2 Strategi Bisnis Online dengan Modal Kecil

2 Strategi Bisnis Online dengan Modal Kecil

Strategi Bisnis Online dengan Modal Kecil, Toko online atau online shop sekarang ini sudah menjamur di Indonesia. bahkan ukm-ukm kecil sudah mulai mencoba membangun toko online sendiri. dan pertanyaan yang juga sering muncul pada saat awal membuka toko online adalah modal.

bisnis online terpercaya dengan modal kecil, bisnis online terbaru, lowongan bisnis online, peluang bisnis online 2019, usaha online shop terlaris, bisnis online modal kecil untuk pelajar, daftar bisnis online, bisnis online tanpa modal.

ketika ada orang yang mengatakan Toko Online atau Online Shop, dalam bayangan akan muncul suatu website. website apa yang kamu bayangkan?

shopee, bukalapak, lazada, olx, dan web-web lainnya yang sudah terkenal dan memiliki pengunjung jutaan tiap hari.

kalau melihat web seperti itu, kita mungkin akan membayangkan: apakah mungkin bisnis online saya bisa kayak gitu?

mari kita lihat..

toko online yang besar seperti yang saya sebutkan tadi memiliki dua hal yang membikin web-web tersebut semakin besar.

Pertama, Mereka sudah exist atau sudah memulai bisnis online dalam jangka waktu yang sudah lama.

salah satu toko online yang banyak pengunjung adalah Bukalapak.com. Bukalapak adalah perusahaan online marketplace di Indonesia yang dioperasikan oleh PT. Bukalapak.com sejak tahun 2010. dan ada juga bhinneka.com yang memulai bisnisnya di tahun 1997-an.

web besar memulai bisnisnya sudah lama alias tidak sekali jalan.

Bukalapak menjadi salah satu dari 4 perusahaan rintisan yang nilai valuasinya lebih dari $1 miliar pada tahun 2017. dan menjadi salah satu jajaran toko online paling laris di Indonesia di tahun 2019.

jadi, keep faith in process. 

Kedua,.mereka melakukan modal besar dan promosi besar-besaran.

pada saat bukalapak berdiri kurang lebih satu tahun, Bukalapak mendapat penambahan modal dari Batavia Incubator. selanjutnya Di tahun 2012, Bukalapak menerima tambahan investasi dari GREE Ventures, pada 2014, Bukalapak mengumumkan investasi oleh Aucfan, IREP, 500 Startups, dan GREE Ventures, dan tahun 2015 Bukalapak telah mendapatkan dana investasi dari EMTEK total hingga Rp439 miliar.

Toko Online yang terkenal juga disebabkan karena memiliki modal besar. kalau kita lihat, banyak sekali perusahaan lain yang memberi dukungan pada toko online yang satu ini. dan ini sebenarnya juga merupakan strategi.

kamu bisa menjalin hubungan dengan perusahaan-perusahaan besar untuk kebutuhan modal. Dengan memiliki modal banyak mereka bisa langsung merekrut ratusan tenaga ahli dan operasional. dan selain itu, dana besar bagi toko online bisa digunakan untuk promosi tokonya melalui banyak media.

namun, langkah ini kamu harus berhati-hati.

modal besar dengan langkah yang tidak tepat juga menyebabkan kerugian yang besar-besaran pula. bahkan ada toko online besar yang rugi sampai ratusan juta rupiah karena salah memilih strategi.

mungkin kamu akan minder dan pesimis kalau melihat dua ciri dari toko online yang sudah besar tadi.

rasanya tidak mungkin untuk membangun bisnis online..

modal yang ada hanya sedikit.

jangan salah, 

ada strategi toko online yang efektif dan cocok untuk orang-orang yang memiliki modal terbatas. kamu bisa mencoba strategi ini sekarang juga. dan semoga cara ini memang akan membawa dampak yang positif untuk toko online yang kamu jalankan.

Strategi Bisnis Online dengan Modal Kecil

bisnis online memang menarik. bahkan bisnis ini bisa menghasilkan profit puluhan juta hingga ratusan juta per bulan. dan berikut ini adalah strategi sederhana binis online untuk meningkatkan pengunjung.

ada dua strategi yang bisa kamu lakukan:
1. Menjual produk spesifik
2. Bikin proses belanja lebih sederhana.

mari kita simak satu per satu..

Menjual Produk Spesifik

Online Shop dengan macam produk yang spesifik akan menunjukkan pada kualitas barang.

kalau kita lihat, toko online yang menjual aneka barang, pasti kita sedikit ragu, karena banyaknya barang yang dijual. bahkan ada barang yang sama tapi harga berbeda.

selain itu membuat website yang semacam itu, sangatlah rumit dan kompleks. dan juga sistem operasional yang rumit dan butuh banyak tenaga manusia. dan hal ini akan membuat modal yang dibutuhkan juga besar.

Tetapi, kalau website kamu fokus menjual produk yang spesifik di satu kategori kecil saja atau bahkan cuma satu macam produk, website akan lebih mudah dikenal dengan kualitasnya.

seperti toko online khusus penjualan batik.

setiap orang yang ingin membeli kain atau baju batik kemungkinan besar akan mengingat web yang menyediakan khusus batik.

selain itu web yang seperti ini juga lebih sederhana dan tentunya membutuhkan modal yang tidak besar. Proses pembelian juga bisa lebih sederhana.

tapi ini bukan berarti toko online kamu hanya akan menawarkan barang yang itu-itu saja. kamu bisa mengembangkan berbagai barang yang berhubungan dengan barang utama.

seperti contoh tadi yang berhubungan dengan batik, selain kain, kamu bisa menambah dengan ide seperti menjual sandal atau sepatu batik.

Bikin Proses belanja lebih sederhana

banyak pembeli dari toko online yang tidak jadi beli gara-gara masalah pembayaran. banyak toko online yang sistem pembayaran barangnya masih rumit. hal ini tentu tidak disukai oleh konsumen.

hal rumit tersebut seperti, harus buat akun/account terlebih dahulu, media pembayaran dan pengiriman barang yang sedikit.

buatlah toko online yang kamu jalankan memiliki sistem pembayaran dan pengiriman yang memberikan kenyamanan pada pembeli.

Jadikan proses belanjanya lebih sederhana. hal ini bisa mengikuti dengan perkembangan zaman. analisa lah, pada hari ini orang lebih suka membayar menggunakan apa dan pengiriman yang bagaimana.

nah, itulah Strategi Bisnis Online dengan Modal Kecil yang bisa saya bagikan. semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya yang lebih seru.

Baca juga:

0 Response to "2 Strategi Bisnis Online dengan Modal Kecil"

Posting Komentar