Cara Menentukan Arah Kiblat di HP, Langsung Ketemu!

Cara Menentukan Arah Kiblat di HP yang bermanfaat banget ketika kamu sedang berada di lokasi yang asing dan nggak tahu arah kiblat.

buat apa sih, kan ada musholla atau masjid yang bisa dihampiri?

iya juga sih, kalau kamu lagi jalan-jalan ke suatu kampung atau yang ramai manusianya kamu bisa memanfaatkan masjid ataupun mushola untuk mencari arah kiblat. atau tanya pada orang sekitar.

Cara Menentukan Arah Kiblat

tapi, gimana kalau kamu lagi muncak, ke gunung yang pasti jarang menemui orang? atau di lokasi yang mayoritas masyarakatnya bukan muslim seperti banyak di negara lain?

nah, kali ini Area Fokus akan memberikan tips bagaimana cara untuk menentukan arah kiblat di HP kamu gaes. jadi kamu nggak perlu bingung lagi mencari arah kiblat di mana pun kamu berada.

sebagian besar orang atau traveller yang cari arah kiblat menggunakan cara menentukan arah kiblat di HP, cara menentukan arah kiblat dengan google map, arah kiblat online google, cara menentukan arah kiblat dengan kompaspenunjuk arah kiblat online, arah kiblat online gps, cara cari arah kiblat guna google maps.


cara ini penting banget kamu ketahui apalgi kalau kamu sering traveling ke daerah yang jarang ada masjid atau manusia seperti gunung, hutan, atau luar negeri.

karena teknologi juga semakin maju, maka kamu nggak perlu susah payah untuk mencari dimana arah kiblat. ya, meskipun kamu lagi di tempat yang masih 'alas'.

oke mari kita lihat beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menentukan arah kiblat.

Cara Menentukan Arah Kiblat di HP

Nggak semua orang mengetahui cara untuk menentukan arah kiblat di HP ini gaes, padahal sebenarnya cara ini dapat dilakukan dengan mudah.

untuk lebih mudahnya kita bisa menggunakan bantuan aplikasi yang bisa kita download gratis di goole play. sekarang, hampir samua kebutuhan teknologi sudah tersedia aplikasinya.

selain itu, kamu juga bisa lho menentukan arah kiblat tanpa bantuan aplikasi. cara yang satu ini juga akan kita ulas pada bagian akhir artikel, jadi baca sampai tuntas ya..

Menentukan Arah Kiblat dengan Aplikasi

kalau kamu lihat di play store atau app store, kamu akan menemukan banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk menentukan arah kiblat seperti ini. Baca selengkapnya tentang aplikasi kompas paling akurat

dan memang banyak sekali developer aplikasi yang sudah mengembangkan aplikasi yang memudahkan pengguna Android ataupun iOS untuk lebih mudah dalam beribadah.

kita bisa menginstal salah satu saja, kali ini kita akan menggunakan dua aplikasi yang sering digunakan yakni Muslim pro dan Qibla Finder.

bagaimana cara menggunakannya, mari kita lihat satu per satu..

1. Aplikasi Muslim Pro, Begini cara menggunakannya

yang pertama kamu bisa gunakan aplikasi Muslim Pro, aplikasi ini tersedia gratis di play store. so, tinggal kamu instal saja aplikasinya.

kalau sudah terinstal, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menentukan arah kiblatnya.

Pertama, buka aplikasinya.

kalau kamu sudah instal aplikasi muslim pro di HP kamu, maka sekarang kamu buka aplikasinya. ada banyak fitur yang bisa kamu temukan disini. kita lanjut ke langkah berikutnya,

Kedua, cari fitur "Locate Me".

fitur ini digunakan untuk mengetahui dimana lokasimu sekarang. makannya aplikasi ini akan meminta izin akses lokasi di ponsel kamu. kalau GPS belum, hidup aplikasi ini juga akan meminta kamu untuk menghidupkannya.

izinkan saja semuanya.

Kedua, Masuk ke menu Qibla
Cara Menentukan Arah Kiblat

dalam aplikasi ini ada fitur yang namanya qibla,  selanjutnya masuk Qibla dan tunggu sebentar. aplikasi ini akan otomatis mencarikan arah kiblat buat kamu. dan ketemu!

mudah banget kan?

aplikasi ini juga terbilang aplikasi ibadah yang cukup lengkap. selain untuk menentukan arah kiblat, kamu juga bisa memanfaatkan fitur-fitur lain seperti mengatur notifikasi jadwal shalat.

fitur ini juga penting buat orang yang sibuk sampai lupa waktu. dan masih banyak lagi fitur-fitur lain dari muslim pro yang bisa membantu ibadah kamu lebih mudah.

atau kamu bisa memilih aplikasi yang kedua berikut ini

2. Aplikasi Qibla Finder, Begini cara menggunakannya

aplikasi ini juga mudah digunakan untuk menentukan arah kiblat. kamu juga bisa langsung instal aplikasi ini melalui play store. silahkan ikuti step by step penggunaan aplikasinya berikut ini:

Pertama, Download dan Install aplikasi Qibla Finder

setelah kamu instal, aplikasinya akan meminta izin akses lokasi untuk menemukan lokasi kamu berada. silahkan izinkan saja.

Kedua, pilih ikon panah > done

setelah kamu membuka aplikasinya, kamu pilih ikon gambar panah dan klik done. lalu ikuti langkah ke tiga ini,

Ketiga, Cek arah kiblat
Cara Menentukan Arah Kiblat

setelah kamu klik arah kiblat maka aplikasi ini akan mencarikan arahnya buat kamu secara otomatis.

mudah juga bukan?

selain itu, kamu juga bisa melihat seberapa jauh jarak lokasi kamu dengan ka'bah. wah, seberapa dekat kamu jalan-jalan dngan ka'bah gaes?

nah, itulah bagaimana cara menentukan arah kiblat di hp dengan bantuan aplikasi. tentunya cara ini lebih mudah karena kita sudah disiapkan fitur-fitur dari aplikasi untuk menentukan arah kiblat dan fitur ibadah lainnya.

tapi kalau kamu mungkin hemat memori internal atau hemat RAM dan nggak pingin instal aplikasi, kamu juga bisa kok menentukan arah kiblat di hp tanpa aplikasi. kamu bisa simak selengkapnya pada pembahasan berikut ini,

Menentukan Arah Kiblat Tanpa Aplikasi

Kecanggihan teknologi yang berkembang juga memungkinkan kamu untuk menentukan arah kiblat di hp tanpa menggunakan aplikasi tambahan. cukup dengan ponsel kamu doang kamu sudah bisa melakukannya.

Kamu bisa memanfaatkan situs online disediakan oleh Google untuk penunjuk arah kiblat online bernama Qibla Finder.

caranya juga cukup mudah, nggak kalah mudahnya dengan pakai aplikasi. kamu cukup buka browser saja dan cari situs ini lalu kamu ikuti langkah berikut ini:

Pertama, Buka browser dan kunjungi situs Qibla Finder

kamu bisa menggunakan browser bawaan seperti google chorme atau browser lainnya seperti UC, Mozilla, dan lainnya.

situs ini akan meminta izin akses lokasi untuk menemukan lokasi kamu berada. jadi, kamu izinkan saja.

Kedua, Temukan arah kiblat

Cara Menentukan Arah Kiblat

setelah kamu memberikan izin lokasi maka situs ini akan otomatis mencari arah kiblat. di layar HP kamu akan muncul seperti kompas.

ada sebuah bulatan putih dan ada lingkatan, untuk menentukan arah kiblat pastikan bulatan putih tersebut ada di dalam linkgaran. 

kalau muncul penanda berwarna biru maka itu adalah arah kiblat.

gampang banget kan?

tapi,

mungkin kamu punya pendapat atau pikiran seperti ini:

tapi kan ada matahari yang bisa digunakan sebagai kompas?
jadi nggak perlu smartphone deh.

cara menentukan arah kiblat dengan matahari

sebenarnya kamu juga bisa memanfaatkan matahari untuk menentukan arah kiblat. tapi jarang yang menggunakan cara ini karena terlalu ribet dan tidak selalu berhasil. tapi kalau kamu pingin tau cara menentukan arah kiblat caranya begini:

Rumusnya, matahari terbit di timur dan tenggelam di barat.

dan ini juga melihat posisi lokasi kamu dengan ka'bah. kamu berada di posisi sebelah mananya.

jadi, caranya kamu lihat dulu posisi matahari itu di mana. kalau semisal matahari ada di timur alias masih pagi hari, ketika kamu masih di wilayah Indonesia, maka arah kiblatnya ada berlawanan dengan matahari dan agak ke kanan sedikit.

begitu juga sebaliknya, kalau matahari di sebelah barat alias sudah sore, maka arah kiblat mirip dengan arah matahari tapi agak ke kanan sedikit untuk wilayah Indonesia.

kalau kamu berada di Negara lain, kamu juga bisa melakukan hal yang sama.

kamu bisa menggunakan matahari sebagai kompas untuk menentukan arah kiblat. tapi ada beberapa kondisi yang nggak memungkinkan kamu menggunakan matahari. diantaranya adalah sebagai berikut:

Alasan matahari tidak selalu bisa menentukan arah kiblat

Pertama, Cuaca mendung.

alasan pertama adalah mendung yang menjadikan matahari jadi nggak terlihat. kalau kita menggunakan matahari sebagai penentu kiblat, maka kalau cuaca lagi tidak mendukung seperti mendung yang gelap, kita nggak bisa melihat posisi matahari ada dimana.

Kedua, Malam hari.

alasan kedua adalah malam hari. ini sudah jelas kan?

kalau kamu lagi jalan-jalan di suatu tempat ketika malam hari, maka matahari nggak mungkin bisa dilihat untuk menentukan arah kiblat.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa Cara Menentukan Arah Kiblat dengan mudah yang bisa kamu lakukan.

kalau kamu punya cara lain kamu bisa memberikan pendapatmu di kolom komentar gaes. sekian dulu pembahasan artikel kali ini dan sampai ketemu lagi di post selanjutnya.

jangan lupa share artikel ini kalau memang bermanfaat.

0 Response to "Cara Menentukan Arah Kiblat di HP, Langsung Ketemu!"

Posting Komentar