Speaker Wireless atau Konvensional?

Saat berbicara tentang suara, speaker merupakan sebuah perangkat yang penting. Beberapa produk elektronik seperti: handphone, televisi, hingga laptop kadang sudah dilengkapi dengan speaker. Keberadaan speaker pada produk elektronik ini biasa disebut dengan built-in speaker.

Meski keberadaan speaker sudah disematkan pada produk-produk elektronik, keberadaan speaker tersebut tidak semuanya dapat memenuhi kepuasan pengguna. Kebanyakan orang yang kurang puas dengan kualitas speaker bawaan ini cenderung akan menggunakan speaker eksternal.
Sumber: http://blibli.com/

Speaker eksternal sendiri sejauh ini ada dua jenis. Pertama, speaker konvensional yang masih menggunakan kabel. Kedua, speaker wireless yang sudah mengganti kabel dengan teknologi canggih seperti bluetooth atau pun wifi.

Kedua jenis speaker ini tentu memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Jika digunakan dalam jarak dekat, speaker konvensional yang masih menggunakan kabel mungkin tidak menimbulkan masalah. 

Namun, saat jarak perangkat dan speaker cukup jauh, maka kebutuhan kabel tentu akan semakin panjang atau banyak, hal ini tentu akan berpengaruh pada biaya dan juga keefektifan.

Berbeda dengan speaker wireless yang tidak lagi menggunakan kabel. Jarak antara perangkat dan speaker bukanlah sebuah masalah yang besar. Ketiadaan kabel juga tidak merepotkan pengguna.

Namun, tidak semua orang juga paham tentang cara penggunaan teknologi ini, butuh beberapa kali praktik agar pengguna bisa mahir dalam mengkoneksikan perangkat dengan speaker wireless ini.

Jika berbicara mana yang lebih baik antara speaker wireless dan speaker konvensional, jawabannya ada pada pengguna. Dalam hal ini, mana yang lebih baik adalah tergantung pada kebutuhan pengguna itu sendiri. 

Jika pengguna lebih suka cara praktis menggunakan kabel (plug and play), mungkin speaker konvensional merupakan pilihan yang tepat. Namun, jika pengguna menghindari keberadaan kabel pada speaker, mungkin penggunaan speaker wireless adalah solusi yang tepat.

1 Response to "Speaker Wireless atau Konvensional?"