur yang pulas maka kamu akan bangun dengan merasa segar.
Aplikasi Ini Membuat Kamu Agar Cepat Tidur dan Berkualitas
sumber gambar google play


jika dibanding dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, manurut saya aplikasi ini terbilang lebih lengkap. hanya saja banyak lagu dalam aplikasi ini yang tidak tersedia secara gratis. jadi harus beli dulu.

makannya banyak orang yang tidak memakai aplikasi ini.

tidak berbeda jauh dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, dalam Relax Melodies tersedia beberapa suara seperti Suara Alam, Meditasi Terpandu, Kebisingan Putih, Gelombang Otak, dan lainnya.

dalam aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk melakukan latihan Pikiran dan Teknik Pernapasan yang tepat untuk memulai bagaimana tidur yang berkualitas.

kamu juga bisa mengombinasikan lagu-lagu dalam aplikasi sesuai dengan selera seperti aplikasi lainnya.

Fitur Aplikasi:

  • Pilihan Irama 100 Lebih Suara
  • Program Meditasi
  • Teknik pernapasan
  • Timer Tidur
  • Visual Menarik
  • Audio HD
  • Offline
  • Sleep Moves
  • Banyak Pilihan Situasi

Nah, itulah 3 Aplikasi Cepat Tidur dan Berkualitas versi Area Fokus. kamu bisa pilih salah satu untuk membuat tidurmu nyenyak sehari-hari.

tapi kalau kamu ingin hemat memori internal di hp mu. kamu juga bisa menggunakan cara alternatif yang terakhir

baca juga: Cara Menambah Memori Internal di Android

4. Alternatif Youtube

selain menginstal aplikasi kamu juga bisa menggunakan youtube untuk alternatifnya. kamu tinggal buka youtube dan cari "lagu pengantar tidur" di kolom pencarian. maka di sana juga ada banyak sekali musik relaksasi yang juga bisa kamu gunakan untuk membuat tidurmu lebih berkualitas.

namun, kalau kamu menggunakan youtube, maka ada beberapa kelemahan yang perlu kamu perhatikan. diantaranya adalah:

Kelemahan:

  • tidak ada timer waktu
  • terganggu iklan
  • harus online

kalau tidak ada timer waktu, bisa jadi musik akan berputar terus-menerus sampai pagi, sampai kamu bangun. tentu saja akan menguras daya baterai, dan kuota.

tapi jangan cemas, kamu juga bisa mendownload lagu dari youtube dengan format mp3. kalau sudah didownload kan kamu bisa mendengarkannya secara offline.

nah, itu saja beberapa cara untuk membuat tidurmu lebih berkualitas. dengan tidur berkualitas badan dan pikiran mu juga akan tetap terjaga.

selain itu kamu juga perlu tahu apa saja penyebab manusia sulit tidur yang menjadikan mereka menderita sakit insomnia.

Sebab Sulit Tidur

Jika kamu termasuk orang yang sulit tidur atau sakit insomnia, ketahui beberapa sebab berikut ini agar masalah tersebut bisa diatasi. Berikut ini adalah beberapa hal yang sering menjadi penyebab mengapa manusia sulit tidur, antara lain adalah:

Stres

Stres adalah sebab utama yang paling sering. stres adalah salah satu respons emosi terhadap suatu masalah yang dialami sehari-hari. Stres bisa mempengaruhi fisik, perilaku, dan emosional manusia.

hati-hati, stres yang terlalu berat akan membikin tubuh selalu tegang dan cemas. dan hal inilah yang menyebabkan masalah sulit tidur. so, yang terjadi terjadilah. hadapi apa pun dengan happy saja. susah senang toh juga tetep terjadi hehe..

Insomnia

jika kamu sering bahkan selalu sulit tidur dan tidur tidak nyenyak, kamungkinan besar kamu mengalami sakit Insomnia. untuk mengobatinya kamu juga bisa menggunakan bantuan aplikasi-aplikasi seperti di atas.

namun jika masalahmu masih tetap saja, saya anjurkan untuk segera ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Kondisi medis

kondisi juga dapat menyebabkan manusia tidak bisa tidur nyenyak. Beberapa kondisi medis yang dimaksud antara lain; penyakit asam lambung, kelainan tiroid, asma, radang sendi, alergi, nyeri kronis, depresi.

Faktor Usia

hal ini sering dialami oleh orang yang berusia 60 tahun ke atas. mereka akan sering terbangun di malam hari. yang dimaksud dengan perubahan pola tidur. ya, mungkin memang sudah kesempatan untuk lebih giat beribadah.

Efek zat kimia

banyak orang yang mengkonsumsi Alkohol dan kafein untuk menenangkan pikiran. tapi jangan salah, dua zat tersebut memberikan dampak tidak baik yang lebih banyak. salah satunya adalah membuat kamu sering bangun di malam hari.

Dan akibatnya, jatah tidur malam akan berkurang dan ketika bangun pagi hari badan menjadi tidak segar. Selain dua zat tersebut, kecanduan nikotin juga dapat menimbulkan efek yang sama.

nah, itulah beberapa sebab mengapa kamu sulit tidur nyenyak. dimana sebab yang sedang kamu derita? usahakan cegah sulit tidur mulai sekarang untuk menjaga kesehatanmu jangka panjang. sekian dulu pembahasan kali ini, sampai ketemu lagi di next post.

Baca Juga:
Notifikasi Unik Ini Belum Ada yang Menggunakan
Speaker Wireles atau Kabel? Simak Plus Minusnya Disini


0 Response to "3 Aplikasi Ini Bikin Kamu Cepat Tidur dan Berkualitas"

Posting Komentar