Facebook Ads VS Google Ads, Mana yang Paling PROFIT?

Google Ads VS Facebook Ads, setiap platform media sosial memiliki ciri, sifat dan keunggulan masing masing. baik facebook, google, instagram dan lainnya. kamu bisa menyesuaikan diri untuk memilih lebih cocok yang mana.

Facebook Ads VS Google Ads

dan di dunia bisnis online kita sering mendengar istilah facebook ads dan googls ads. adalah salah satu cara atau strategi pemasaran untuk mendapatkan pengunjung atau calon customer melalui jasa pengiklanan. dan keduanya sama-sama berbayar.

apa perbedaan keduanya nih?

perbedaan fb ads dan google adwords

kalau facebook ads kita akan mengiklankan produk atau situs kita melalui facebook. maka iklan akan tayang di facebook dan dilihat oleh pengguna fb yang bersangkutan.

kalau google ads kita akan mengiklankan produk melalui google. maka iklan akan tayang di mesin penelusuran google. kalau kita lihat, biasanya ketika kita mencari suatu produk tertentu di google di bagian atas sendiri ada label iklan.

pada pembahasan kali ini kita akan mengupas sedikit tentang perbandingan Facebook Ads dan Google Ads (atau Google Adwords).

Sejauh ini, Google Adwords dan Facebook ads adalah paid traffic utama yang digunakan perusahaan besar untuk strategi pemasaran online.

Baca Juga:

Adwords akan lebih dikhususkan pada pencarian di search engine GOOGLE. sedengkan fb ads akan muncul di beranda facebook audiens.

mana nih yang lebih unggul?

semuanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

strategi menggunakan google adwords
ig ads vs fb ads
kekurangan facebook ads
kelebihan dan kekurangan fb ads
pengalaman facebook ads
anggaran google adsense
fitur facebook ads

mari kita lihat,

Google Ads VS Facebook Ads

Perbandingan Konversi Pembelian

kalau soal Tingkat Konversi berdasarkan interest & demography maka Google Adwords lebih unggul dibanding dengan facebook ads.

Di facebook ads, audiens produk atau jasa akan ditawarkan pada jangkauan yang lebih luas. namun justru disini kelemahannya. banyak yang menjadi sasaran iklan yang belum tentu mereka ingin membeli produk dari iklan. meskipun sudah masuk dalam hal-hal yang menarik baginya.

Beda halnya dengan Google Adwords, karena targetnya adalah visitor atau pengunjung yang tengah mencari suatu produk dan kemungkinan besar akan membeli, biasanya sudah sangat spesifik.

Tingkat pembelian lebih tinggi pada produk atau jasa. itulah sebabnya kenapa konversi bisa jauh lebih tinggi di Google Ads dibandingkan FB Ads.

tingkat konversi Google Adwords, biasanya mencapai angka rata-rata 1% s/d 5% dari total traffic yang masuk. Artinya dari 100 klik yang didapat dari keyword yang sesuai target penjualan bisa terjadi sekitar 1 – 5 order.

Perbandingan Trafik

kalau Google Ads jumlah pencarian atau jangkauan trafiknya lebih terbatas. memang ini kelemahan utamanya. volume pencarian produk di google cuma segitu-gitu saja, sangat sulit untuk meningkatkan trafik.

google ads memang menjaring orang-orang yang hanya tertarik pada produk saja. ini baik. tapi bagaimana dengan orang yang tidak tahu dan hanya mencari di toko online atau media sosial? maka kemungkinan besar iklan produkmu tidak dilihat.

kalau Facebook Ads, memiliki target audiens yang lebih luas dan menjangkau berbagai usia. bisa dibilang tidak terbatas.

Perbandingan Biaya Iklan

ini juga bagian yang penting. masalah biaya.

FB Ads memiliki harga pengiklanan yang lebih mahal jika dibanding dengan Google Ads. bisa mencapai biaya 3 kali lipat lebih mahal dengan jenis iklan yang sama.

namun ini tidak selalu begitu.

biasanya iklan di fb ads bisa lebih murah dibanding google ads. disini juga kelemahan fb ads, karena algoritma atau peraturan fb ads sering berubah.

di Google ads CPC (biaya per 1x klik iklan) cukup murah. bahkan banyak iklan yang CPC-nya dibawah Rp 100 perak.

kamu bisa cek terupdatenya melalui web langsung.

Kapan Pakai Facebook Ads?

simpelnya, pilih yang lebih murah.

terkadang, jenis iklan dari fb ads bisa lebih murah dibanding dengan iklan di google ads, Biasanya produk-produk yang yang CPC di Adwordsnya sudah diatas Rp 2000 per klik. karena di Adwords sendiri ada beberapa produk yang tetap CPC nya mahal meski diotak-atik.

Produk yang jarang dicari tapi menarik.

Selain untuk produk-produk yang search volumenya kecil tapi menarik juga cocok menggunakan di FB Ads. karena di adwords kurang cocok untuk produk maca ini.

Kapan Pakai Google Ads?

untuk menaikkan trafik web.

kalau kamu punya web bisnis atau toko online, maka menggunakan google ads lebih bagus untuk meningkatkan trafik dan kiualitas situs. karena kita menggunakan jasa dari google.

Produk yang sering dicari

kemungkinan besar orang juga akan mencari di google untuk membeli barang yang mereka inginkan. semakin banyak orang yang mencari barang tersebut maka potensi iklan kita dilihat dan diklik juga seamakin besar.

nah, itu tadi artikel tentang Google Ads VS Facebook Ads yang bisa Area Fokus bagikan. kalau kamu suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media di bawah ini.

kamu juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan tentang artikel diatas.semoga dapat membantu dan sekian dulu sampai jumpa di postingan selanjutnya.

0 Response to "Facebook Ads VS Google Ads, Mana yang Paling PROFIT?"

Posting Komentar