Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Antivirus Gratis Terbaik untuk iOS

Antivirus Gratis Terbaik untuk iOS yang bisa kamu instal di iPhone kamu gaes yang bikin iPhone kamu lebih aman dan kebal dari serangan virus, hacker atau pencuri.

Antivirus Gratis Terbaik untuk iOS

kali ini kita akan membahas apa saja antivirus iphone 5 gratis atau tipe iPhone lainnya. beberapa aplikasi antivirus ini juga bisa digunakan sebagai aplikasi pembersih sampah iphone.

tentunya cara ini akan sangat membantu kamu apalagi smartphone menjadi bagian penting dalam hidupmu seperti alat untuk bekerja sehari-hari.

penggunaan smartphone yang setiap hari meningkat ternyata juga diiringi dengan peningkatan dalam jumlah serangan malware terhadap ponsel pintar itu.

bahkan parahnya banyak pengguna ponsel yang tidak tahu alias nggak sadar kalau ponsel mereka lagi diserang oleh virus.

kalau masih awal sih, efeknya memang masih belum terasa. mungkin hanya lemot-lemot biasa atau ada eror-eror kecil.

tapi kalau lama-lama dibiarkan serangan malware atau virus ini bisa sangat ganas, nggak cuma bikin lemot saja.

kalau nggak ada file yang penting sih nggak masalah. kita bisa reset pabrik dan semuanya beres.

tapi kalau ponsel kita menyimpan banyak data-data penting, virus ini bisa merusak, menghapus, bahkan sampai dicuri.

oleh karena itu kita butuh antivirus untuk mengamankan iPhone kita dari serangan virus. pada pembahasan kali ini kita akan memberikan rekomendasi antivirus gratis terbaik untuk iOS yang bisa kamu dapatkan di app store.

DAFTAR ISI

A. Ciri ponsel yang kena virus
B. Antivirus gratis terbaik di iOS

  1. Avira
  2. Trend Micro
  3. McAfee
  4. Lookout
  5. MobiShield

C. Akibat serangan virus kalau dibiarkan

yuk, kita lihat satu per satu..

A. Ciri ponsel yang kena virus

penyebab utama ponsel yang terkena virus adalah 3 hal berikut ini:

1. Internet atau browser
2. Aplikasi
3. Pengiriman file (flashdisk atau pc)

jadi kalau kamu sedang membuka browser, atau instal aplikasi, atau saling kirim file, kamu harus waspadai serangan virus yang kemungkinan besar akan menyerang ponsel kamu.

ponsel yang terkena virus, terkadang memiliki ciri-ciri yang membuat ponsel menjadi sedikit aneh. ada beberapa indikasi yang bisa kamu kenali apakah iPhone kamu sedang terkena virus atau tidak.

coba juga rekomendasi langkah untuk tidak membikin virus menyebar lebih luas. kamu bisa baca selengkapnya di bawah ini:

1. Sering muncul pop-ups, jangan lakukan ini

Kalau kamu menemukan banyak iklan yang muncul secara tiba-tiba di iPhone, padahal kamu sedang tidak membuka aplikasi apa pun, itu adalah tanda bahwa ponselmu telah terinfeksi virus malware atau adware.

biasanya Iklan pop-up yang muncul ini akan mengarahkanmu ke situs web abal-abal yang meragukan. kebanyakan virus ini dibawa oleh Aplikasi atau browser yang menyimpan situs-situs yang mengandung banyak virus.

segera tutup iklannya.

jangan sekali-sekali meng-klik iklannya ya gaes. ini akan membikin iklan membawa banyak virus lagi.

coba cek apa saja aplikasi terakhir yang baru kamu install. kira-kira aplikasi mana yang membawa adware ke ponselmu. kalau kamu sudah menemukannya segera uninstall saja.

2. Pemakaian internet sangat tinggi dan mendadak 

kamu juga bisa mengenali virus dengan melihat pemakaian data internet. coba cek apakah belakangan ini iPhone kamu menghabiskan kuota data lebih banyak?

jika benar, maka ada dua kemungkinannya.

pertama, kamu sering lihat video youtube, instagram, atau media sosial lainnya. kalau penggunaan data tinggi gara-gara ini maka bukan karena virus gaes.

Kedua, data kuota melebihi pemakaian batas wajar, ini kemungkinan iPhone kamu lagi di serang oleh malware atau adware.

ciri ini bisa terlihat meskipun kamu membuka youtube, ig, fb atau lainnya dengan melihat pemakaian kuota datanya yang nggak seimbang alias tidak normal.

biasanya pemakaian data ini diakibatkan untuk memunculkan iklan-iklan pop-up seperti pada ciri yang pertama. atau ada situs-situs yang membuka sendiri di latar belakang.

kalau kamu mendapati masalah seperti ini kamu bisa lihat aplikasi mana  yang paling banyak menghabiskan kuota. kalau ternyata ada aplikasi tak dikenal, kamu bisa langsung uninstall aplikasinya.

3. Padahal tidak dipakai tapi pulsa berkurang

ciri ini lebih terlihat kalau kamu sedang tidak punya kuota data. karena malware biasanya akan tetap membuka iklan atau situs dengan menggunakan pulsa.

selain itu, virus berbahaya di iPhone bisa menggunakan pulsamu untuk melakukan panggilan dan mengirim teks ke nomor premium.

kamu bisa cek bagian SMS atau panggilan dan coba temukan penyebabnya. Kamu juga bisa menghubungi operator teleponmu untuk mengatasi masalah yang terjadi.

4. Baterai cepat habis padahal pemakaian wajar

salah satu tanda iPhone terinfeksi virus adalah baterai yang cepat habis, padahal penggunaan ponsel biasa-biasa saja seperti sebelumnya.

untuk ini kamu bisa buka Pengaturan dan pilih bagian baterai. di sana kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang mengonsumsi daya baterai yang banyak. Kalau kamu menemukan aplikasi mencurigakan yang terus-terusan menyala dan menguras baterai, segera hapus aplikasi itu.

5. Banyak file eror atau hilang

file-file bisa berupa foto, video, lagu, text atau lainnya. kemarin-kemarin masih bisa dibuka tapi sekarang kok nggak bisa, kemarin ada sekarang kok hilang?

kalau kamu menemukan file-file yang kamu simpan eror, rusak atau bahkan hilang, kemungkinan besar ponsel kamu sedang terkena virus. bahkan kalau kamu mengalami hal ini berarti virus sudah cukup lama ada di ponsel kamu.

cara terbaik untuk membersihkannya adalah dengan menginstal antivirus yang bagus untuk melakukan scanning secara keseluruhan dan membersihkan.

6. Cepat panas dan sangat lemot

ponsel yang terinfeksi oleh malware seperti virus, worm, atau adware, akan terus-menerus bekerja meskipun tidak digunakan. virus ini biasanya akan membuka di latar belakang yang menjadikan pemilik ponsel tidak tahu keberadaannya.

selain itu, ponsel akan terasa lemot banget ketika kamu gunakan. karena ada banyak Aplikasi yang berjalan di latar belakang. meskipun kamu membersihkan tugas berkali-kali, virus tersebut biasanya masih tetap terbuka.

cara terbaik untuk membersihkannya adalah dengan menginstal antivirus yang bagus untuk melakukan scanning secara keseluruhan dan membersihkan.

7. Muncul aplikasi asing

ini adalah ciri virus iPhone yang sangat umum dan bisa kamu ketahui dengan mudah. sayangnya banyak orang yang menganggap biasa saja dan dibiatkan saja. malware bisa masuk ke ponsel dengan aplikasi terinstal.

biasanya aplikasi mencurigakan ini terinstal dengan sendirinya. bisa karena ngikut karena instal aplikasi lain, atau karena download file dari internet.

B. Antivirus Gratis Terbaik untuk iOS

kamu bisa pilih salah satu dari rekomendasi berikut ini gaes. kamu bisa instal maksimal 1 saja meskipun kamu butuh keamanan yang lebih, jangan banyak-banyak. biar nggak bikin iPhone kamu jadi lemot karena kebanyakan aplikasi.

karena iphone sebenarnya juga memiliki kemanan ponsel yang tinggi termasuk pada serangan virus. tapi kamu bisa membuatya lebih kebal lagi dengan aplikasi tambahan.

1. Avira

yang pertama kamu bisa instal antivirus Avira gaes. antivirus ini cukup populer dan banyak digunakan karena memiliki kinerja yang powerfull.

aplikasi antivirus ini di App Store cukup terbilang sukses juga. meskipun versi iPhone tidak terlalu berfokus pada anti-malware, tapi aplikasi ini tetap kaya fitur dan kinerjanya efektif.

kamu hanya perlu membuat akun saja untuk menggunakannya. dan kamu bisa menikmati aplikasi ini secara gratis.

Fitur Aplikasi:

  • Perlindungan web dari situs phishing
  • Memindai email dan kontak seandainya bocor
  • Fitur anti-pencurian, bisa melacak lokasi ponsel 
  • Alarm jarak jauh kalau kehilangan ponsel
  • Laporan aktivitas mencurigakan
  • Rincian memori dan penyimpanan
  • Mencadangkan semua kontak ke Cloud


Kelebihan:

  • Bisa menjadwalkan pemindaian
  • Interface yang simpel dan mudah digunakan


Kekurangan:

  • Terkadang lambat dan tidak responsif
  • Beberapa fitur dialihkan ke aplikasi lain


2. Trend Micro

aplikasi Trend Micro ini juga menjadi rekomendasi yang menarik buat iphone kamu gaes. aplikasi ini menjadi aplikasi antivirus yang peringkatnya paling positif di App Store.

kamu bisa menemukan fitur-fiturnya yang ampuh untuk menjelajah Internet. kalau kamu ingin menjajal fitur-fitur premiumnya kamu bisa uji coba dengan batas waktu.

Fitur Aplikasi:

  • Memeriksa pengaturan perangkat dengan konfigurasi yang tepat
  • Pemindai Kode QR yang aman

Fitur Premium:

  • Pengoptimal konten untuk Safari
  • Firewall dengan profil DNS khusus
  • Browser aman bawaan
  • Pemindai Wi-Fi
  • Pelacak perangkat dan anti-pencurian
  • Pemantauan data seluler


Kelebihan:

  • Memberikan keamanan lebih ketika membuka browser Safari
  • Cepat, ringan dan kinerja efektif


Kekurangan:

  • banyak fitur bagus dan ampuh yang berbayar
  • Kurang maksimal untuk browser selain Safari


3. McAfee

selanjutnya kamu bisa pilih instal McAfee Mobile Security. aplikasi antivirus ini menyediakan banyak fitur ampuh yang bisa diandalkan. dan yang menarik, aplikasi ini tersedia gratis sepenuhnya.

Memang aplikasi ini berisi iklan, tetapi kamu masih mendapatkan kinerjanya yang powerfull.

Fitur Aplikasi:

  • Menyembunyikan file dan foto rahasia
  • Touch ID dan biometrik untuk pengenalan wajah
  • Pelacakan perangkat yang hilang dan perangkat seluler lainnya
  • Kemampuan menghapus kontak jarak jauh


Fitur Premium:

  • Tidak ada iklan
  • Penyimpanan cloud yang besar untuk foto dan video


Kelebihan:

  • Versi gratisnya dilengkapi semua fitur anti-virus yang ampuh.
  • McAfee memiliki rating yang bagus di bidang antivirus.


Kekurangan:

  • Notifikasi push yang terus-menerus muncul.
  • Iklan yang mengganggu.


4. Lookout

aplikasi ini juga bisa kamu andalkan untuk mengamankan iOS kamu. selain serangan virus, aplikasi ini juga memberi perlindungan lebih dari pencurian identitas.

Lookout bisa kamu instal secara gratis dan kamu mendapatkan fitur-fitur yang ampuh meskipun nggak semuanya.

kalau kamu ingin fitur yang lebih banyak kamu bisa meng-upgrade ke Premium dengan biaya bulanan. Ada juga fitur lapisan kedua yang disebut Premium Plus kalau kamu butuh.

Fitur Aplikasi:

  • Penasihat Sistem yang sudah kedaluwarsa
  • Fitur anti-pencurian
  • Menemukan ponsel Hilang
  • Membunyikan alarm jarak jauh


Fitur Premium:

  • Perlindungan Wi-Fi
  • Laporan pelanggaran dan solusi untuk melindungi data
  • Peringatan pencurian
  • Melindungi identitas pribadi atau keuangan
  • Memeriksa Nomor Jaminan Sosial untuk mendeteksi terjadinya aktivitas penipuan
  • Memonitor akun media sosial
  • Layanan pemulihan identitas
  • Asuransi pencurian identitas pihak ketiga
  • Dukungan jika dompet hilang


Kelebihan:

  • Interface yang sangat bagus dan indah masih tetap mudah digunakan
  • Daftar fiturnya cukup lengkap di versi gratis


Kekurangan:

  • Harga fitur yang relatif mahal di versi premium dan premium+
  • kadang dukungan teknisnya tidak selalu sesuai standar
  • Ada fitur yang bermasalah kompatibilitas


5. MobiShield

yang terakhir kamu bisa pilih instal MobiShield. aplikasi antivirus ini dilengkapi dengan sejumlah fitur tambahan yang tidak ada pada aplikasi antivirus lainnya.

salah satunya adalah dalam pemantauan sumber daya sistem. MobiShield mamungkinkan kamu untuk menggabungkannya ke dalam antivirus sekaligus.

MobiShield juga menjadi aplikasi antivirus gratis yang mendapat review yang bagus.

Fitur Aplikasi:

  • Cadangkan dan pulihkan kontak iPhone
  • Memantau penggunaan baterai dan memori
  • Melacak penggunaan data seluler
  • Enkripsi file Penting
  • Pemindaian Wi-Fi


Kelebihan:

  • Bisa memantau sumber daya sistem dengan mudah
  • Fitur Enkripsi file yang jarang ditemukan


Kekurangan:

  • Interface yang berantakan dan tidak mudah digunakan
  • Memberikan informasi teknis yang sulit dimengerti


C. Kalau Serangan Virus Dibiarkan, Ini Akibatnya

virus yang masih sedikit atau masih baru masuk ponsel, biasanya tidak terlalu ganas. tapi kalau dibiarkan, lama-lama virus ini akan bikin onar dan akan merugikan pemilik ponsel.

karena virus juga bisa berkembang biak dalam ponsel menjadi lebih banyak, lebih kuat dan lebih berbahaya. berikut ini adalah beberapa akibat yang bisa terjadi kalau virus dibiarkan saja:

1. Merusak atau menghapus data

virus yang sudah lama di ponsel biasanya akan menyerang file-file yang di simpan di memori. baik memori internal ataupun eksternal. file-file yang terkena umumnya akan erorr, tidak bisa dibuka atau bahkan hilang sama sekali.

2.Instal Aplikasi Sendiri

virus juga bisa menginstal aplikasi sendiri meskipun kamu tidak menginstalnya. biasanya aplikasi yang baru diinstal ini juga akan mendatangkan jenis virus lain yang lebih berbahaya.

3. Pencurian data

virus juga terkadang dimanfaatkan oleh hacker untuk mencuri data dari pengguna yang terinfeksi. kalau kamu menyimpan data penting di ponsel kamu, sebaiknya kamu waspadai gejala-gejala serangan virus seperti yang sudah dibahas di atas.

4. Ponsel sangat lemot dan baterai cepat habis

virus yang sudah berkembang banyak di ponsel akan terus-menerus bekerja tanpa disuruh. akan ada banyak kegiatan mencurigakan yang berjalan di latar belakang. oleh karena itu ponsel yang sudah parah biasanya terasa lemot banget. 

selain itu, ponsel juga akan sering kehabisan baterai lebih cepat karena kinerjanya juga bertambah oleh virus-virus tadi.

Akhir Kata

itulah ulasan tentang Antivirus Gratis Terbaik untuk iOS yang bisa Area Fokus sampaikan pada pembahasan kali ini. kamu bisa juga memilih antivirus lain seperti Esset Security atau 360 Security yang juga memiliki kinerja yang tak kalah ampuh.

semoga bermanfaat dan sampai jumpa di next post. jangan lupa share artikel ini kalau bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Antivirus Gratis Terbaik untuk iOS"

Berlangganan via Email