WAR!! Apple Musik vs Google Musik vs Spotify, Mana yang Terbaik?

Apple Musik vs Google Musik vs Spotify

Apple Musik vs Google Musik vs Spotify komparasi aplikasi musik premium berbayar yang paling banyak diminati saat ini. cocok banget buat kamu yang suka dengerin musik dengan kualitas tertinggi.

3 aplikasi di atas memang terkenal menawarkan kualitas audio HQ yang bisa memanjakan telinga. tapi selama beberapa dekade belakangan ini aplikasi musik atau situs streaming musik yang berbayar sudah menurun.

apalagi di Indonesia, yang berbayar kebanyakan selalu dihindari. betul kan? betul betul betul..

banyak orang yang beralih pada aplikasi musik yang gratis seperti Youtube dan pandora. apalagi di youtube, hampir semua musik bisa dinikmati dengan mudah dan gratis. ya, meskipun ada saja iklan yang mengganggu. 

tapi, kalau kamu pingin dengerin musik yang bebas iklan, kamu bisa menggunkan aplikasi streaming musik yang berbayar.

hmm.. kalau saat ini ada 3 aplikasi streaming musik legal berbayar yang paling baik. Apple Music, Spotify, dan Google Play Music seperti yang saya katakan tadi.

memang ada banyak aplikasi berbayar yang bisa kamu gunakan untuk menikmati kualitas tinggi. youtube juga bisa tanpa iklan dengan berbayar, tapi, kalau untuk masalah kualitas musiknya, 3 aplikasi ini masih menempati posisi yang terbaik saat ini.

nah, pada pembahasan kali ini kita akan simak mana yang terbaik: 

Apple Musik vs Google Musik vs Spotify 

kalau kamu sendiri pilih yang mana?

apple music vs spotify sound quality, apple music vs spotify indonesia, kualitas suara apple music vs spotify, tidal.

oke, kita lihat lebih lengkapnya di bawah ini..

Apple Musik vs Google Musik vs Spotify

1. Harga dan Jumlah Daftar Lagu

ini bagian yang penting. kalau kamu sudah membayar sekitar $ 10 per bulan untuk menggunakan aplikasi masing-masing, fitur apa saja yang bisa kamu nikmati dari ketiga aplikasi ini.

apas aja lagu legal yang bisa kamu putar? bisa dibilang ketiganya memiliki daftar lagu yang cukup lengkap mulai dari lagu lawas sampai terbaru.

Google Music

Google Music yang pertama kali diluncurkan pada 2013 saat ini sudah punya lebih dari 40 juta lagu. Selain itu, kalau kamu juga menjadi musisi kamu juga bisa lho mengunggah lagu kamu ke aplikasi ini untuk didengarkan orang lain. kuota yang akan kamu dapatkan sebesar 50.000 lagu yang bisa kamu unggah.

kamu juga akan dapat membuka YouTube Red bundle, yang merupakan youtube premium dengan satu akun berharga $ 9,99. aplikasi ini juga memberikan diskon untuk keluarga dengan jumlah enam anggota dan biayanya $ 14,99.

tapi sejak Mei 2018, Google mengumumkan layanan streaming musik terbarunya YouTube Music . dan Google telah mengkonfirmasi bahwa YouTube Music akan menggantikan Google Play Music di tahun 2019-an.

tapi tenang saja, YouTube Music juga menyertakan semua fitur dari Google Play Music kok, termasuk cara untuk mengunggah lagu dan lainnya.

Spotify

aplikasi Spotify ini pertama kali diluncurkan pada 2008. saat ini spotify sudah punya daftar lagu lebih dari 35 juta yang bisa diputar oleh pengguna. di awal 2016, aplikasi ini menambahkan fitur videodan podcast.

spotify menjadi aplikasi musik yang populer di tahun lalu. tercatat sebanyak 75 juta orang yang sudah berlangganan dan ada sekitar 170 juta pengguna yang mencoba versi trial.

sebelumnya Spotify dibandrol dengan harga $ 9,99 untuk satu akun. tapi sekarang Spotify sudah memberikan bandrol harga yang sama dengan Google Play Music dan Apple Music yakni $ 14,99 per bulan yang bisa digunakan oleh enam anggota keluarga.

kalau kamu masih siswa, ada kabar baiknya nih. Spotify akan memberikan kamu diskon 50%. selain itu kamu juga bisa memakai aplikasi ini secara gratis dengan beberapa iklan.

Apple Music 

kalau Apple Music resmi diluncurkan (seperti saat ini) pada tahun 2015. di sisi daftar lagu Apple Music sudah punya lebih dari 40 juta lagu yang bisa kamu putar.

kamu juga bisa lho mengunggah lagu kamu di aplikasi ini sampai 100.000 lagu ke iCloud. hal ini pas banget buat kamu yang menjadi musisi dan sudah koleksi banyak lagu, mending kamu upload saja.

setiap lagu bisa memiliki ukuran file sampai 200MB. kalau kamu membeli lagu di iTunes musiknya juga akan tersedia di aplikasi ini. Apple juga memiliki stasiun radio langsung 24/7 yang memainkan semua jenis konten termasuk musik live, wawancara, dan lainnya. 

harga dari satu akun sebesar $ 9,99 dan paket keluarga biaya $ 14,99 hingga enam orang sama seperti dua aplikasi sebelumnya. Apple Music tidak punya aplikasi versi gratis yang bikin beda dengan aplikasi sebelumnya.

Kesimpulan

kalau kita lihat di daftar lagu dan harganya, ketiga aplikasi ini punya layanan yang hampir sama dan terbilang lengkap untuk pengguna seluler atau komputer.

Namun, Apple Music memiliki kompatibilitas atau fitur seluler yang paling buruk.

Spotify dan Google Play Music masih memberi kompatibilitas atau fitur tambahan pada hampir semua hal di browser web.

di Apple Music yang kamu buka lewat situs web Apple Music tools, kamu tidak bisa membuka katalog, membuat daftar putar atau melihat lagu yang sedang populer.

kalau dipilih dari ketiganya, Google Play Music atau Youtube Red adalah yang terbaik. karena mamiliki daftar lagu yang lebih lengkap dan layanan serta fitur tambahan lain yang lebih lengkap dan memuaskan

2. Tampilan

selanjutnya kita akan melihat tampilan dari masing-masing aplikasi. hmm.. kira-kira yang mana ya yang terbaik untuk hal ini?

tampilan juga penting untuk memberikan kemudahan bagi pengguna. bukan cuma bagus, tapi semakin mudah digunakan maka akan memberikan rating apliaksi yang lebih baik.

Google Play Music

Apple Musik vs Google Musik vs Spotify

Google Play Music menggunakan jenis Material Design. desain ini akan memberikan kamu tampilan yang cerah, penuh warna, dan menyenangkan. kalau kamu membuka slide out, kamu akan disambut dengan Listen Now, Top Charts, Rilis Baru, My Library, Browse Stations, dan Pengaturan.

apa saja gunanya?

kamu bisa melihat musik populer terbaru dengan fitur Top Charts, konten hangat dengan fitur Rilis Baru, perpustakaan, stasiun radio. kalau kamu ingin mencari lagu kamu bisa menemukan tombol pencarian di sudut kanan atas.

kalau kamu buka My Library tampilannya dipecah menjadi banyak bagian. kamu akan menemukan daftar putar, stasiun yang sebelumnya didengarkan, dan perpustakaan musik yang dipecah berdasarkan genre, artis, album, dan masing-masing lagu.

kalau masih pemula mungkin kamu sedikit kesulitan bisa dibilang aplikasi musik ini memiliki tampilan yang nggak begitu sederhana.

kalau kamu lagi memutar musik, pemutar musik kamu bisa mengakses dengan swip down di tempat notifikasi atau menampilkan kotak di bawah.

Spotify

Apple Musik vs Google Musik vs Spotify

untuk tampilan Spotify memiliki desain yang mirip dengan Google Play Music. sperti slide-out kiri dan kemudian memilih kategori. tapi Spotify memiliki desain yang lebih sedikit dan jelas. hal ini yang membikin aplikasi ini lebih mudah digunakan.

dari halaman perpustakaan kamu bisa menggunakan menu geser untuk pergi ke Cari, Browse, Radio, dan kemudian kembali ke Perpustakaan.

ada Fitur Browse yang merupakan kumpulan beberapa fitur seperti Charts Top di Google Play, Rilis Baru, dan Listen Now. ada artis baru, artis populer, dan berbagai hal yang bisa kamu coba.

kamu juga dapat mengakses konten podcast dan video dengan mengeklik opsi Pertunjukkan. desain ini membikin pengguna lebih mudah menemukan konten baru.

Apple Music

Apple Musik vs Google Musik vs Spotify

kalau kita lihat keselurah Apple Music juga nggak jauh beda dari dua aplikasi lainnya. navigasinya juga mirip, dengan menu geser ke kiri untuk sebagian besar navigasi. ada akses ke bagian Baru, Radio, Hubungkan, Daftar Putar, dan Musik Saya langsung dari menu sisi kiri.

setiap bagian kontennya ditampilkan cukup jelas dan sederhana. yang paling nggak nyaman adalah aplikasi ini sangat bergantung pada tombol kembali perangkat dan beberapa halaman memiliki tombol kembali di layar sementara yang lain tidak ada.  ini membikin pengalaman penggunaan aplikasi yang kurang nyaman.

tampilan pemutar musik juga seperti pada aplikasi musik lainnya. kau akan menemukan kontrol yang sama dengan aplikasi lainnya, hanya dalam konfigurasi saja yang sedikit berbeda. 

Kesimpulan

secara garis besar, ketiga aplikasi ini punya tampilan yang sangat bagus. kalau masalah paling cantik, Google Play Music jelas punya desain antarmuka yang paling bagus, tetapi ini sedikit menyulitkan pengguna.

Apple Music punya antarmuka yang kuat, tetapi desainnya masih kuno dan tombol kembali yang membikin rasanya seperti terputus-putus.

kalau masalah penggunaan, Spotify punya keseimbangan navigasi yang sempurna. Spotify memiliki tampilan yang sederhana dan efisien, tetapi mencolok, modern, dan menyenangkan.

kalau dipilih dari ketiganya, pengalaman menggunakan Spotify akan lebih baik dari yang lainnya.

3. Daftar Putar

Ketiga aplikasi ini menawarkan kemampuan untuk membuat daftar putar atau menambahkan daftar putar yang telah dibuat sebelumnya. fitur ini juga penting kamu lihat karena akan menentukan bagaimana kamu akan mendengarkan musik pada layanan ini di daftar putar.

Google Play Music

Google Play Music memungkinkan kamu membuat daftar putar sendiri dengan sederhana. kalau kamu sudah cari lagu maka kamu tinggal menambahkannya ke daftar putar. fungsi daftar putar ini juga bisa diperluas ke YouTube dan bisa kamu putar berulang-ulang tanpa gangguan seperti iklan atau aplikasi musik lainnya.

aplikasi ini nggak cuma memungkinkan kamu menemukan daftar putar berdasarkan genre, tetapi Google Play Music juga punya daftar putar untuk berbagai suasana hati dan kegiatan. 

Spotify

daftar putar Spotify hampir sama dengan Google Play Music. kamu bisa membuat daftar putar sendiri dengan menjelajahi lagu dan menambahkannya. kamu juga bisa berbagi daftar putar dengan teman-teman dengan mengimpor daftar putar yang dibuat orang lain.

daftar putar Spotify sangat baik. ada pemilihan berdasarkan genre dasar yang mirip dengan Google Play Music tetapi kelebihannya di Spotify kamu akan menemukan banyak opsi. 

Apple

bisa dibilang Apple Music memiliki daftar putar self-made yang terbaik dibanding lainnya. ketika kamu menambahkan lagu ke daftar putar di Apple Music ini, aplikasi akan secara otomatis menambahkan lagu itu ke perpustakaan juga.

hal ini masih belum kamu temukan di dua aplikasi lainnya. karena kamu masih harus menambahkan lagu lagi ke daftar putar dan perpustakaan.

Apple Music menggunakan sistem genre yang lebih sedikit daripada Spotify. ada juga radio Beats One yang cukup menyenangkan yang ada musik live, siaran langsung radio, wawancara, dan lainnya. 

Kesimpulan

kalau dipilih dari ketiganya, Google Play Music memiliki rating yang lebih baik daripada yang lain. ada banyak sekali daftar putar yang berinteraksi dengan aplikasi Play Music dan di YouTube.

Apple Music punya daftar putar buatan pengguna terbaik dan Beats One menawarkan pengalaman unik yang menyenangkan tapi masih kurang kalau dibanding dengan Google.

4. Fitur Tambahan

Masing-masing aplikasi ini punya fitur unik selain streaming musik. ada banyak fitur yang bisa kamu temukan dalam 3 aplikasi ini seperti kemampuan menyimpan musik dan mendengarkannya offline. untuk selengkapnya kita simak pembahasan berikut ini.

Google Play Music

Google Play Music punya segudang fitur tambahan yang menarik. Salah satunya adalah YouTube Red. aplikasi ini punya fitur tambahan di aplikasi YouTube Music, menawarkan video YouTube bebas iklan, dan memungkinkan kamu mendengarkan video YouTube dengan layar mati.

Spotify

Spotify punya beberapa saja fitur tambahan. salah satunya adalah kontrol musik yang mudah seperti crossfade. ada dukungan notifikasi dan kontrol yang lebih baik sehingga kamu bisa mendapat notifikasi ketika artis atau album baru Spotify-nya.

hubungan dengan media sosial seperti Facebook juga jauh lebih mudah. dan fitur-fitur lain seperti klip Jimmy Fallon dan Epic Rap Battles of History bersama dengan podcast seperti The Nerdist dan berbagai podcast oleh HowStuffWorks.

Apple

Apple Music bisa dibilang kalah jauh dari pesaing-pesaingnya dan perlu untuk ditingkatkan selama bertahun-tahun.

Kesimpulan

sebenarnya ini bagian yang nggak terlalu penting sih. kalau dipilih dari ketiganya, kita bisa memilih google play music yang sudah punya banyak fitur yang lebih banyak dan bermanfaat.

5. Pemenangnya adalah?

jadi, kalau rekomendasi keseluruhan mana nih yang lebih baik. kalau kita lihat, 3 aplikasi streaming musik besar ini punya kelebihannya. jadi, sebenarnya kamu tinggal pilih saja mana yang paling kamu butuhkan dari fitur-fitur dasar yang sudah kita bahas tadi.

atau kamu juga bisa memilih fitur tambahan sebagai pertimbangan. namun kalau dilihat secara keseluruhan maka kesimpulannya adalah berikut ini.

Apple Music vs Spotify vs Google Play Music?

Pemenang: Google Play Music
Tempat kedua: Spotify
Tempat ketiga: Apple Music

setelah melihat banyak fitur dasar mulai dari pustaka lagu, tampilan dan daftar putar memang masing-masing aplikasi punya plus dan minus masing-masing. tapi kalau dinilai secara keseluruhan Google music masih lebih unggul dibanding dengan lainnya.

Google Music memberikan pengalaman yang lebih berasa ketika kamu memutar musik dan ada dukungan tambahan lain seperti youtube red yang nggak mungkin ditemukan di aplikasi lainnya.

tapi kamu juga bisa memilih apple musik atau spotify sebagai alternatif bserikutnya dengan kelebihan di bagian masing-masing. Jangan lewatkan juga ulasan tentang Aplikasi Musik Wajib untuk Para Musisi, Paling Keren.

itulah ulasan tentang Apple Musik vs Google Musik vs Spotify. semoga dapat membantu dan sampai ketemu lagi di post selanjutnya yang lebih seru. 

0 Response to "WAR!! Apple Musik vs Google Musik vs Spotify, Mana yang Terbaik?"

Posting Komentar