10 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Ini Bikin Lebih Mudah dan Menyenangkan

Aplikasi untuk belajar bahasa korea berikut ini bisa membuat belajar mu jadi lebih mudah dan menyenangkan. Aplikasi belajar bahasa korea rekomendasi yang bisa kamu pilih biar kamu lebih lancar ngobrol  bahasa korea atau bahasa asing lainnya.

Siapa sih yang nggak tahu Korea? (Maksudnya Korea selatan).

Setelah virus K-Pop dan drama Korea menyebar luas di dunia, negeri ini seakan menjadi kiblat baru di kalangan banyak anak muda, termasuk juga kaum hawa di Indonesia. Bener gak sist?

Ya, sebenarnya nggak salah sih, asalkan jangan sampai lupa diri saja kalau kita adalah Indonesia. Siapa Kita...?!

Nggak ada salahnya kalau kita belajar bahasa asing termasuk bahasa korea untuk memperkaya keahlian kita dalam berbahasa asing. Bahasa Korea juga menjadi salah satu bahasa Asia yang paling populer.

Apalagi kalau kamu sering liburan ke negeri gingseng ini, Pastinya kamu akan butuh bahasa korea untuk ngobrol-ngobrol dengan oppa atau eonni di sana.

Apa kamu sudah pernah ke Korsel gaes? Atau masih mimpi saja?

Mempelajari bahasa Korea (walaupun dasar-dasarnya saja) akan membikin perjalananmu jadi lebih lancar dan menyenangkan gaes. Kamu bisa menyapa orang di sana, berkenalan, ngobrol, dan lainnya.

Ya, meski mempelajari bahasa Korea (bahasa asing apapun juga sih), kamu nggak bisa langsung jago dalam semalam, tapi seenggaknya kamu sudah belajar sedikit-sedikit dan sudah punya modal untuk ngomong dengan orang korea.

Salah satu cara belajar bahasa korea yang paling efisien hari ini adalah dengan bantuan aplikasi. Cuma modal smartphone doang kamu sudah bisa belajar bahasa korea yang nggak kalah berkualitas dengan les-les privat.

Kamu tinggal instal Aplikasi belajar bahasa korea di smartphone kamu, belajar, latihan dan latihan.

Nah, kali ini Area Fokus akan memberikan rekomendasi aplikasi belajar bahasa korea yang bisa kamu instal di HP kamu gaes.

Jadi kamu bisa download aplikasi belajar bahasa korea mudah dan download aplikasi belajar bahasa korea lengkapaplikasi belajar bahasa korea gratis terbaik, apk belajar bahasa korea offline, aplikasi bahasa korea indonesia, download aplikasi belajar bahasa korea dasar.

Beberapa aplikasi ini juga tersedia untuk aplikasi belajar bahasa korea ios dan aplikasi belajar bahasa korea untuk pc.

Sebenarnya tidak ada banyak pilihan untuk aplikasi yang benar-benar bagus dalam belajar bahasa Korea ini. Tapi, saya akan tetap memberikan rekomendasi yang terbaik yang bisa kamu pilih.

Saya juga akan memberikan sedikit tips bagaimana cara belajar bahasa lebih cepat dan mudah. Kamu bisa simak selengkapnya di bagian bawah artikel.

Oke, kita lihat apa saja aplikasi yang bisa kita pilih untuk belajar bahasa korea.

DAFTAR ISI TULISAN:

A. Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik
  1. Drops
  2. Duolingo
  3. Google Translate
  4. LingoDeer
  5. Memrise
  6. Mondly
  7. Naver Papago
  8. Rosetta Stone
  9. Simply Learn Korean
  10. Tandem or HelloTalk

B. Kalimat yang Sering Digunakan Sehari-hari

C. Tips Belajar Bahasa Lebih Mudah


A. Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik

1. Drops

Aplikasi Belajar Bahasa Korea

Yang pertama kamu bisa pilih aplikasi Drops. Aplikasi ini bisa kamu instal Gratis atau berbayar dengan harga $7,49 per bulan / $ 48,99 per tahun / $ 109,99 untuk selamanya.

Drops adalah salah satu aplikasi pembelajaran bahasa yang cukup populer. Di aplikasi ini, Kamu akan belajar kosakata dan tata bahasa korea.

kamu juga nggak bakal cepat bosan ketika belajar bahasa korea di aplikasi ini. Ada beberapa pilihan permainan dan kuis yang bisa kamu pilih untuk latihan mental berbahasa menjadi lebih baik.

Tapi versi gratis membatasi pembelajaran sampai lima menit saja per hari. Kalau kamu tertarik, kamu bisa langsung cari aplikasi ini di play store atau langsung klik link download di atas.

2. Duolingo

Aplikasi Belajar Bahasa Korea

Selanjutnya kamu bisa pake aplikasi duolingo. Aplikasi ini bisa kamu instal Gratis atau berbayar dengan harga  $ 9,99 per bulan.

Duolingo juga menjadi salah satu aplikasi pembelajaran bahasa korea paling populer di Google Play. Sebenarnya aplikasi ini juga mendukung banyak bahasa, selain bahasa Korea.

Duolingo punya sistem pembelajaran yang sederhana untuk memahami dan menghafal kata dan frasa kosakata dan cukup efektif. Aplikasi Duolingo ini kayak perkuliahan gaes, kamu bisa menyelesaikan satu semester dengan durasi waktu 34 jam.

Kalau kamu tertarik, kamu bisa langsung cari aplikasi ini di play store atau langsung klik link download di atas.

3. Google Translate

Aplikasi Belajar Bahasa Korea

Siapa sih yang nggak kenal dengan aplikasi ini? Ya, google translate ini juga bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa korea secara Gratis.

Selain bahasa korea, kamu juga bisa belajar lebih dari 100 bahasa lainnya. Aplikasi ini memang cocok banget buat wisatawan di negara mana pun sebagai asisten penerjemah.

Selain itu, kamu juga bisa belajar pengucapan bahasanya (termasuk bahasa korea) dengan fitur terjemahan suara langsung. Fitur ini akan membantu kamu dalam latihan sehari-hari.

Ada juga fitur kamera untuk menerjemahkan kata secara real time lewat gambar, papan pengumuman, rambu-rambu, bahkan tulisan tangan.

Kalau kamu tertarik, kamu bisa langsung cari aplikasi ini di play store atau langsung klik link download di atas.

4. LingoDeer

Aplikasi Belajar Bahasa Korea

Selanjutnya kamu bisa pake aplikasi LingoDeer. Kamu bisa instal aplikasi ini dengan Gratis atau berbayar $ 9,99.

LingoDeer juga menjadi salah satu aplikasi pembelajaran bahasa Korea yang populer. Aplikasi ini memang khusus untuk belajar bahasa-bahasa di Asia termasuk Korea, Jepang, Cina, dan Vietnam. 

Aplikasi ini juga memberi pelajaran berupa huruf korea dan menyusunnya. Kamu juga bisa lho menggunakan aplikasi ini secara offline.

Ada banyak jenis jenis latihan yang terdiri lebih dari 2.000 kata dan frasa. Kalau kamu tertarik, kamu bisa langsung cari aplikasi ini di play store atau langsung klik link download di atas.

5. Memrise

Aplikasi Belajar Bahasa Korea

Aplikasi belajar bahasa korea ini juga bisa kamu instal secara Gratis atau berbayar dengan harga $ 9 per bulan atau $ 59,99 per tahun.

Memrise juga termasuk salah satu aplikasi pembelajaran bahasa korea yang terbaik. Aplikasi ini juga mendukung banyak bahasa, selain Korea.

Kelebihan dari aplikasi ini dibanding dengan aplikasi lainnya adalah kamu bisa berbicara langsung dengan orang-orang korea asli. Jadi kamu bisa menguji kelancaran bahasa-mu dengan percakapan langsung.

Selain itu ada pelajaran tata bahasa, huruf, kuis. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini tanpa sambungan internet. Ada juga panduan pengucapan audio seperti aplikasi lainnya.

Kalau kamu ingin instal Aplikasi ini kamu bisa cari aplikasi ini di play store atau langsung klik link download di bawah gambar di atas.

6. Mondly

Aplikasi Belajar Bahasa Korea

Selanjutnya ada aplikasi mondly. Aplikasi ini bisa kamu instal secara  Gratis atau berbayar dengan harga $ 9,99 per bulan atau $ 47,99 per tahun.

Mondly adalah aplikasi belajar bahasa korea yang cukup terkenal. Aplikasi ini memberikan pelajaran bahasa korea yang lebih praktis dengan latihan-latihan percakapan bahasa Korea. Dengan begitu kamu bisa tahu konsep bahasa dengan lebih cepat.

Aplikasi ini juga menyediakan pengucapan audio untuk kamu yang nggak bisa cara pengucapannya. Ada juga kuis latihan yang membikin kamu nggak cepat bosan dalam belajar.

Kalau kamu ingin instal Aplikasi ini kamu bisa cari aplikasi ini di play store atau langsung klik link download di bawah gambar di atas.

7. Naver Papago

Aplikasi Belajar Bahasa Korea

Kamu bisa instal aplikasi Naver Papago ini secara Gratis gaes.

Naver Papago adalah aplikasi terjemahan yang mirip Google Translate. Hanya saja aplikasi ini akan menerjemahkan bahasa Korea dengan sedikit lebih detail. Aplikasi ini sangat mudah digunakan karena tampilan UI yang sangat bersih.

Selain itu ada sekitar 13 bahasa yang bisa kamu pelajari dalam aplikasi ini. Aplikasi ini juga memberi dukungan offline yang berguna ketika kamu nggak nemu sinyal internet. Ada juga fitur bermanfaat lainnya seperti terjemahan gambar, terjemahan suara real-time, terjemahan situs web dan tulisan tangan. 

Kalau kamu ingin instal Aplikasi ini kamu bisa cari aplikasi ini di play store atau langsung klik link download di bawah gambar di atas.

8. Rosettta Stone

Aplikasi Belajar Bahasa Korea

Aplikasi ini juga bisa kamu instal secara Gratis dan berbayar $ 94,99 per tahun atau $ 199,99 sekali

Rosetta Stone adalah salah satu aplikasi yang populer dalam pembelajaran bahasa. Aplikasi ini mendukung 23 bahasa selain bahasa Korea. Metode pengajaran di aplikasi ini juga cukup unik. 

Awalnya kamu akan belajar bagaimana cara berbicara dengan benar lalu mulai ke tingkat yang lebih tinggi sampai mahir bercakap-cakapan.

Kalau kamu tertarik kamu bisa cari aplikasi ini di play store atau langsung klik link download di bawah gambar di atas.

9. Simply Learn Korean

Aplikasi Belajar Bahasa Korea

Aplikasi ini juga tersedia secara Gratis atau berbayar $ 6,99.

Simply Learn Korean adalah aplikasi belajar bahasa yang sederhana. Aplikasi ini mirip kayak buku yang berisi kumpulan ungkapan sehari-hari. Ada sekitar 900 frasa dan kata-kata.

Aplikasi Simply ini juga punya metode kuis, tes, dan latihan lain biar kamu belajar lebih cepat dan nggak mudah bosan.

Aplikasi ini ada di play store atau kamu bisa langsung klik link download di bawah gambar di atas.

10. Tandem 

Aplikasi Belajar Bahasa Korea

Yang terakhir kamu bisa gunakan Tandem Language. Kamu bisa gunakan aplikasi ini Gratis dan berbayar $ 6,99 per bulan / $ 34,99 per tahun.

Tandem termasuk aplikasi bahasa paling populer. Kamu juga bisa melakukan panggilan audio dan video, pesan teks, audio, gambar, dan lainnya. Di aplikasi ini kamu akan didampingi oleh tutor profesional kalau mau.

Kamu bisa langsung download aplikasi ini di play store, atau klik link di bawah gambar di atas.

B. Kalimat Ungkapan Sehari-hari

Selain belajar dari aplikasi, kamu juga bisa menghafal beberapa kalimat ungkapan yang sering digunakan sehari-hari. Beberapa kalimat ini sangat membantu kalau kamu pergi liburan di sana.

Oke simak ulasan ini:


1. Menyapa orang Korea

kalimatnya adalah “안녕 하새요” kalau diucapkan ‘Annyeong haseyo’. kalau di Indonesia ini seperti salam halo.

Pastinya kamu akan sering menggunakan kata ini ketika kamu bertemu dengan orang korea. 

2. Mau Kenalan

kalimatnya adalah "안녕하세요, 당신의 이름은 무엇입니까? kalau diucapkan "annyeonghaseyo, dangsin-ui ileum-eun mueos-ibnikka?". artinya adalah "Halo, siapa namamu?"

Kamu juga bisa membuka percakapan dengan orang korea menggunakan kata ini.

3. Saat Belanja

kalau mau tanya harga katakan ‘이것은 얼마입니까?’ bacanya ‘Igoseun olmaimnika?’ artinya adalah "Berapa Ini?"


Kalau kamu suka shopping-shopping jangan lupa hafalin ungkapan ini gaes. 


4. Permisi

kalimatnya adalah "실례합니다" bacanya "sillyehabnida" artinya adalah "Permisi"

Kamu juga akan sering menggunakan kata ini sebagai bentuk kesopanan.

5. Minta Maaf

kalimatnya adalah ‘죄송합니다’ dibaca ‘Jwesonghamnida’ artinya "maaf".

Kamu bisa menggunakan kata ini kalau kamu merasa bersalah atau melakukan kekeliruan.


6. Nawar Harga

minta diskon bisa ucapkan ‘좀 깎아 주세요’ cara bacanya ‘Jom kakka juseyo’ artinya adalah "tolong dikurangi"


Kalau kamu suka shopping-shopping jangan lupa hafalin ungkapan ini gaes. Tenang aja, di korea juga lumrah kok tawar-menawar harga seperti di Indonesia. 

7. Terimakasih

katakan’ 감사합니다’ dibaca ‘kamsahamnida’ artinya "terimakasih"

Ungkapan terimakasih pastinya juga akan sering diucapkan dalam banyak kejadian.


8. Minta Tolong

katakan ‘실례지만, 좀 도와 줄수 있습니까?’ cara bacanya ‘Sillyejiman, jom dowa julsu isseumnika?’ artinya adalah "maaf, apa kamu bisa bantu aku?"


Kalau kamu butuh bantuan orang lain, kamu bisa menggunakan kata ini gaes.


9. Bingung atau Nggak Tahu

ucapkan "미안, 이해 못 했어" cara bacanya "mian, ihae mos haess-eo" artinya adalah "maaf aku gak ngerti"

Kalau kamu nggak paham dengan ucapan mereka, kamu bisa gunakan ungkapan ini dan selanjutnya kamu bisa buka aplikasi deh untuk membantu menerjemahkannya.

C. Tips Belajar Bahasa Lebih Mudah

Setelah kamu mencoba belajar dan nggak bisa-bisa, nih aku kasih tips bagaimana cara belajar Bahasa Korea yang mudah dan bisa kamu lakukan di rumah.

1. Belajar Membaca dan Menulis

Pertama, kita harus sering belajar menulis dan membaca dulu bahasa koreanya. Kamu bisa menggunakan bantuan Aplikasi tadi gaes.

2. Hafalkan Kata-kata

Kamu bisa memberi target minimal sehari mencapai beberapa kata. Agar lebih mudah kamu bisa menempelkan stiker bertuliskan kosa kata korea di barang-barang di sekitar kamu. Kamu juga bisa membuat sendiri dari kertas dan isolasi.


3. Belajar Membuat Kalimat

Setelah kamu hafal beberapa kata, kamu bisa mulai merangkat kata sendiri. Tentunya di bahasa korea ini juga ada banyak grammar. 

4. Ngomong dengan diri sendiri

Mungkin terdengar gila, tapi, cara ini kemungkinan besar berhasil. Kalau kamu sudah hafal beberapa kata dan bisa merangkai kata-katanya kamu bisa belajar ngobrol bahasa korea dengan diri sendiri. Kamu bisa pake cermin sebagai bantuan.

5. Sering Komunikasi dan Bertanya

Mulai lah untuk belajar bercakap-cakap dengan orang lain. Dan kalau ada kata yang masih belum kamu mengerti kamu bisa langsung tanyakan pada lawan bicaramu.

Akhir Kata

Itulah ulasan tentang Aplikasi Belajar bahasa Korea yang bisa kamu instal di smartphone kamu gaes.

Apakah sudah ada aplikasi yang kamu instal dari beberapa rekomendasi tadi? Kamu juga bisa berikan pendapatmu di kolom komentar. Semoga dapat membantu dan sampai ketemu lagi di post selanjutnya. Baca tulisan menarik tentang Aplikasi Keyboard di HP Paling Keren.

Jangan lupa share artikel ini kalau bermanfaat. Selamat belajar dan See You Again..

0 Response to "10 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Ini Bikin Lebih Mudah dan Menyenangkan"

Posting Komentar