Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegunaan Twitter, Ini Dia 10 Fitur Tersembunyi yang Harus Kamu Ketahui

Kegunaan Twitter

Kegunaan Twitter, banyak juga yang tanya bagaimana sejarah twitter, cara menggunakan twitter, cara membuat twitter, daftar twitter, pengertian twitter menurut para ahli, fitur twitter, fungsi instagram, fungsi twitter pada speaker.

di jaman yang maju seperti sekarang ini, kamu bisa berbagi setiap momen dan pemikiran kepada orang lain. Nggak cuma terekam dalam ingatan saja, tapi bisa dibagikan lewat media sosial.

Salah satu dari sekian banyak situs media sosial yang laris manis dengan jutaan pengguna adalah Twitter.

Bahkan dibandingkan dengan facebook, pengguna media sosial dari seluruh dunia lebih sering aktif menggunakan Twitter. Mulai dari artis-artis, pemain sepak bola, atau orang-orang yang berpengaruh di dunia hampir semuanya punya akun twitter yang aktif.

Situs Media sosial ini memang unik tapi banyak yang suka. Dalam media sosial ini kamu cuma punya kapasitas 140 karakter untuk mengungkapkan pemikiran atau cuma update status lewat sebuah tweet.

Tentunya ini berbeda dengan facebook yang memungkinkan kamu membikin kata-kata yang lebih panjang.

Perbedaan lain dengan facebook adalah di Twitter ini kamu nggak perlu menambahkan teman, menunggu konfirmasi dari teman yang kamu add atau sebaliknya, tapi kamu cukup follow atau unfollow saja untuk mengikuti postingan dari suatu akun.

Tentu saja di Twitter kamu juga bisa berkirim gambar, video, dan link yang menuju suatu situs.

Selain untuk posting cuitan dan follow, ada banyak kegunaan tersembunyi dari Twitter yang masih jarang diketahui orang. Informasi ini saya temukan dari situs Hipwee.com

Yuk, Simak ulasan berikut ini biar kamu lebih ahli menggunakan twitter.

Kegunaan Twitter Tersembunyi

1. Tag teman tanpa menyebutkan nama

Di twitter kamu bisa langsung menge-tag temanmu tanpa harus menyebutkan (me-mention) namanya.

Karena karakter maksimal dari tweet yang dibatasi cuma 140 karakter, kamu bisa lebih menghemat dengan me-mention seseorang langsung dalam foto atau video.

Belum lagi, kalau username akun yang di-mention itu terlalu panjang. Jadi, kamu nggak perlu mengurangi batasan karakter karena menandai teman.

Bagaimana caranya?

Kamu bisa membuka foto atau video yang diupload dan carilah fitur Who’s in this photo?

Kalau kamu nggak menemukan fitur ini kamu bisa update dulu aplikasi Twitter-mu di versi terbaru.

2. Langsung bikin kolase foto

Kamu juga bisa menggabungkan beberapa foto untuk membikin sebuah kolase yang keren dengan mudah di Twitter. Caranya cukup gampang kok, kamu tinggal upload beberapa foto (add more)  dan kolase akan muncul secara otomatis.

3. GIF berputar otomatis

Di twitter kamu juga  bisa mengupload file GIF. Tapi biasanya file GIF ini tidak akan berputar secara otomatis. Jadi perlu sedikit trik biar GIF-mu bisa terputar otomatis di linimasa followers-mu.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal pin twit GIF kamu, maka gambar bergerak yang kamu unggah akan terputar otomatis di linimasa pengikutmu.

Gambar bergerak akan terlihat lebih menarik dengan trik ini.

4. Bisa menjadwalkannya tweet

kalau kamu mau ngirim tweet malam-malam, kamu Gak perlu begadang gaes. Karena kamu bisa menjadwalkan tweet-mu di waktu yang spesifik namun dengan aplikasi khusus. Baca selengkapnya 10 Aplikasi Twitter Terbaik.

Dengan aplikasi tambahan kamu bisa ditayangkan pada waktu-waktu tertentu.

5. Kuasai shortcut pintasan

Kamu bisa melakukan bermacam hal hanya dengan kombinasi tombol-tombol pintas atau shortcut lewat keyboard-mu. Oleh karena itu cara ini hanya untuk kamu yang menggunakan twitter PC.

Jadi kamu nggak perlu repot-repot untuk menggunakan mouse untuk melakukan sesuatu. Berikut ini beberapa shortcut yang bisa kamu pake ketika menggunakan twitter.

1. Page up dan Page down, untuk scroll web ke atas atau ke bawah.
2. Tombol J untuk pindah ke tweet berikutnya dan K untuk kembali ke tweet sebelumnya.
3. Enter untuk membuka tweet, Escape untuk menutup tweet.
4. L untuk Suka
5. R untuk Balas
6. T untuk Retweet
7. N untuk tweet baru
8. B untuk blok
9. U untuk bisu
10. M untuk DM

6. Bisa ngetwit lewat SMS

Kalau kamu nggak punya smartphone, kamu masih bisa kok twit lewat SMS. Tapi cara ini harus mengatur dulu akun Twittermu lewat browser di komputer.

Begini caranya,

masuk ke menu Pengatutan > pilih Mobile, lalu tambahkan nomor telepon yang akan kamu gunakan.

Setelah itu, kamu bisa membuat twit lewat SMS dengan nomor tersebut dan kamu juga bisa mengatur notifikasi apa aja yang masuk melalui SMS ke HP-mu.

7. Mute account

kalau kamu menemui banyak tweet dari akun temanmu yang sedikit menyebalkan, kamu bisa membuatnya diam alias tidak tampil lagi di beranda twitter-mu tanpa meng-unfollow akun tersebut.

Kadang-kadang, ada saja twit sampah di linimasa dengan feed yang gak mutu. Tapi, sayangnya kita segan buat unfollow mereka karena dia temanmu. Nah, kamu bisa membisukan akun dia alias mute account dengan fitur Mute.

Caranya kamu bisa klik simbol titik tiga > lalu pilih mute account.

Kalau kamu ingin melihat akun-akun yang sudah dibisukan, kamu bisa buka pengaturan > Muted Accounts. Dan kamu juga bisa mengembalikan lagi dengan pilih Unmute Account.

8. Tambahkan tagar di bio Biar lebih gampang ditemukan

Kalau kamu menambahkan tagar atau hashtag di bio, akun twitter-mu akan lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang mengikuti dan mencari tagar yang bersangkutan tersebut.

Hal ini juga menjadi salah satu trik untuk meningkatkan popularitas maupun jumlah follower aktif yang kamu miliki.

9. Data tentang aktivitasmu

Twitter juga menyediakan sejumlah data untuk mengecek seberapa tertarik sih follower-mu dengan tweet-tweetmu yang sudah kamu post.

Analisis aktivitasmu di Twitter ini bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu akan tahu semua twit yang kamu post, twit mana saja yang menjangkau lebih banyak audiens, dan mana yang paling banyak mendapatkan respon, dan ada juga info pertumbuhan followers-mu, dan sebagainya.

Caranya kamu tinggal kunjungi laman analytics.twitter.com setelah kamu login di Twitter. Kalau kamu butuh data tersebut untuk disimpan kamu bisa mengunduhnya dengan format CSV.

10. Mengunduh dan membaca seluruh twitmu dari awal sampai akhir

Kalau kamu ingin mengenang kembali saat pertama kali menggunakan Twitter, dimana kamu dan saya masih 4L4Y, kamu bisa Unduh semua twitmu mulai dari awal sampai akhir.

Setelah itu kamu bisa membaca seluruh twitmu dari awal sampai akhir melalui format HTML document. Mungkin ada banyak tweet yang alay-alay, galau, serta motivasi yang mungkin bisa membangkitkan kenanganmu di masa lalu.

Untuk mengarsipkan semua twitmu buka pengaturan > pilih Account > klik request Your Archive.

Kalau sudah kamu akan mendapat tautan untuk mengunduh semua twitmu yang dikirimkan lewat email.

Akhir Kata

Dari sejumlah fitur-fitur tadi, berapa banyak yang udah kamu tahu gaes?

Berikan pendapatmu di kolom komentar. Semoga dapat membantu dan sampai ketemu lagi di post selanjutnya.

Jangan lupa share artikel ini kalau bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kegunaan Twitter, Ini Dia 10 Fitur Tersembunyi yang Harus Kamu Ketahui"

Berlangganan via Email