Ampuh! Cara Bikin Flashdisk Kebal Virus dengan CMD

Cara Flashdisk Kebal Virus dengan CMD, Membuat flashdisk menjadi kebal virus bisa juga mengamankan data atau file yang disimpan di dalamnya.

cara ini menurut saya penting,

karena banyak orang yang tidak bisa mendeteksi datangnya virus. tau-tau sudah banyak saja di dalam flashdisk. maka, langkah untuk membuat flashdisk kebal terhadap virus ini bisa kamu coba.

mungkin cara berikut ini tidak bisa berhasil 100%, karena virus juga selalu diperbarui untuk bisa menerobos sistem perlindungan yang ada. tapi kemungkinan besar cara ini masih ampuh untuk menangani virus-virus yang akan menyerang flashdisk.
Cara Bikin Flashdisk Kebal Virus dengan CMD

flashdisk adalah media atau perangkat penyimpanan data portabel yang banyak digunakan. selain menyimpan flashdisk juga bermanfaat untuk berbagai file-file penting. baik untuk pekerjaan, tugas pelajaran atau lainnya.

justru, disinilah kita harus lebih hati-hati.

data yang disimpan dalam flashdisk sangat rentan sekali terhadap serangan virus. apalagi file yang disimpan di dalamnya adalah file yang penting-penting. akibat dari file yang terinfeksi virus bisa jadi rusak, bahkan bisa hilang tanpa jejak. (misterius dong?)

dan parahnya lagi, banyak jenis virus-virus yang bisa menyebar ke seluruh file dan perangkat-perangkat lainnya.

maka sayangilah flasdisk-mu..

salah satunya adalah dengan membuatnya lebih kuat terhadap serangan virus. berikut ini Area Fokus akan berbagi tips bagaimana membuat flashdisk kita lebih kebal pada virus.

kamu perlu tahu juga sebelumnya,

sebenarnya,

Darimana virus yang tiba-tiba ada dalam flashdisk?

flashdisk yang masih baru sebenarnya tidak terdapat virus di dalamnya. kecuali memang sengaja diisi oleh pemilik atau orang lain.

tapi, karena sering digunakan tiba-tiba virus dalam flashdisk diketahui sudah banyak dan parah. tentunya hal ini meresahkan. karena virus bisa menjalar kemana-mana pada perangkat yang tehubung.

ada 2 penyebab yang paling umum yang membikin flashdisk bisa terkena virus. kalau kamu tahu penyebab lain kamu bisa menambahi lagi di kolom komentar.

1. Internet

yang pertama internet. dan ini adalah yang paling sering dan sulit terdeteksi.

tahu gak?

internet juga menjadi sarang virus terbesar di dunia. banyak sekali jenis virus yang disebar di internet. bahkan keberadaanya sangat sulit diketahui oleh pengguna internet.

kamu harus hati-hati,

virus mudah masuk ke perangkat, termasuk juga flasdisk melalui internet. biasanya virus ini disebarkan melalui tiga hal berikut.

Pertama, Web yang tidak aman

web semacam ini membawa banyak virus. kalau kamu menggunakan antivirus yang bagus biasanya ada peringatan untuk segera keluar.

saran saya kalau kamu tiba-tiba diarahkan menuju web semacam ini segera tutup saja lamannya.

Kedua, File Dowload

kamu juga harus hati-hati ketika mendownload file. virus sering kali menumpang atau sengaja dipasang pada file-file download.

ciri-cirinya file download semacam ini ketika dibuka akan berbeda dengan aslinya. kamu bisa cek di control panel. dan biasanya setelah file download dibuka, kinerja laptop atau ponsel sedikit terganggu seperti lag atau lemot.

kalau kamu menemukan file semacam, segera hapus file yang baru saja kamu download.

Ketiga, Ekstensi

ekstensi juga menjadi media yang sangat rawan terhadap virus. virus yang menyamar menjadi ekstensi browser akan memberi dampak yang terasa pada kinerja browser itu sendiri. efek yang paling terasa adalah lemot dan berat.

biasanya ekstensi ini ditawarkan oleh beberapa web, saran saya jangan langsung kamu tambahkan, coba lihat dulu apa fungsinya. atau kamu seleksi fitur ekstensi ini hanya untuk yang terpercaya saja.

2. Komputer Bervirus

yang kedua, penyebab umum flashdisk bisa terkena virus adalah melalui komputer yang memang sudah menjadi sarang virus. ketika kamu menyambungkan flashdisk ke dalam komputer bervirus semacam ini, virus akan langsung menyebar masuk ke dalam flashdisk.

apalagi kamu melakukan transaksi kirim atau terima file, virus akan mudah sekali menyerang flashdisk.

kalau kamu akan mengirim file dari sebuah komputer, lebih baik kamu lihat dulu apakah komputer tersebut baik-baik saja. kamu bisa lihat dari antivirusnya bekerja apa tidak, kecepatan loadingnya, aplikasi-aplikasi yang diinstal di dalamnya.

nah, untuk antisipasi virus pada flashdisk kamu bisa mencoba menambah pengamanan menggunakan CMD seperti yang akan saya bahas berikut ini.

Cara Flashdisk Kebal Virus dengan CMD

tahu nggak, CMD juga bisa digunakan untuk membuat flashdisk kebal virus?

Command Prompt (cmd.exe) adalah baris perintah penerjemah sistem operasi dari Microsoft atau windows yang bisa juga digunakan untuk memberi perlindungan pada flashdisk.

Bagi beberapa orang, mungkin CMD ini jarang digunakan, Lalu kenapa harus menggunakan CMD?

simpelnya, kita tidak perlu menggunakan aplikasi lain untuk membuat flashdisk kebal virus. kita langsung memanfaatkan fitur yang disediakan oleh windows. Bahkan, perintah CMD juga bisa digunakan untuk menghapus virus.

Baca Juga:
Cara Intip Password Wifi dengan CMD
Main Game Android di PC Tanpa Lemot
7 Cara Mengganti Password Wifi Lewat HP
Bikin Ngebut! Setting Tampilan Win 7 Paling Ringan

tutorial ini akan kita lakukan menggunakan laptop atau pc. So, buka laptopmu dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka CMD

pastikan dulu flashdisk sudah terhubung ya!

Setelah flashdisk terdeteksi, langkah berikutnya adalah buka CMD. ada banyak cara yang bisa kamu lakukan,
Cara Bikin Flashdisk Kebal Virus dengan CMD

yang paling simpel silah tekan kombinasi Windows + R 

akan muncul tab kecil, lalu Ketik CMD > oke/Enter

2. Membuat direktori baru di flashdisk

sebelumnya lihat dulu flashdisk terhubung dengan laptop masuk di kategori mana. G atau H atau lainnya? biasanya ditandai dengan tulisan removable disk.

kalau sudah tahu, maka langkah selanjutnya kembali ke CMD dan buatlah direktori baru di flashdisk dengan mengikuti langkah berikut ini.

contoh lokasi Flashdisk ada di H,

ketik mkdir H:\autorun.inf , lalu Enter;
ketik lagi H: lalu Enter;
ketik lagi cd autorun.inf, lalu Enter;
ketik lagi mkdir CON lalu Enter;
Terakhir ketik mkdir \\.\H:\autorun.inf\con\aux\nul lalu Enter.

hasilnya seperti gambar berikut:

Cara Bikin Flashdisk Kebal Virus dengan CMD

3. Cek Flashdisk

Jika tutorial tadi bisa kamu ikuti dan berhasil, silahkan buka flashdisk kamu dan coba cek apakah didalamnya terdapat folder "autorun.inf"
Cara Bikin Flashdisk Kebal Virus dengan CMD

jika ada, berarti kamu sudah berhasil membuat flashdisk kebal virus.

Kesimpulannya

cara membikin flashdisk kebal dari virus adalah dengan membuat folder autorun.inf dimana folder ini tidak bisa diedit sama sekali. virus yang masuk ke flashdisk akan langsung masuk pada folder ini dan oleh karena itu dia tidak bisa berkermbang dan tidak bisa berkutik.

namun, perlu diketahui

cara ini tidak bisa melindungi flashdisk dari semua jenis virus. ada beberapa jenis virus yang kuat dan bisa menembus pertahanan ini. tapi, tenang saja, virus jenis ini jarang sekali ada. cara ini sudah cukup untuk melindungi flashdisk dari serangan virus yang menyebar pada umumnya.

untuk lebih mengamankan flashdisk, maka kamu juga perlu tahu beberapa hal di bawah ini.

Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Mudah Rusak

flashdisk rusak adalah hal yang umum dan berkali-kali terjadi. mungkin mereka kurang memperhatikan hal berikut ini.

Seringlah melakukan scanning
jangan langsung simpan hasil download di flashdisk
Jangan mengedit file langsung dari flasdisk
eject flashdisk sebelum dicabut
Simpanlah flashdisk di tempat yang aman
Jangan simpan flashdisk di dekat elektronik

nah itu tadi artikel tentang Cara Flashdisk Kebal Virus dengan CMD yang bisa saya bagikan. semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya.

Kata kunci terkait:
cara melindungi flashdisk dari virus dengan cmd
cara memproteksi flashdisk agar tidak terkena virus
cara membuat flashdisk kebal virus dengan notepad
cara protect flashdisk dari virus
agar flashdisk tidak terkena virus
cara membuat antivirus dengan cmd
cara format flashdisk agar bebas virus
cara agar flashdisk tidak shortcut

0 Response to "Ampuh! Cara Bikin Flashdisk Kebal Virus dengan CMD"

Posting Komentar