Usaha Sampingan Ternak Ayam Pejantan Omzet 5 Juta Perbulan, Tidak Percaya?

Usaha Sampingan Ternak Ayam

Usaha Sampingan Ternak Ayam - selamat datang lagi gaes di Area Fokus Com. usahakan jangan lupa fokus tiap hari ya? oke, kali ini kita akan membahas salah satu usaha sampingan di bidang ternak gaes.

menurut saya sih bisnis ini memiliki prospek yang sangat bagus kedepannya. bahkan bisa  menghasilkan 5 juta lebih per bulan. lumayan lah buat tambah-tambah hasil  pokok.

usaha ternak ayam. sesuai dengan pembahasan kali ini. kita akan mengulas ternak ayam pejantan. sebenarnya ada banyak sekali jenis ayam yang bisa dijadikan bisnis ternak. namun sesuai dengan judul artikel kali ini kita akan membahas khusus untuk ternak ayam pejantan.

apa kira-kira yang pertama kali muncul dalam otakmu ketika saya mengatakan ternak ayam hasilkan omzet 5 juta?

banyak orang yang meremehkan usaha ternak karena mereka menganggap tidak begitu menguntungkan. kerjanya sulit, ribet, menghabiskan waktu, bla bla bla dan bla bla bla...

mungkin analisis mereka hanya dari melihat saja. kali ini kita akan cek percobaan dengan ternak 200 ekor saja.

padahal jika mereka mau mencoba dulu saja, mungkin banyak yang akan menggarap usaha ini. Saya sendiri pernah mencoba ternak ayam dan memang saya lihat usaha ini memiliki prospek yang bagus.

nah, artikel ini sedikit-sedikit juga hasil dari pengalaman sendiri. dan karena lahan kandang tidak memadai maka tidak saya lanjutkan. eh kok jadi curhat..

oke, kembali ke pembahasan. pada artikel kali ini kita akan mengulas bisnis ayam pejantan mulai dari bibit, pembesaran dan pembuatan bibit. ada beberapa poin yaitu:

1. Usaha Sampingan Ternak Ayam Pejantan
2. modal ternak ayam pejantan
3. harga bibit ayam pejantan
4. kandang ayam pejantan
5. kebutuhan pakan ayam pejantan per 100 ekor
6. cara ternak ayam pejantan cepat panen
7. pemberian pakan ayam pejantan
8. cara membuat doc ayam pejantan


Usaha Sampingan Ternak Ayam Pejantan

sebelumnya tahu gak kamu apa itu ayam pejantan? untuk selengkapnya simak berikut ini


Apa itu ayam penjantan?

Ayam pejantan adalah jenis ayam petelur hanya saja ayam ini adalah yang jenis jantan. kamu pasti tahu kan telur-telur yang dijual di warung-warung? nah, itu adalah dari ayam petelur jenis betinanya.

Awalnya ayam jenis ini merupakan hasil dari ayam petelur yang menetas. kemudian dipisahkan antaara yang betina dan yang jantan. setelah terpisah baru jenis jantan dijadikan DOC (Day Old Chicken) atau jenis ayam yang baru berumur 1 hari.

(biasanya tiap box berisi 102 ekor ayam yang siap untuk diternak)

Jenis ayam yang baru menetas ini setelah dipisahkan menjadi dua jenis ayam (yag petelur /betina dan pejantan). yang betina akan melanjutkan tugasnya sebagai ayam yang memproduksi telur.

Karena ayam jenis jantan ini tidak memiliki kemampuan bertelur, ayam jantan jenis ini digunakan sebagai ayam pedaging. atau dengan kata lain diambil dagingnya saja untuk rumah makan atau restoran.

Sekarang banyak orang menernak ayam jantan dan menggunakan dagingnya. Meski postur ayam jenis ini relatif lebih kecil, namun keunggulan dari ayam jantan ini adalah memiliki tekstur daging yang lebih padat, terisi dan rendah lemak.

Selain itu, untuk beternak ayam jenis ini relatif lebih mudah dan hanya membutuhkan waktu yang singkat dibandingkan dengan ayam kampung asli.



Modal ternak ayam pejantan


Sebelum kita beternak ayam jantan, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui. Dalam beternak ayam jenis ini ada kelebihannya tersendiri jika dibandingkan dengan beternak ayam pedaging/ broiler.

Selain itu, kini banyak restoran atau restoran yang menyajikannya sebagai menu utama daging ayam olahan pengganti dari ayam kampung. Di sinilah peluang bisnis yang baik dan menguntungkan.


untuk modal, ada tiga bagian yang paling penting. yakni bibit ayam, kandang ayam dan pakan.


harga bibit ayam pejantan

300 ribu adalah harga bibit ayam pejantan yang rata-rata dijual per satu box isi 100 ekor. biasanya dapat bonus menjadi 102 ekor.

catatan: harga ini tidak semua sama di seluruh kota di Indonesia. kadang ada yang lebih murah atau lebih mahal.
Usaha Sampingan Ternak Ayam

kandang ayam pejantan

Hal penting yang harus disiapkan dalam memelihara ayam pejantan adalah kandang. Kandang adalah salah satu faktor terpenting sebagai penentu keberhasilan di sebuah peternakan. 

Karena kandang adalah tempat bagi ayam untuk berlindung dari panasnya matahari dan hujan. Kandang juga sangat penting dalam memberikan kenyamanan bagi ayam jantan untuk tumbuh dengan baik. Berdasarkan cara pemeliharaannya, kandang ayam tipe intensif adalah jenis kandang yang tepat.

kira-kira kandang membutuhkan dana 1,5 juta. untuk kandang doc dan pembesaran. 

jadi, bagaimana cara membuat kandang ayam yang baik?

Cara membuat kandang ayam pejantan

Secara umum, ada dua kandang yang dibutuhkan disini. untuk ayam kecil/ doc dan besar.

kandang ayam DOC berbeda dengan kandang ayam dewasa. Dalam membuat kandang ayam harus benar. Kalau DOC membutuhkan kandang yang nyaman.

Karena sistem kekebalan tubuh pada DOC masih lemah dan rentan terhadap suhu dingin yang akan menyebabkan DOC mudah mati. Ketika banyak DOC mati, peternak ayam jantan akan menderita kerugian.

Karena itu, pada malam hari disarankan untuk memberikan bola lampu ke kandang yang berguna untuk menjaga DOC tetap hangat. Selain itu, ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. seperti tikus atau lainnya.

karena memang masih kecil jadi tahu kan anak kecil itu biasanya manja hehe..

Untuk ukuran kandang ayam harus disesuaikan dengan jumlah DOC yang dibeli. jika terlalu banyak yang dijejalkan bersama nantinya akan sesak. dan di kandang dewasa ini kemudian ayam yang telah tumbuh dan berkembang akan dipindahkan.

berikut adalah contoh kandang untuk pembesaran (dewasa)

Usaha Sampingan Ternak Ayam

kebutuhan pakan ayam pejantan per 100 ekor

untuk mendapatkan bobot 1 kg per ekor saya menghabiskan kira-kira 2 kg pakan. jadi untuk 100 ekor maka butuh pakan sebanyak 200 kg pakan.

berapa harga pakannya?

di sini saya rekomendasikan untuk menggunakan pakan voer saja (banyak peternak yang menggunakan merk new hope). harganya sekitar 7000 per kilo.

jadi untuk pakan kita menghabiskan dana 200x7000=1.400.000

Lain-lain

ada lagi yang disiapkan seperti peralatan tempat makan, minum, lampu, vitamin dan lainnya. kita siapkan saja dana 200 ribu.

Kesimpulan modal

jadi kesimpulannya, untuk percobaan 200 ekor maka membutuhkan dana

beli doc:200 ekor = 2x300.000 = 600.000
kandang: siapkan 1.500.000
pakan: untuk 200 ekor = 1.400.000
lain-lain: siapkan 200.000

maka total keseluruhan adalah 3.700.000

cara ternak ayam pejantan cepat panen dan pemberian pakan ayam pejantan

beri pakan dua kali sehari. pagi dan malam, atau terserah lah.

Dalam beternak ayam jantan, pakan adalah salah satu hal terpenting yang harus kita perhatikan. untuk memenuhi kebutuhan hidup dan pertumbuhan ayam jantan. Seperti kita ketahui bahwa memberi makan dan minum menentukan pertumbuhan dan perkembangan ayam.

Untuk pakan ayam jenis ini bisa diberikan voer, bekatul, bekatul dan sebagainya. Untuk jenis pakan voer dengan kandungan protein tinggi yang sangat cocok diberikan pada ayam untuk membantu pertumbuhannya.

Sesekali bisa juga diberikan konsentrat yang dicampur dengan irisan sayuran. Memberi makan juga tidak terlalu banyak, karena jika sebagian besar pemberian makanan dikhawatirkan menyebabkan penyakit pada ayam.

Sedangkan untuk minuman itu sendiri, dapat diberikan dua kali sehari sambil mempertahankan minuman yang bersih.

Usaha Sampingan Ternak Ayam



Kebersihan kandang ayam

Salah satu kunci menjaga kualitas daging ayam jantan, salah satunya adalah menjaga kandang ayam tetap bersih dan bebas dari hama, bakteri dan penyakit. Mengapa Anda harus menjaga kandang ayam tetap bersih? Karena kandang ayam yang dikurung bersih akan menghasilkan daging ayam berkualitas tinggi.

Selain itu, kandang ayam jantan akan menjaga sanitasi dan bebas dari hama dan bakteri dan penyakit sehingga menghasilkan ayam yang sehat dan kuat dan tentu saja menghasilkan panen yang baik.

Bagaimana Anda membersihkan kandang ayam? Untuk menjaga kebersihan kandang biasanya dengan membersihkan kandang dari sisa pakan atau kotoran ayam serta mencuci pakan dan minum ayam.

Penjualan Ayam Pejantan

Harga ayam pejantan relatif lebih tinggi dibandingkan jenis ayam pedaging. Karena tekstur daging ayam jantan lebih padat. Untuk saat ini kebutuhan ayam kampung semakin meningkat dan tidak dapat memenuhi kebutuhan pasar, maka ayam jantan merupakan salah satu alternatif untuk menjadi pengganti ayam kampung untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Sedangkan untuk ayam jenis asli, dibutuhkan waktu lebih lama dari ayam jantan. Oleh karena itu, ayam jantan jantan adalah alternatif lain untuk menggantikan ayam asli karena mereka membutuhkan waktu panen lebih cepat.

ayam pejantan dengan bobot sekilo biasanya dijual dengan harga 25.000 per ekor. jadi tinggal kali kan saja kalau percobaannya 200 ekor x 25.000 = 5.000.000

dan masa panen ayam ini sekitar 6 minggu - 2 bulan. terganrtung dari bagaimana perawatan seperti sebelumnya saya jelaskan.

pada siapa penjualan ayam pejantan ini?

untuk mangsa pasar biasanya peternak menjual pada restoran, rumah makan atau bakul-bakul ayam.

jadi ada 2 macam pemasaran yang bisa kamu coba:

1. Restoran atau Rumah Makan

kamu bisa menawarkan ayam produksimu kepada restoran-restoran terdekat. jika kamu bisa mendapat lebih banyak restoran jumlah ternak juga akan semakin banyak dan penghasilanmu juga akan naik.

kelebihan dari menjual langsung pada rumah makan seperti ini adalah kita bisa menjual lebih mahal daripada menjual ke bakul ayam.

tapi kelemahannya adalah kita tidak bisa menjual banyak seperti pada bakul ayam. so, pilih saja mana yang menurutmu lebih efisien.

2. Bakul Ayam

atau kalau kamu ingin ayam-ayam mu cepat terjual habis maka alternatifnya adalah dengan menawarkannya ke bakul ayam.

atau kamu bisa langsung post ke medsos/ grup tentang jual beli ayam. maka akan banyak yang akan memborongnya. 

terkait jenis ayam: 


Ayam pejantan


Ayam joper
ayam aka
Ayam petelur
Ayam Afkir
Ayam potong
ayam arab
Ayam bangkok

Info Lanjut mengenai bisnis dan pembelian serta bahan dan obat-obatan bisa mengbungi penulis : 081259122274

sudah panjang lebar ya, sekian dulu artikel tentang Usaha Sampingan Ternak Ayam yang bisa Area Fokus bagikan. share artikel ini jika menurutmu bermanfaat. terimakasih sudah mampir dan sampai ketemu lagi di artikel berikutnya.

Baca juga:
Prediksi Bisnis 10 Tahun Ke depan
Bisnis Mahasiswa Tanpa Modal

0 Response to "Usaha Sampingan Ternak Ayam Pejantan Omzet 5 Juta Perbulan, Tidak Percaya?"

Posting Komentar