Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Perekam Layar iPhone, Alternatif Kalau Tidak Ada Aplikasi Bawaan

Perekam Layar iPhone yang bermanfaat ketika kamu ingin merekam kegiatan layar seperti main game dan lainnya di iPhone.

sebelumnya, apakah kamu berfikiran kalau merekam layar iPhone dengan menggunakan kamera lain?

tentunya akan sulit dan nggak bisa maksimal.

uniknya di produk apple ini baik iPhone, iPod atau iPad kamu disediakan aplikasi perekam layar iPhone bawaan yang bisa kamu gunakan ketika merekam layar.

Perekam Layar iPhone

jadi nggak seperti hp andaroid yang masih butuh aplikasi perekam layar, perekam layar iphone untuk android yang harus didownload dari play store.

tapi untuk cara merekam layar hp iphone 5 atau versi lainnya, cara merekam layar iphone 5 biasa, cara merekam layar iphone 5 ios 10 harus menggunakan apliksai pihak ke tiga yang harus didownload di app store.

kamu bisa simak rekomendasi aplikasi perekam layar di bawah nanti.

karena untuk OS 10 atau dibawahnya, apple masih belum menyediakan fitur atau aplikasi perekam layar bawaan. kalau cara merekam layar iphone dengan suara, cara merekam layar iphone 6 dengan suara, cara merekam layar iphone dengan suara internal atau tanpa suara, di OS 10 atau terbaru lebih mudah.

oke, bagaiamana kita bisa menggunakan perekam layar iPhone ini?

Perekam Layar iPhone Bawaan

catatan: perlu kamu ingat gaes, bahwa Aplikasi bawaan ini bisa kamu temukan hanya di iOS 11 atau versi yang lebih baru dan iPadOS, kamu bisa merekam layar dan mengambil suara dengan mudah dari konten yang sedang ditampilkan di layar iPhone dan juga lainnya seperti iPad, atau iPod touch.

kamu bisa ikuti step by step berikut ini:

Buka Pengaturan > Pusat Kontrol > Sesuaikan Kontrol > Pilih tanda + di sebelah Perekaman Layar

kalau kamu menggunakan iPhone X atau yang lebih baru kamu bisa geser layar ke atas untuk masuk ke pengaturan ini.

Tekan lama ikon rekam (warna abu-abu) > lalu ketuk Mikrofon > Mulai Rekam > tunggu selama tiga detik

dalam tahap ini kamu bisa memilih untuk mengaktifkan audio atau tidak. kalau kamu ingin menambahkan suara sendiri seperti keterangan kamu bisa mengaktifkan fitur ini. tapi kalau nggak butuh kamu bisa mematikannya.

fitur ini juga bermanfaat ketika keadaan sekitar lagi berisik. maka perekam hanya akan merekam suara dari dalam ponsel saja.

kenapa merekam layar iphone tidak berfungsi?

karena ada beberapa aplikasi yang bisa direkam audionya.

jika proses perekaman sudah selesai kamu bisa menghentikannya dengan cara berikut ini,

untuk Berhenti: Buka Pusat Kontrol > pilih ikon rekam berwarna merah

Atau

buka bar status yang berwarna merah di bagian atas layar > pilih berhenti.

nah, proses rekaman sudah berhenti. dan kamu bisa melihat hasil rekaman kamu di dalam aplikasi Foto. buka pada folder perekaman layar.

itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk merekam layar iPhone dengan aplikasi atau fitur bawaan. kalau di iPhone kamu nggak ada fitur ini kamu bisa baca pembahasan berikut ini gaes.

Aplikasi Perekam Layar iPhone

ini bisa menjadi alternatif kalau nggak ada aplikasi bawaan. kamu bisa instal salah satu aplikasi perekam layar untuk iPhone berikut ini gaes.

1. TechSmith Capture

yang pertama ada TechSmith Capture. aplikasi perekam layar ini juga punya fitur yang cukup lengkap. nggak cuma bisa merekam layar kamu juga bisa langsung merekam suaramu untuk menambahkan penjelasan.

ini akan membuat videomu akan lebih jelas dan nggak terlalu monoton. sayangnya aplikasi ini nggak gratis gaes. tapi kalau kamu ingin mencobanya kamu bisa membukanya untuk masa percobaan gratis (free trial) selama dua minggu.

2. ScreenFlow

cocok buat kamu yang masih pemula karena penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah. seperti aplikasi sebelumnya, Kamu juga bisa merekam layar sekaligus merekam suara tambahan dengan dengan mengaktifkan tombol satu sentuhan.

selain itu aplikasi ScreenFlow ini juga menyediakan fitur edit yang memudahkanmu membuat sebuah video yang keren. kamu juga bisa langsung membagikannya ke beberapa media sosial seperti YouTube, Vimeo, Google Drive, Facebook, dan lainnya. 

sayangnya aplikasi ini juga nggak gratis, tapi Kamu bisa mencoba akun demo gratis selama beberapa hari. kalau kamu berminat kamu bisa membeli aplikasi ini dengan harga Rp2 juta-an. cukup mahal ya?

3. AirShou

nah, kalau yang satu ini kamu bisa menikmatinya dengan gratis gaes. aplikasi ini juga cocok buat kamu yang suka main game dan ingin merekam aksi permainanmu.

jangan khawatir, aplikasi ini cukup ringan untuk dijalankan meskipun sama-sama dibuka bareng main game yang berat.

4. DU Recorder

kamu juga bisa menikmati aplikasi ini secara gratis, sama seperti aplikasi AirShou Screen Recorder tadi. tapi sayangnya nggak semua fitur bisa kamu nikmati dalam versi gratis.

kalau kamu ingin menggunakan fitur premium kamu harus menggunakan versi yang berbayar salah satunya bisa menghilangkan watermark.

makannya versi gratis dari aplikasi ini kurang cocok kalau kamu membuat konten youtube karena bisa kena copyright.

tapi fitur di versi gratis juga cukup lengkap kok, DU Recorder masih punya fitur editing video, seperti fitur memotong, menambahkan potongan video, dan menambahkan lagu favorit kamu yang bisa buat background musik

5. Record It!

selanjutnya ada Record it! Aplikasi perekam layar iPhone ini juga bisa kamu unduh secara gratis. tapi seperti aplikasi sebelumnya, ada beberapa fitur yang dikurangi.

salah satunya adalah kamu hanya bisa merekam selama tiga menit saja di versi gratis. kalau kamu ingin merekam lebih, kamu harus membeli full versionnya.

fitur editing di aplikasi ini juga cukup lengkap. kamu bisa membuat konten videomu jadi lebih unik sperti memotong, mengatur kecepatan video dan memberikan efek.

6. iOS Built-in

selanjutnya ada iOS Built-in Screen Recorder. kamu bisa menikmati aplikasi ini dengan gratis. fitur aplikasi ini juga mirip dengan aplikasi perekam layar lainnya. ada tambahan perekaman audio, ada juga fitur editing video untuk membikin videomu lebih kece.

7. BB Rec

aplikasi ini pas benget buat kamu yang ingin merekam layar secara real time atau live streaming. tentunya fitur ini sudah populer di kalangan para gamers. selain itu kamu juga bisa langsung mengunggah kembali hasil rekaman di media sosialmu.

BB Rec Screen Recorder ini juga punya durasi perekaman yang panjang hingga 2,5 jam dalam satu kali rekaman. wah lama banget ya?

Sayangnya, aplikasi ini tidak gratis. tapi kamu bisa menikmatinya dengan versi demo selama beberapa hari.

8. Vidyo

Vidyo Screen Recorder adalah salah satu aplikasi perekam layar iPhone terbaik 2019. kamu juga bisa menghasilkan video dengan beragam resolusi tinggi lho. Resolusi yang disediakan mulai dari 360p, 540p, 720p hingga HD 1080p. 

9. Dr. Fone

Selanjutnya kamu bisa menggunakan aplikasi Dr. Fone, aplikasi perekam layar ini juga punya fitur yang cukup lengkap seperti aplikasi perekam lainnya. kamu juga bisa merekam audio jika membutuhkan, dan mengeditnya sebelum kamu share ke media sosial.

aplikasi perekam layar ini juga punya kualitas rekaman yang tinggi yang menghasilkan rekaman yang jernih dan tajam.

10. CoolPixel

aplikasi ini pas banget buat kamu yang suka bikin-bikin konten video kreatif. ada banyak efek menarik yang bisa kamu gunakan dalam aplikasi ini untuk membuat videomu menjadi lebih kece. 

Akhir Kata

Itulah ulasan tentang perekam layar iPhone yang dapat Area Fokus bagikan. jadi, kalau kamu ingin merekam layar hp kamu bisa menggunakan aplikasi bawaan, kalau nggak ada kamu bisa menginstal aplikasi tambahan.

Baca juga:
Jangan lupa berikan pendapatmu melalui kotak komentar. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di next post.

Posting Komentar untuk "10 Perekam Layar iPhone, Alternatif Kalau Tidak Ada Aplikasi Bawaan"

Berlangganan via Email