Cara Membuat Facebook Ads, Strategi Penjualan Online Via Facebook

Cara Membuat Facebook Ads, jualan online dengan memaksimalkan media sosial adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan. kamu bisa memanfaatkan salah satu jasa iklan yang ditawarkan oleh Facebook, yakni Facebook Ads.

kita tahu facebook adalah salah satu media sosial yang masih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. banyak sekali yang menggunakan medsos ini setiap hari dari berbagai kalangan. mulai anak kecil sampai dewasa.

dan belakangan ini facebook mulai memprioritaskan media sosialnya untuk mempermudah orang melakukan jual beli dan pemasaran produk. penjualan yang terjadi dari media sosial satu ini semakin meningkat drastis.

coba kita lihat, marketplace, banyak sekali macam barang yang dijual di sana dengan harga yang juga bersaing. bahkan banyak barang yang dijual dengan harga yang lebih murah. penjualan barang dari grup-grup tertentu juga otomatis muncul di sana.


Cara Membuat Facebook Ads

nah, selain memposting di marketplace, salah satu strategi pemasaran di facebook adalah dengan menggunakan Facebook Ads. banyak perusahaan yang sudah memanfaatkannya dan kebanyakan mereka memberikan komentar yang positif. banyak hasilnya.

coba buktikan sendiri.

biaya untuk pengiklanannya juga terbilang murah, sekitar 12ribu untuk penayangan sehari penuh. dan kamu mendapatkan peluang penjualan barang yang lebih tinggi. apalagi kalau produkmu memiliki kualitas, mereka akan membeli dan membeli kembali.

tapi, banyak sekali yang masih belum mengetahui bagaimana cara membuat facebook ads. oleh karena itu, kali ini kita akan mengulas bagaimana cara membuat fb ads. cara ini dilansir dari DewaWeb.

Baca Juga:
Produk yang Laris Manis Dijual Online
Mindset Rahasia Orang Sukses
7 Kesalahan Umum Pemasaran Media Sosial

sebelum mengetahui caranya, kita ulas dulu apa sih yang namanya fb ads itu? apa saja manfaat yang bisa diberikan oleh fb ads ini? dan persiapan apa saja yang diperlukan sebelum membuat fb ads.

mari kita simak satu per satu.

Daftar Isi
1. Pengertian Singkat Facebook Ads
2. Manfaat Facebook Ads
3. Persiapan Sebelum Membuat
4. Cara Membuat Facebook Ads

Apa itu Facebook Ads?

Facebook Ads adalah pelayanan atau promosi iklan produk dari Facebook yang disajikan kepada pengguna Facebook untuk mempermudah pemasaran di facebook.

promosi ini akan dilakukan dengan menilai aktivitas pengguna, informasi demografis, informasi penggunaan perangkat, iklan dan informasi yang disediakan oleh mitra pemasarannya untuk membuat target pemasaran lebih tepat.

selain itu, aktivitas online lainnya akan dilakukan pengguna di luar Facebook.

Manfaat Facebook Ads

facebook ads, adalah fitur facebook yang khusus untuk meningkatkan penjualan barang atau jasa. Berikut adalah beberapa manfaat fb ads yang bisa kamu dapatkan kalau menggunakan fitur ini.

Penargetan yang Efektif

Facebook ads akan menawarkan opsi penargetan konsumen dan setelahnya ada penargetan ulang. hal ini memudahkan kamu untuk menayangkan iklan kepada target audiens yang tepat. yang telah didefinisikan secara mendetail.

oleh karena itu, kemungkinan besar penjualan produkmu akan naik drastis dengan menggunakan fb ads.

mudah digunakan krena sudah dibuat untuk menyiapkan kampanye iklan. kamu hanya mengikuti beberapa langkah yang ada. selain itu kamu juga dimudahkan untuk mempromosikan iklan di berbagai media sosial lain seperti, Audience Network, dan Messenger, baik pada ponsel atau PC.

Jangkauan Target yang Luas

Facebook Ads memberikan kesempatan audiens untuk mendapatkan akses melalui seluler. sehingga iklan yang kamu pasang pasti sampai di layar ponsel mereka.

hal ini sangat bagus, karena sekarang masyarakat hampir semuanya sudah menggunakan ponsel dan membuka media sosial di tiap hari.

apalagi Facebook adalah media sosial yang banyak penggunanya di Indonesia. pengguna aktif per bulan bisa mencapai lebih dari 2,41 miliar sampai 2,7 miliar lebih. 

Analisa Lanjutan untuk Penargetan Berikutnya

Facebook ads juga berfokus pada perencanaan iklan sesuai dengan yang diinginkan. hal ini akan membuatmu lebih mengetahui siapa saja yang benar-benar pas untuk penargetan pasar.

kalau kamu punya halaman Facebook, kamu bisa mengakses data ini melalui tab Insight. di sana kamu akan menemukan metrik seperti tayangan halaman, jangkauan postingan, interaksi, video, dan sebagainya.

Kamu bisa cek mulai dari 1-28 hari terakhir. Selain itu, kamu juga bisa melihat bagaimana kecocokkan penargetan iklan dengan mengukur halamanmu dengan metrik persaingan.

Meningkatkan Brand Awareness

kamu juga bisa memeriksa news feed audiens beberapa kali sehari. dengan ini kamu bisa berulang kali exposure akan iklan yang sudah dipasang sebelumnya. tapi kalau terlalu banyak hal ini juga bisa memberi dampak yang negatif.

Meningkatkan CTR

CTR atau Click Through Rate adalah tools periklanan yang memungkinkan kamu melakukan interaksi langsung dengan audiens yang ingin kamu jangkau.

Persiapan Sebelum Membuat Facebook Ads

sebelum memasang iklan di facebook menggunakan fb ads, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk membuat pengiklanan ini lebih kreatif dan efektif.

Tujuan Bisnis

Menentukan tujuan bisnis, hal ini membuat kamu menemukan bahan pertimbangan dalam melakukan penargetan iklan atau pembuatan kampanye yang tepat bagi jenis bisnismu. Kamu bisa mencari inspirasi ini dari halaman Facebook Ads yang sukses atau googling.

Pemahaman Tentang Target Pasar Bisnismu

apakah kamu sudah tahu seperti apa target audiensmu? Tentunya hal ini sudah bisa dijawab sebelum kamu memasang iklan di fb. target pasar ini, Kamu bisa membaginya berdasarkan referensi minat, umur, usia, gender, atau kelas ekonomi.

Anggaran untuk Target Promosi Iklan

Jangan lupa untuk menentukan anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan kampanye dengan Facebook Ads. Kamu bisa menghitung gambaran besarnya terlebih dulu seiring berjalannya kampanye. kamu bisa mengatur ulang sesuai pengalaman kampanye yang telah dijalankan pada periode pemasaran sebelumnya.

Media Foto/Video Sebagai Konten Iklan

siapkan juga media apa yang ingin jadi pendukung konten iklanmu. kalau kamu menggunakan gambar, buatlah gambar yang menarik dan tetap menyampaikan pesan yang tepat. perhatikan juga beberapa aturan atau batasan yang sudah ditentukan Facebook Ads.

Cara Membuat Facebook Ads

1. Login ke Facebook Ads

langsung kunjungi website Facebook Ads dan ikutilah langkah-langkah berikut ini.

klik Buat Iklan > login menggunakan akun Facebook-mu (yang digunakan mengelola halaman iklan) > pilih Facebook Ads Manager

2. Mulai Promosikan Iklan

di halaman pengaturan Facebook Ads > klik “Promosikan” > pilih opsi sesuai kebutuhan

3. Persiapkan Materi Iklan

Silahkan isi informasi tentang halamanmu pada halaman ini. hal ini penting untuk menunjukkan pada audiens tentang bisnismu. Pilih juga foto dengan kualitas terbaik yang mewakili produkmu.

di bagian bawah, kamu akan menemukan pengaturan lain seperti durasi penayangan iklan. Tentukan seberapa lama iklanmu akan ditayangkan. pilih sesuai kebutuhan saja.

4. Lakukan Pembayaran

setelah mempersiapkan informasi tadi, Facebook akan menentukan jumlah tagihan yang harus dibayark. biasanya penayangan iklan selama satu minggu menghabiskan biaya sekitar Rp500 ribu atau sekitar Rp72 ribu per hari. Harga ini bisa berbeda sesuai dengan jenis iklan yang akan ditampilkan di halaman facebook.

kalau sudah selesai, klik “Promosikan” dan lanjut ke cara pembayaran. Ada dua cara bisa digunakan, melalui debit atau kredit.

Kesimpulannya

nah itu tadi ulasan mengenai  Cara Membuat Facebook Ads dan manfaatnya bagi bisnismu. cara iklan seperti ini memang kemungkinan besar meningkatkan penjualan dari media sosial. tapi cara ini tidak bagus kalau dipakai terus menerus.

kamu bisa simak selengkapnya pada Strategi Pemasaran Media Sosial untuk PEMULA

kata kunci lainnya:
manfaat facebook ads
tutorial facebook ads pdf
facebook ads gratis
tutorial facebook ads 2019
facebook ads manager
biaya facebook ads
contoh facebook ads
belajar facebook ads 2019

0 Response to "Cara Membuat Facebook Ads, Strategi Penjualan Online Via Facebook"

Posting Komentar