Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Aplikasi Recording Screen di PC Paling Populer

Recording Screen

Recording Screen atau merekam layar bisa lebih mudah kalau kamu menggunakan aplikasi record. kamu bisa menggunakan aplikasi recording screen seperti bandicam screen recorder.

dan masih ada banyak lagi aplikasi screen recorder pc gratis, free screen recorder full version yang bisa kamu pilih untuk screen recorder windows 10 atau screen recorder pc windows 7.

jadi kamu nggak perlu mengunjungi screen recorder online atau screen recorder pc online. tapi cukup kamu install screen recorder di laptop kamu dan mulai merekam.

aplikasi ini juga membantu banget kalau kamu pingin merekam layar PC saat main game. atau membikin video tata cara (tutorial). jadi, beberapa aplikasi ini juga nggak asing di kalangan para youtuber untuk membuat konten mereka.

bahkan banyak youtuber yang cuma modal aplikasi recording dan membikin konten-konten tutorial yang bermanfaat seperti desain atau lainnya.

atau youtuber gaming yang merekam aksi-aksi permainan game mereka dan mengabadikannya di youtube.

apakah kamu punya ide jadi youtuber juga gaes?

sebenarnya di internet ada banyak sekali aplikasi recording screen yang bisa kamu gunakan. dan masing-masing aplikasi punya tampilan dan ukuran file yang berbeda.

tapi, mana aplikasi yang terbaik?

apakah kamu akan mencoba satu per satu? tentu saja akan buang-buang waktu.

soalnya ada beberapa aplikasi recording yang punya banyak kendala seperti sulit dioperasikan, terlalu berat, hanya merekam durasi pendek, dan adanya watermark.

Oleh karena itu, kali ini Area Fokus akan mengulas beberapa aplikasi Recording Screen yang paling populer untuk PC-mu.

aplikasi rekomendasi berikut ini punya tampilan yang mudah digunakan dan bisa menghasilkan video yang berkualitas tinggi.

dan yang paling penting aplikasi-aplikasi ini juga tanpa watermark. jadi kalau kamu membuat konten video dari aplikasi ini kamu akan bebas dari copyright.

lihat yuk, apa saja aplikasi perekam layar PC yang paling populer.

10 Aplikasi Recording Screen di PC

10. CamStudio

Software perekam yang ringan dan fitur yang cukup lengkap.

CamStudio adalah salah satu Software Perekam yang cukup populer. aplikasi ini juga punya kelebihan yang bisa mengkompers kualitas video. dengan fitur ini kamu bisa mengubah kualitas video menjadi kualitas yang diinginkan (biasanya menjadi lebih kecil).

Format Video yang dihasilkan dari Software Camstudio ini juga punya kualitas yang bagus. kamu bisa pilih format output AVI dan MP4 atau lainnya. kualitas yang tinggi juga membikin ukuran file yang lebih besar.

software ini cocok digunakan untuk membikin video tutorial atau merekam aksi gaming.

camstudio juga punya fitur yang memungkinkan kamu untuk menambahkan caption dibagian atas video.

9. Icecream Screen Recorder

Software perekam layar ini memungkinkan kamu merekam seluruh layar komputer maupun sebagian yang diinginkan. software ini juga cocok banget kamu gunakan ketika mengadakan webinar ataupun video call.

tampila dari software ini cukup sederhana dan simpel. hal ini yang membikin aplikasi ini mudah digunakan dan disukai oleh pemula.

Icecream punya kelebihan bisa merekam bersamaan dengan video yang diputar, merekam menggunakan webcam, dan menggambar pada layar ketika proses perekaman.

sama seperti aplikasi perekam lainnya, Software ini juga menggunakan shortkey yang berfungsi untuk pause dan lainnya. kamu juga bisa menyimpan screenshot ketika proses perekaman dengan hasil format gambar JPG dan PNG.

sayangnya versi gratisnya aplikasi icecream hanya bisa menggunakan durasi perekaman selama 10 menit saja. fitur editingnya juga sangat terbatas dibandingkan dengan versi premium. dan adanya watermark yang nggak cocok buat para youtuber.

8. ShadowPlay

merekam dan mengambil momen main game yang seru.

ShadowPlay adalah aplikasi recording yang dikembangkan oleh NVIDIA. software ini memungkinkan kamu untuk membuat sohrtcut atau icon indikator yang memudahkan kamu dalam merekam layar PC.

software ShadowPlay punya sejumlah mode perekaman video game yang menarik, diantaranya adalah:

Shadow.

fitur ini merekam layar sejak game pertama kali dijalankan. kamu juga bisa menekan tombol Alt+F10 untuk mengakhiri rekaman video tersebut dan langsung melanjutkan rekam kembali.

Manual.

beda dengan mode Shadow, mode Manual ini akan memberikan kebebasan bagi kamu dalam menentukan titik awal dan akhir video rekaman. kamu bisa memulai merekam video dengan menekan Alt+F9.

kamu juga bisa menggunakan mode gabungan Shadow & Manual yang memungkinkan kamu merekam sejak pertama kali game dijalankan dan mengakhiri kapan pun tanpa lanjut merekam.

ada juga mode lainnya seperti Twitch dan fitur-fitur lainnya.

sayangnya instalasi software ini cukup ribet kamu masih harus download dan menginstal aplikasi tambahan GeForce Experience untuk bisa berjalan.

7. Situs Apowersoft (Online)

pas banget buat kamu yang ingin mencari Software Perekam Layar PC Gratis. dan tanpa watermark.

Apowersoft adalah layanan online yang bisa kamu gunaka untuk merekam layar pc. jadi ini bukan aplikasi yang kamu instal di PC, kamu bisa mengaksesnya lewat browser kayak google chorme.

software ini punya kelebihan yang hampir mirip dengan Software perekam layar premium yang bisa menghasilkan video tanpa watermark. ini cocok banget kalau kamu pengen buat konten untuk youtube.

kamu bisa memilih hasil rekaman video yang beragam seperti MP4, WMV. AVI, MOV.

Selain itu situs ini juga menyediakan video editor yang cukup lengkap dan bisa digunakan untuk mengedit hasil video.

Sayangnya situs ini kurang pas buat kamu yang ingin merekam game karena penggunaanya yang agak rumit.

6. Ezvid Video Maker

selanjutnya ada Ezvid. Software perekam video ini juga bagus buat merekam video tutorial. karena software ini juga punya fitur memilih area pada layar yang ingin direkam.

selain itu, ada banyak fitur yang cukup lengkap dan bermanfaat lainnya seperti penambahan judul, kata kunci, meta deskripsi dan lainnya.

software Ezvid ini juga memungkinkan kamu menyimpan rekaman secara otomatis (auto-save). fitur voice synthesis yang bermanfaat banget untuk menjernihkan suara ketika proses perekaman.

aplikasi ini juga memudahkan para youtuber karena bisa langsung mengungggah video rekaman ke Youtube.

kalau kamu lagi cari perekam layar yang durasinya lama, kamu juga akan puas menggunakan aplikasi ini. durasi perekaman bisa sampai 45 menit.

sayangnya software ini nggak punya shortcut yang membikin proses perekaman menjadi sedikit lebih ribet. kamu harus bolak-balik membuka aplikasi untuk mengoperasikan aplikasi seperti jeda, rekam atau berhenti.

5. Bandicam Screen Recorder

Aplikasi Recording yang bisa merekam area layar tertentu. cocok banget buat kamu yang suka bikin video tutorial di laptop.

Bandicam Screen Recorder adalah Software Perekam yang punya kelebihan yang bisa merekam di area tertentu atau layar penuh. dengan fitur ini kamu akan bisa merekam video tutorial dengan lebih jelas.

karena langkah-langkah yang kamu rekam bisa di zoom lebih dekat dan merekam area tertentu. bahkan kamu juga disediakan fitur live drawing yang bisa digunakan untuk menggambar area tertentu di layar pada saat proses perekaman.

Format Video yang dihasilkan dari Software ini punya kualitas yang bagus. kamu bisa pilih format output AVI dan MP4. tentunya dengan kualitas yang lebih tinggi video akan terlihat lebih tajam dan ukuran file juga akan lebih besar.

Kamu juga bisa mengisi suara langsung dari aplikasi ini dengan fitur perekaman suara real time. fitur ini bermanfaat banget buat kamu yang mau menerangkan step by steo saat bikin video tutorial

Software ini juga menjadi populer di kalangan para gamers. ada fitur suara mouse yang diklik yang membikin video menjadi lebih dramatis.

selain itu aplikasi ini punya kelemahan yang lumayan banyak. salah satunya adalah durasi waktu perekaman yang dibatasi 10 menit saja. ini akan jadi masalah ketika kamu lagi bikin tutorial yang langkahnya agak panjang atau main video yang durasi mainnya lebih dari 10 menit.

dan di versi gratis aplikasi ini tidak mendukung fitur-fitur seluruhnya. salah satunya adalah penghilangan watermark yang hanya bisa kalau kamu menggunakan versi berbayar. jadi kalau kamu pengen aplikasi yang gratisan, aplikasi ini kurang cocok buat kamu.

4. WM Capture

juga pas buat rekam video tutorial dengan fitur merekam video pada bagian layar tertentu. aplikasi ini juga punya fitur schedule recording yang memudahkan kamu untuk merekam di next time.

kamu bisa pilih hasil rekaman dari WM Capture dalam format MPEG, WMV, AVI, DVD-ISO, dan lainnya.

sayangnya aplikasi ini kurang cocok bagi para gamers karena masih belum ada fitur live streaming.

3. TinyTake

Rekomendasi perekam layar selanjutnya adalah TinyTake. kamu bisa menggunakan Software ini dengan versi gratis atau versi berbayar.

TinyTake juga punya kelebihan dalam tampilannya yang sederhana dan proses penggunaannya yang sangat mudah. aplikasi ini juga cocok buat kamu yang ingin membuat konten youtuber karenahasil video rekamannya tanpa watermark.

Dengan menggunakan versi yang berbayar kamu akan menemukan fitur yang lebih lengkap. namun sayangnya, meskipun dalam versi berbayar, performa aplikasi ini juga nggak begitu baik.

salah satuny adalah hasil video yang masih dibatasi selama 5 menit saja, kalau kamu butuh merekam lebih lama berarti harus mengulang perekaman layar tiap lima mernit. ini akan kerasa banget apalagi kalau lagi merekam game.

2. Action!

yang nomor dua ada aplikasi Action! aplikasi ini cukup populer di kalangan gamer maupun youtuber.

Action memungkinkan kamu melakukan streaming secara real time. ini seru banget buat kamu yang suka streaming game.

Selain itu hasil rekaman video punya resolusi yang cukup tinggi, hingga HD 1080p. tentunya kualitas yang dihasilkan akan sangat jernih dan tajam.

ada fitur lain sperti mengambil gambar (screenshot) yang bsia kamu gunakan untuk memotret momen keren yang terjadi di layar.

selain buat gaming, aplikasi ini juga cocok untuk merekam video tutorial. ada banyak fitur editing yang bermanfaat.

1. OBS Studio

Software OBS ini adalah perekam layar paling populer dan kinerja yang powerfull.

kamu bisa memilih format yang dihasilkan dari aplikasi perekam video ini dalam format MP4 dan FLV.

kalau kamu masih pemula, aplikasi ini juga mudah digunakan kok. tampilannya cukup sederhana dan punya segudang fitur yang bermanfaat seperti mengatur sendiri teks ataupun emoticon pada saat streaming. dan masih banyak lainnya.

Akhir Kata

Itulah beberapa rekomendasi Aplikasi Recording Screen yang bisa kamu gunakan untuk membantu proses pembuatan video.

Baca juga:
free screen recorder full version
screen recorder iPhone
screen recorder Pilihan
install screen recorder

kalau kita lihat, tiap aplikasi punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. jadi kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan kamu untuk menemukan pilihan yang terbaik.

Posting Komentar untuk "10 Aplikasi Recording Screen di PC Paling Populer"

Berlangganan via Email