Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek BPJS Kesehatan, Cek Tagihan, dan Cara Bayar Iuran

Cara Cek BPJS Kesehatan dengan mudah. Bahkan kamu bisa mengecek informasi selengkapnya lewat smartphone saja. Cara ini bisa kamu gunakan untuk mengecek tagihan, nama peserta, nomor BPJS, denda, Nominal pembayaran, Saldo dan informasi lainnya yang kamu butuhkan.

Cara Cek BPJS Kesehatan

Kamu pasti sudah gak asing lagi dengan layanan kesehatan yang satu ini kan?

Layanan ini diberikan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Layanan sudah banyak digunakan oleh masyarakat sejak resmi dikeluarkan pemerintah beberapa tahun lalu.

Karena layanan yang diberikan BPJS Kesehatan ini memberikan solusi untuk masyarakat dengan tarif yang lebih terjangkau dibandingkan dengan asuransi kesehatan biasanya.

Di sisi lain, pemerintah akan selalu berusaha menjalankan program ini demi kemudahan masyarakat dalam mengakses layanan yang diberikan BPJS Kesehatan. Beberapa program yang diadakan dimaksudkan untuk masyarakat mendapatkan layanan kesehatan yang terjangkau dan lebih cepat.

Oleh karena itu, banyak masyarakat yang sudah menggunakan layanan BPJS ini.

Ketika kita sudah menjadi anggota BPJS Kesehatan, maka kita akan diwajibkan untuk membayar sejumlah iuran setiap bulannya. Dan jumlah iuran yang dibayarkan bisa bermacam-macam tergantung pada jenis layanan yang digunakan.

Karena ini merupakan kewajiban bulanan, maka kamu juga harus tahu berapa jumlah tagihan yang sudah dibayarkan atau yang belum.

Tapi, banyak pengguna BPJS kesehatan ini yang masih belum tahu masalah ini, bagaimana caranya untuk mengecek BPJS Kesehatan yang mereka punya.

bagaimana cara cek keanggotaan bpjs kesehatan online, cara mengecek iuran bpjs kesehatan yang sudah dibayar, cek pembayaran tagihan bpjs, cek nomor bpjs kesehatan dengan ktp, cek nomor bpjs kesehatan dengan nik, login bpjs kesehatan, cara mengetahui nomor kartu bpjs kesehatan dengan ktp.

Jangan lewatkan juga informasi tentang Cara cek BPJS Ketenagakerjaan

Nah, kali ini Area Fokus akan memberikan beberapa cara cek BPJS kesehatan yang bisa kamu pilih. Cara-cara di bawah ini mudah banget kok bisa kamu lakukan kapan saja. Bahkan bisa lewat ponsel doang.

Selain itu kamu juga harus tahu bagaimana cara melakukan pembayaran iuran BPJS yang lebih mudah dan nyaman.

DAFTAR ISI:

A. Cara cek BPJS Kesehatan, 3 cara paling gampang:

1. Web Resmi
2. Via SMS
3. Aplikasi Mobile JKN

B. Cara Membayar Iuran BPJS Kesehatan

A. Cara Cek BPJS Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa tutorial yang bisa kamu gunakan dengan mudah untuk mengecek informasi seputar BPJS Kesehatan seperti tagihan, saldo dan banyak lainnya.

1. Cek BPJS Kesehatan di Web Resmi

Yang pertama kamu bisa mengecek info tentang BPJS Kesehatan kamu lewat internet. Cara ini cukup gampang karena kamu bisa menggunakan perangkat apa saja. Kamu bisa menggunakan HP, Laptop atau lainnya. Pokoknya tersambung dengan internet ya..

Caranya gimana?

Pertama, buka browser > buka situs https://bpjs-kesehatan.go.id

Kamu bisa menggunakan browser google chorme atau lainnya. Baca selangkapnya tentang browser terbaik.

Lalu buka situsnya. Kalau sudah akan muncul tampilan seperti di bawah ini:

Cara Cek BPJS Kesehatan

klik tanda panah merah untuk menuju langkah berikutnya.

Kedua, cek iuran BPJS

Setelah kamu klik tada panah, akan muncul beberapa menu di samping kanan.

Ketiga, pilih menu Cek Iuran BPJS Kesehatan > isikan data yang diminta

Cara Cek BPJS Kesehatan

Kamu akan diminta untuk mengisi data yang terdiri dari Nomor Kartu dan Tanggal Lahir. Isikan sesuai dengan kartu BPJS-mu.

Jangan lupa masukkan angka validasi yang tertera.

Keempat, klik Cek dan datamu akan muncul.

Rincian pembayaran BPJS Kesehatan kamu akan muncul di layar. Rincian tersebut mencakup tagihan yang sudah dibayarkan, tagihan yang belum dibayarkan, denda, saldo dan lainnya.

Semoga cara ini bermanfaat!

2. Cek BPJS Kesehatan Lewat SMS

Kalau kamu jarang terhubung dengan internet, kamu juga bisa melakukan pengecekan BPJS Kesehatan lewat SMS. Cara ini cocok buat kamu yang masih menggunakan HP jadul yang nggak ada akses internetnya.

Caranya gimana?

Langsung saja ketik:

Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan

Contoh: Tagihan 0011123456789

Dan Kirim SMS ke 087775500400.

Kalau SMS-mu sudah terkirim kamu akan mendapatkan berbagai informasi mengenai layanan BPJS kesehatan yang kamu gunakan. Seperti jumlah tagihan bulanan, denda yang dikenakan, dan lainnya.

Semoga cara ini bermanfaat!

3. Cek BPJS Kesehatan di Aplikasi Mobile JKN

Cara ini juga cukup mudah dan kamu akan mendapatkan data dengan lebih komplit. Aplikasi ini dikembangkan oleh pihak BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang optimal untuk peserta.

Cara Cek BPJS Kesehatan

Lewat aplikasi ini, kamu bisa mengakses beragam informasi seputar program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan dengan cepat dan mudah.

Cara menggunakan aplikasinya gimana?

Pertama, instal dulu aplikasi mobile JKN dari ponsel lewat Google Play Store atau App Store. Kamu bisa klik linknya di bawah ini:

Instal Mobile JKN Android

atau

Instal Mobile JKN iOS

Kedua, Lakukan registrasi di aplikasi

Setelah kamu buka maka kamu akan dimintai memasukkan data peserta.

Ketiga, cek informasinya

Di aplikasi tersebut kamu bisa melihat beragam Info BPJS, mencari data kepesertaan melalui nomor kartu, NIK atau No Kartu Keluarga, menampilkan peta lokasi fasilitas kesehetan, Tagihan, Notifikasi Tagihan, dan masih banyak lainnya.

Di aplikasi ini kamu juga bisa mengecek berapa saja saldo yang sudah kamu gunakan dalam layanan BPJS ini.

Semoga cara ini bermanfaat!

Cara Membayar Iuran BPJS Kesehatan

Di bagian ini kita akan cari tahu bagaimana cara membayar iuran paling gampang kalau kita sudah menjadi anggota atau peserta BPJS Kesehatan. Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa cara berikut ini. Pilih saja yang menurutmu paling gampang.

1. Lewat ATM

Kalau kamu punya kartu ATM, kamu bisa membayar iuran BPJS Kesehatan ini dengannya. Cara ini bisa dibilang paling gampang dan simpel karena kamu tidak perlu antre, seperti membayar iuran kantor BPJS.

Kartu ATM yang tersedia untuk layanan ini adalah: BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, dan BCA.

Caranya gimana?

Contoh membayar iuran BPJS melalui ATM BRI

1. Masukan kartu ATM
2. Pilih Bahasa > ketik nomor PIN
3. pilih Transaksi Tunai
4. pilih Transaksi Lainnya
5. Pilih Pembayaran
6. Cari menu BPJS (kalau belum ada maka pilih lagi Lainnya
7. Pilih BPJS
8. Pilih BPJS Kesehatan
9. Masukan nomor peserta
10. Muncul nama dan cek kesesuaian datanya
11. Masukan jumlah nominal yang dibayarkan (sesuai tagihan)

2. Kantor BPJS Kesehatan

Cara ini cocok buat kamu yang rumahnya dekat dengan kantor BPJS Kesehatan. kamu cukup mendatangi kantor tersebut dan minta tolong pada petugas yang ada untuk melakukan pembayaran iuran.

3. Kantor Pos

Kamu juga bisa membayar iuran BPJS Kesehatan lewat kantor POS. Cara ini cocok buat orang yang tinggal di pedesaan karena jauh dari kantor BPJS atau belum ada mesin ATM. Biasanya kantor pos ini masih ditemui sampai di pelosok-pelosok desa.

Kamu tinggal pergi ke kantor pos, dan meminta petugas untuk minta tolong petugas yang ada untuk membayar BPJS.

4. Indomaret atau Alfamart

Selanjutnya kamu juga bisa membayar BPJS Kesehatan lewat Indomaret atau Alfamart. Keduanya sudah menyebar di Indonesia dan mudah ditemui.

Kamu tinggal ke kasir langsung (kalau nggak perlu berbelanja dulu) dan bilang pada penjaganya untuk membayar BPJS Kesehatan.

5. Toko Online

Kamu juga bisa lho melakukan pembayaran BPJS  Kesehatan lewat toko online seperti Tokopedia dan Bukalapak. Kamu bisa lewat aplikasinya dengan membuat akun dan cari menu untuk BPJS. Lalu ikuti langkahnya. 

Akhir Kata

Nah, itulah informasi tentang Cara cek BPJS Kesehatan paling mudah dan bagaimana cara pembayarannya. Semoga cara ini dapat membantu dan sampai ketemu lagi di post selanjutnya.

Baca juga:
Cara daftar PayPal
Jangan lupa share artikel ini kalau bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Cek BPJS Kesehatan, Cek Tagihan, dan Cara Bayar Iuran"

Berlangganan via Email