10 Keahlian Teknologi Paling Dicari oleh UKM, Kamu Pasti Punya Salah Satu

Keahlian Teknologi Paling Dicari, perkembangan UKM di Indonesia beberapa masa belakangan ini berkembang sangat pesat. banyak banget yang sudah mulai membuka sendiri dan membangun bisnis mereka. ada yang memulai sendirian ada pula yang bekerjasama dengan teman-temannya.

kalau kamu gimana? lebih suka jadi usahawan atau karyawan?

Keahlian Teknologi Paling Dicari

seiring dengan berkembangnya Usaha Kecil dan Menengah (UKM) banyak pebisnis yang membutuhkan tenaga ahli yang punya skill di bidang teknologi. mulai dari pebisnis kecil sampai yang sudah punya perusahaan yang besar.

nah, apa saja ya skill yang paling dicari?
simak sampai pembahasan akhir ya, siapa tahu kamu punya salah satunya gaes..

media sosial LinkedIn memberikan informasi terbaru kalau Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia sedang memburu para profesional yang memiliki skill atau keterampilan di bidang teknologi.

banyak perusahaan akan merekrut besar-besaran kalau menemukan orang yang memiliki skill teknologi ini.

mengapa?

banyak perusahaan yang ingin meningkatkan daya saing mereka dengan memanfaatkan cara-cara terbaru di zaman milenial.

banyak perusahaan yang sibuk mempersiapkan datangnya Industri 4.0 yang sedang berlangsung mulai dari beberapa tahun lalu. oleh karena itu, mereka membutuhkan orang-orang yang punya keterampilan di bidang teknologi sebagai langkah awalnya.

kalau gaya bisnis dan usahanya masih jadul kemungkinan besar perusahaan tersebut akan kalah saing dan cepat bangkrut.

Hal ini sejalan dengan perkembangan transformasi teknologi digital yang sedang berlangsung di tanah air yang semuanya serba online. kamu juga perlu tahu bagaimana Membangun Toko Online dengan 7 Langkah Sukses.

Jadi nggak heran kalau para profesional muda Indonesia yang bekerja di sektor UKM juga mencari peluang pembelajaran dan pengembangan baru untuk strategi bisnis mereka. terutama dalam meningkatkan keterampilan usaha di bidang teknologi karena memang lagi jamannya.

ada 10 skill atau keterampilan yang berkaitan dengan teknologi yang paling dicari oleh UKM Indonesia. kalau kamu punya skill-skill berikut ini kamu berpeluang besar untuk menjadi tenaga ahli di suatu perusahaan.

Data dari LinkedIn Mengatakan Begini

Managing Director Asia-Pacific LinkedIn Olivier Legrand, menuliskan keterangannya begini. "Kami lihat minat belajar yang tinggi pada para karyawan UKM Indonesia. hampir 60 juta UKM di Indonesia, menjadikan pasar negara ini begitu kompetitif bagi para pemilik UKM untuk merekrut tenaga kerja yang tepat agar menjadi bagian dari tim mereka,"

Dia juga menambahkan, karyawan-karyawan UKM juga dapat membagikan berbagai pembelajaran dan peluang yang sedang berkembang selain bersikap terbuka tentang aspirasi serta membina hubungan yang tulus.

UKM akan memburu dan merekrut tenaga kerja yang tepat karena mereka dapat memperoleh banyak manfaat dari proses perekrutan yang lebih matang.

10 Keahlian Teknologi Paling Dicari

1. Pembuat Konten Kreatif

atau sering disebut, Creative content creation.

pekerjaan utamanya adalah membikin konten. tentunya konten-konten yang menarik. Content creator adalah bagian dari tim kreatif seprti penulis, ilustrator, fotografer, dan sebagainya.

kalau sekarang konten-konten yang banyak dilirik oleh masyarakat seperti Youtube dan Media sosial seperti Instagram maka pembuat konten ini akan membikin video atau foto yang menarik dan kreatif.

diantara tugas pembuat konten adalah: 

1. Mengumpulkan ide, data, dan melakukan riset untuk bahan membuat konten

2. Menghasilkan konten yang sesuai dengan branding perusahaan

3. ada tujuan konten seperti promosi, edukasi, menghibur atau memberi informasi

4. Menyesuaikan konten dengan platform

5. Mengevaluasi konten yang telah dibuat dan diluncurkan 

2. Analitik Big Data

yang kedua adalah kehalian dalam bidang meneliti data. kalau kamu suka menganalisa kemungkinan kamu punya keahlian ini gaes.

tugas dari peneliti data adalah meneliti dan memeriksa data mentah untuk mendapatkan kesimpulan yang akurat berdasarkan data yang telah dikumpulkan. lalu kesimpulan disesuaikan dengan pertanyaan atau masalah yang ada.

seperti rata-rata waktu pengunjung di website Atau seperti barang-barang yang kemungkinan besar dibutuhkan oleh setiap pengunjung.

3. Visualisasi Data

sebenarnya ini adalah lanjutan dari skill nomor dua. setelah peneliti mengumpulkan data seakurat mungkin, langkah berikutnya adalah membikin data tersebut lebih mudah dipahami.

Visualisasi data bisa dibilang sebagai komunikasi visual yang modern. Tujuan utama dari visualisasi data ini adalah untuk mengkomunikasikan informasi secara jelas dan efisien salah satunya adalah menggunakan grafik informasi.

4. Pengambil Keputusan

kalau sudah data terkumpul dan diinfokan dengan jelas, maka akan muncul beberapa, mungkin juga banyak cara alternatif yang bisa diambil oleh pebisnis. 

Pengambilan Keputusan bertugas untuk memilih keputusan mana yang diambil dari beberapa alternatif.

5. Interaksi Manusia-komputer

atau biasa disingkat dengan HCI (human computer interaction). keahlian ini adalah mendalami dan mempelajari hubungan antara manusia dan komputer mulai dari perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia.

6. Pembuat Aplikasi Smartphone

atau biasa disebut dengan mobile app developer. keahlian ini juga menjadi salah satu yang paling dicari. bahkan banyak perusahaan Startup berani membayar mahal seorang Mobile App Developer yang memiliki kemampuan programming handal.

kalau kamu ahli di bidang coding, kamu sangat cocok untuk mengambil pekerjaan di bidang ini. 

7. Media sosial

kalau yang satu ini mungkin nggak perlu dijelasin. dan kayaknya keahlian di bidang media sosial ini hampir dimiliki semua orang.

keahlian menggunakan media sosial juga menjadi salah satu keahlian yang dicari lho. skill ini bisa digunakan untuk menggenjot pemasaran online dan membikin audiens lebih mengenal perusahaan.

8. User experience design

atau sering disingkat dengan UX Design. keahlian bidang ini bertugas untuk meningkatkan kepuasan pengguna. bisa kepuasan dalam menggunakan aplikasi atau mengunjungi website.

semakin banyak interaksi antara pengguna dan produk yang terjadi maka akan semakin baik.

9. UX research

sebenarnya ini adalah keahlian yang harus bekerja sama dengan UX Design. karena tugasnya adalah membantu perusahaan dalam cakupan user experience, jadi sawah yang digarap oleh keduanya sama saja.

keduanya bisa bekerjasama menemukan jalan terbaik untuk permasalahan atau fakta UX, memahami kebutuhan atau pengalaman pengguna, sampai hasil akhir yang siap digunakan perusahaan.

10. Web development

yang terakhir adalah Web Development. keahlian ini akan memaksimalkan kerjanya di bidang website. kalau kamu ahli di bidang coding, kamu sangat cocok untuk mengambil pekerjaan di bidang ini. 

kamu akan berkarya dalam pembuatan suatu website, menciptakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Akhir Kata

itu tadi Keahlian Teknologi Paling Dicari hari ini. apakah kamu punya lebih dari satu? kemungkinan besar kamu bisa menjadi ahli di suatu perusahaan.
sekian dulu semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi di post selanjutnya. jangan lupa share artikel ini kalau bermanfaat.

0 Response to "10 Keahlian Teknologi Paling Dicari oleh UKM, Kamu Pasti Punya Salah Satu"

Posting Komentar