Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membangun Toko Online dengan 7 Langkah Sukses

Membangun Toko Online

Membangun Toko Online menjadi cabang bisnis yang dikembangkan karena bisnis ini menjanjikan peluang yang sangat besar.

tapi sebagian besar orang yang punya impian menjadi Entrepreneurship atau Pengusaha, mereka bingung memulai sebuah bisni dari mana. nggak tahu tahapan apa yang harus dilakukan dan dilalui untuk membuat bisnisnya jadi sukses. termasuk bisnis toko online.

ada kata-kata yang bagus begini:

dengan 'memulai' separuh pekerjaan sudah selesai.

jadi kamu tinggal mulai saja apa ide yang muncul di kepalamu dan rencana-rencananya. lalu mulai lagi dan mulai lagi.

nantinya kamu akan bisa sendiri mengindentifikasi tahapan atau proses yang harus dilakukan untuk membuat bisnis kamu berkembang. strategi mana yang harus kamu pilih. karena tiap bisnis memiliki strategi yang berbeda.

oleh karena itu kadang-kadang sebuah industri yang sama sekali baru memang sangat sulit untuk mengetahui roadmap yang jelas untuk membuat bisnis tersebut cepat berhasil. ibaratnya kalau kamu sedang memasuki hutan, kamu masih 'babat alas' atau membuka jalan baru yang belum pernah dilalui.

dan memang itulah tugas seorang Entrepreneur atau Owner dari suatu bisnis. kamu harus mengetahui langkah-langkah strategi dengan cepat sebelum didahului oleh orang lain.

Nah, kalau di bidang industri toko online atau online shop (Olshop) tahapan yang perlu dilakukan untuk sukses sudah cukup jelas. karena bisnis ini sudah berkembang sejak lama mulai tahun 1994. saat  itu mulai munculnya olshop terbesar di dunia saat ini yakni Amazon.

berikut ini Area Fokus akan memberikan tips 7 langkah membangun toko online yang sukses. sebelum kamu mengambil langkah cara membuat website toko online dengan wordpress, cara membuat toko online lewat hp, cara membuat website toko online berbayar, buat toko online gratis selamanya, cara membuat toko online dengan blogspot, cara membuat toko online di facebook, cara membuat toko online gratis dengan wordpress, cara membuat website toko online dengan html.

informasi ini disarikan dari sumber terpercaya yang bisa kamu lakukan juga terhadap toko olshop yang akan atau sedang kamu dirikan.

Mari kita langsung mulai…

DAFTAR ISI
  1. Pilih produk yang tepat
  2. Cari Supplier Terbaik
  3. Mulai Membangun Website
  4. Memancing Pelanggan Mengunjungi Website
  5. Berikan Layanan yang Nyaman
  6. Membangun Tim dan Customer Service
  7. Tingkatkan Penjualan dari Pengalaman

Membangun Toko Online, Ini 7 Langkah Sukses yang Dilakukan

1. Pilih Produk yang Tepat, Ingat Hal Ini

kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh pemula dalam menjalankan bisnis online adalah sembarangan menjual barang. hampir semua barang dijual.

ya, memang semua barang-barang tersebut bisa kamu manfaatkan dengan dijual. tapi kalau kamu sering menjualnya di olshop kamu, maka toko online kamu terlihat kurang profesional.

banyak orang yang menganggap remeh hal ini, pokoknya barang ada harganya alias laku, ya dijual saja.

tapi tahukah kamu, dalam banyak hal, inilah yang membuat bisnis online seseorang sulit atau bahkan tidak berkembang. Mereka menjual produk-produk yang tidak tepat.

sebenarnya boleh-boleh saja. cuma kalau kamu ingin menjualnya, jangan sering dilakukan di toko online kamu. kamu bisa menjualnya dengan cara lain. baik online atau offline. seperti akun fb lain, di lapak lain atau lainnya.

jadi kita harus jualan apa dong?

kalau kamu bingung ada kata-kata yang bisa kamu simpan untuk senjata memilih produk yang akan dijual. ingat kata-kata ini:

"Sell What People Want to Buy, Dont Sell What You Want to Sell"

jual produk yang orang mau beli, bukan jual sesuatu yang ingin kamu jual.

mungkin ini menjadi pertimbangan yang inti sebelum kamu menentukan barang apa yang akan kamu jual.

mungkin kamu punya produk yang berkualitas terbaik dijamin nggak ada yang ngalahin, mungkin kamu punya produk yang murah banget dibanding dengan harga di lainnya, dijamin mampu bersaing deh di pasar.

tapi,

yang perlu kamu uji adalah:

apakah barang tersebut dibutuhkan orang?
seberapa banyak orang yang membutuhkan barang tersebut?
apakah barang tersebut selalu dibutuhkan, terus-menerus?

kalau barang yang kamu jual memang dibutuhkan orang, kemungkinan besar bisnis online kamu akan berjalan cepat menuju sukses.

apalagi barang yang kamu jual dibutuhkan oleh golongan umum, mulai dari umur kecil sampai dewasa sampai tua, maka bisnis kamu bisa menjangkau lebih banyak orang. akan semakin banyak pelanggan yang akan kamu dapatkan.

jadi kalau ngomong masalah barang apa yang bagus dijual sebenarnya yang pertama adalah seberapa besar barang tersebut dibutuhkan.

kamu bisa membaca lebih dalam mengenai ini dalam pembahasan Barang yang bagus dijual Online

dan barang tersbut masih dibutuhkan terus-menerus. bisnis kamu nggak akan mati-mati. tinggal kamu lanjutkan untuk langkah membangun toko online di poin-poin selanjutnya.

2. Cari Supplier Terbaik, Lihat dari Kualitas, Harga dan Servis

kalau kamu sudah punya pabrik atau punya produk sendiri berarti yang perlu kamu perhatikan adalah supplier bahan untuk produk yang kamu hasilkan. dan buatlah produk dengan kualitas yang terjamin, harga yang bisa bersaing dan pelayanan yang nyaman pada konsumen

tapi kalau kamu kesulitan untuk membikin produk sendiri, dan ini memang sulit karena harus mulai dari awal, maka kamu bisa kok mencari suppplier yang handal sebagai gantinya.

kamu masih tetap melihat 3 sisi penting ini:

kualitas barangnya, harga jualnya dan pelayanannya.

mengapa hal ini penting?

pertama, kualitas barang penting karena orang akan suka membanding-bandingkan barang yang mereka beli. wah barang di sini kualitasnya lebih baik dari di sana. meskipun sama-sama menjual produk yang sama persis.

mungkin ada supplier yang menawarkan harga jual murah banget dan pelayanan juga oke tapi kalau kualitasnya sangat jauh barang tersebut juga akan sulit laku.

kedua, harga jual juga penting. kalau ini nggak perlu penjelasan panjang lebar, apalagi orang Indonesia sangat suka dengan barang-barang yang murah. 

ketiga, pelayanan atau service juga penting karena kalau barang sudah berkualitas dan harga murah maka pembeli akan membanjiri toko online kamu. kalau hubungan atau layanan dari pemasok masih ribet kamu akan kualahan dan akan kekurangan barang yang akan memberikan dampak negatif untuk toko online kamu.

packingnya rapi atau sembarangan, komplain kalau ada barang yang rusak.

Mungkin kamu akan sulit untuk menemukan ketiganya, mungkin sudah ada suppliernya tapi kamu nggak bisa membeli langsung dari sana karena quantity atau jumlah pembelian masih terlalu sedikit.

Jadi mau tidak mau, kamu harus ambil dari tangan kedua, ketiga atau bahkan lebih. untuk menemukan ketig hal ini kamu akan perlu waktu dan coba-coba.

dan ingat,

kamu nggak harus bergantung pada satu supplier saja. lebih banyak supplier berkualitas yang kamu dapatkan akan semakin baik.

3. Mulai Membangun Website

Bbanyak orang, pemula yang memulai bisnis toko online langsung fokus ke tahapan ini, buat website Olshopnya. Padahal ini baru tahapan yang ke 3.

membangun website sangat penting kalau kamu inging membangun toko online yang profesional. banyak orang yang mengandalkan jualan hanya di Facebook, Instagram atau Marketplace.

kalau untuk pemula ini nggak masalah, tapi kalau kamu sudah melewati 2 tahap di atas, kamu harus mencoba untuk membangun toko online sendiri.

yang namanya toko online, website adalah ibarat rumah atau tempat untuk menjajakan barang dagangan. membuat para pelanggan membeli daganngan di sana. tertarik untuk sering berkunjung ke sana.

dan kesalahan yang paling umum dilakukan oleh orang-orang adalah mereka hanya mengandalkan media sosial seperti fb, ig, twitter dan lainnya. mereka terlalu fokus di sana dan nggak bisa move on dari sana.

maka mulailah untuk mencoba tahap yang ke tiga ini.

buatlah website yang cukup sederhana yang penting mudah dimengerti dan digunakan pengunjung karena hal ini akan membuat penjualan lebih mudah terjadi.

kalau kamu nggak paham sama sekali di dunia website, kamu bisa kok baca-baca cara membuat olshop mulai dari nol. ada banyak artikel yang sudah mengulas tentang hal ini mulai dari yang gratis sampai yang berbayar.

4. Memancing Pelanggan Mengunjungi Website

kesalahan yang umum sering dilakukan setelah melewati 3 langkah di atas. mereka hanya menunggu orderan masuk melalui web. mereka pasif untuk meningkatkan pengunjung di web.

ini salah besar.

kalau kita tidak memancing audiens berlangganan menjadi pengunjung olshop kamu, percayalah, olshop kamu akan sepi terus. seperti toko yang hanya menganga terbuka tapi nggak ada yang masuk.

maka, langkah berikutnya kamu pancing supaya mereka mengunjungi toko online kamu di web, menjadikannya sebagai rumah bagi mereka.

kamu bisa belajar bagaimana caranya mendapatkan pengunjung yang banyak. pengunjung bisa melalui google, ini yang bagus atau melalui media sosial seperti facebook, instagram dan twitter.

kamu bisa memanfaatkan iklan di google atau fb ads. kamu juga bisa memanfaatkan info target audiens yang dimiliki oleh halaman facebook untuk membidik pengunjung yang lebih tepat..

semakin banyak pengunjung akan semakin baik untuk perkembangan Olshop kamu, semakin baik lagi kalau sebagian besar dari pengunjung adalah pengunjung tertarget yang akan sering melakukan pembelian dalam web kamu.

5. Berikan Layanan yang Nyaman

banyak orang yang menunggu banjir orderan baru memikirkan masalah packing dan layanan yang baik pada konsumen.

ini juga salah besar.

meskipun orderan kamu sedikit kamu juga harus memberikan layanan yang baik pada konsumen. karena ini yang akan membikin konsumen yang sedikit itu akan kembali lagi dan lagi ke toko kamu.

Kamu harus belajar bagaimana menangani order yang masuk secara efisien. Karena nggak semua orang yang order akan melakukan pembelian maka kamu harus belajar juga bagaimana men-closing order,  melakukan follow-up dan membuat customer melakukan pembayaran.

selanjutnya bikin packing yang baik sehingga barang tidak rusak dan selamat sampai tujuan.

mungkin ini akan melelahkan, makannya kamu juga langkah selanjutnya pada nomor 6 berikut ini.

6. Membangun Tim dan Customer Service

lakukan ini kalau kamu memang benar-benar membutuhkan. bukan karena gaya agar terlihat seperti bisnis yang sudah berjalan besar.

kalau bisnis kamu semakin berkembang, pasti setiap hari kamu akan dibanjiri orderan, dan kalau kamu merasa untuk tidak bisa melakukan sendirian ini saatnya kamu untuk membentuk tim-tim yang akan memantu kamu.

Kamu bisa mulai dengan bertahap dari merekrut satu orang dulu, lalu dua orang dan terus bertambah seiring dengan perkembangan usaha. dan dalam tahapan ini, kamu juga perlu belajar bagaimana me-rekrut tim dan staf yang tepat.

Karena teknologi semakin berkembang, maka strategi dunia bisnsi pun berkembang. Kamu bisa baca 10 Keahlian teknologi yang paling dicari perusahaan untuk menentukan orang yang tepat untuk mengimbangi perkembangan bisnis dengan perkembangan jaman.

7. Tingkatkan Penjualan dari Pengalaman

harusnya kalau kamu sudah melewati ke-enam langkah tadi kamu sudah punya pengalaman yang cukup untuk memimpin bisnis kamu kedepannya.

ada banyak kegagalan ada banyak kerugian dan itu nggak masalah dan memang selalu ada.

kesuksesan dan kegagalan adalah hal yang berada di luar kendali manusia gaes. jadi tenang saja, kamu masih tetap bisa melakukan yang terbaik apa yang bisa kamu lakukan. 

Akhir Kata

ternyata ada banyak ya yang harus dilakukan untuk membangun toko online?

memang banyak.

ya, memang seorang yang membangun bisnis itu seperti pendekar gaes. harus jungkir balik di segala arah. dan uniknya, disitulah keseruannya yang bikin kenangan tertawa-tawa.

sekian dulu ulasan tentang Membangun Toko Online. Semoga bisa bermanfaat buat kamu gaes. sampai ketemu lagi di post selanjutnya dan berikan pendapatmu di kolom komentar dan jangan lupa share artikel ini kalau bermanfaat. 

Salam Sukses untuk kamu..

Posting Komentar untuk "Membangun Toko Online dengan 7 Langkah Sukses"

Berlangganan via Email