10 Aplikasi Backup Data di Android, Siap Amankan Data Game, Aplikasi, Kontak dan Lainnya

Aplikasi Backup - Backup data atau mencadangkan file adalah salah satu hal yang penting dilakukan oleh pengguna smartphone.

Mengapa?

Karena kita gak akan tahu kapan akan melakukan kesalahan yang menyebabkan banyak file-file dalam ponsel menjadi hilang.

Apalagi ada banyak file penting yang kita simpan di ponsel kita. Wah, bisa gawat.

Janga  lewatkan juga Cara backup data wa Tanpa aplikasi dan cara backup kontak.


Tentu saja banyak orang yang menyimpan berbagai macam jenis file seperti foto, musik, dan video atau data lainnya di smartphone mereka.

Tapi banyak orang bahkan tidak menyadari bahwa (eh kayak iklan binomo) mencadangkan file itu penting. Mereka menganggap aman-aman saja.

Banyak file yang disimpan di memori smartphone akan hilang karena ada kesalahan pengguna seperti memperbarui setelan pabrik, mengoprek sistem dan lainnya. Atau file juga mungkin hilang beserta HP-nya.

Bener gak?

Mungkin kamu punya usul begini,

Kan kita masih bisa melakukan cara mengembalikan file yang terhapus?

Benar, itu juga bisa.

Tapi harus menggunakan aplikasi backup data yang cukup baik.

Dan selain itu, cara tersebut punya banyak kelemahan,

1. Tidak semua file akan kembali, biasanya file yang sudah lama dihapus gak bisa dikembalikan.
2. Kebanyakan file yang berhasil dikembalikan gak sempurna atau eror (gak bisa dibuka)
3. dan lainnya.

Jadi, cara mengantisipasi biar file gak hilang adalah dengan mencadangkannya.

Nah, kali ini Area Fokus memberikan rekomendasi Aplikasi Backup di android yang terbaik. Daftar ini saya sarikan dari Android Authority.

Aplikasi backup android ke pc, aplikasi backup data root, aplikasi backup data iphone, aplikasi backup kontak, aplikasi backup data game, cara backup data aplikasi android, aplikasi cadangan untuk android, aplikasi backup data pc.

Aplikasi Backup Data di Android

Dengan aplikasi cadangan, kamu bisa lebih mudah untuk mencadangkan file kamu di internet. Memang gak semua file di hp kamu harus dicadangkan. Tapi, mungkin ada beberapa file penting yang harus ada cadangannya.

Daftar aplikasi backup android:
  1. Resilio Sync
  2. Autosync
  3. AB&S Pro
  4. Backup Your Mobile
  5. G Cloud Backup
  6. Google Photos
  7. Migrate
  8. Solid Explorer
  9. Super Backup Pro
  10. Titanium Backup
  11. Google Backup
  12. Cara Backup Manual

Kita lihat satu per satu,

1. Resilio Sync

Resilio Sync menjadi salah satu aplikasi cloud yang favorit. Selain mudah digunakan, Aplikasi cadangan ini berjalan dengan baik.

Aplikasi Backup

Aplikasi ini memiliki cara mencadangkan file yang unik. Berbeda dengan layanan penyimpanan cloud lainnya, dalam aplikasi ini kamu akan mencadangkan file di smartphone android ke komputer kamu sendiri.

Tapi untuk melakukan hal tersebut, butuh sedikit proses untuk menghubungkan ponsel dan komputer.

Tapi, kalau kamu gak punya komputer, maka aplikasi ini juga menyimpan sebagaimana aplikasi cloud lainnya yang akan mencadangkan file di suatu tempat.

2. Autosync

Selanjutnya, Autosync. Aplikasi ini ada beberapa pilihan seperti Dropbox, Google Drive, OneDrive, Box, dan lainnya. Kamu bisa pilih Autosync for Goggle Driva kalau kamu menggunakan akun google atau lainnya sama saja.

Aplikasi Backup

Masing-masing dari aplikasi tersebut memungkinkan kamu untuk mencadangankan file ke penyimpanan internet secara otomatis.

Selain itu, kamu juga bisa mensinkronisasi penyimpanan dengan mudah. Kalau kamu mengunggah file ke Drive, aplikasi Autosync juga akan menyimpan file tersebut di perangkat yang menggunakan akun google yang sama.

Kamu bisa menginstal aplikasi ini secara gratis di play store. Hanya saja versi gratis dari aplikasi ini mengunggah file dibatasi maksimal 10MB.

3. AB&S Pro

Selanjutnya ada AB&S Pro yang dibuat oleh Buggy_Apps. Aplikasi ini cocok buat kamu yang instal banyak aplikasi penting atau game.

Aplikasi Backup

Sebenarnya aplikasi ini lebih khusus untuk mencadangkan aplikasi atau game yang terinstal di HP. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memBackup aplikasi dan game atau share aplikasi dengan lebih mudah.

Aplikasi ini sangat berguna kalau kamu sering gonta-ganti hp dan pingin menginstal aplikasi yang sama. Jadi kamu gak perlu repot-repot download lagi di play store. Cukup sinkronisasi saja dan semua aplikasi atau game akan terinstal.

Sayangnya aplikasi ini gak gratis. Kalau kamu tertarik, kamu bisa membelinya dengan harga 84.000 di play store. Atau lihat dulu aplikasi rekomendasi berikutnya di bawah ini,

4. Backup Your Mobile

Kalau kamu suka dengan aplikasi backup yang sederhana, kamu bisa menggunakan aplikasi yang satu ini gaes. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mencadangkan aplikasi, pengaturan sistem, WA, SMS, MMS, log panggilan, dan hal lainnya.

Aplikasi Backup

Desain interface atau tampilan aplikasi ini cukup sederhana menjadikannya mudah digunakan. Kamu juga bisa menginstal Aplikasi ini secara gratis di play store.

5. G Cloud Backup

G Cloud backup menjadi salah satu penyimpanan atau cloud online yang bisa kamu pilih untuk mencadangkan file-mu. Aplikasi ini memungkinkan kamu membuat cadangan pesan SMS, daftar kontak, foto, video, musik, dokumen, dan berbagai file lainnya.

Aplikasi Backup

Ini gak kayak Google Drive atau OneDrive. Aplikasi cloud ini hanya khusus untuk bahan cadangan ponsel dan gak terhubung dengan Google drive atau lainnya.

Kamu juga bisa melakukannya secara otomatis atau manual untuk menyeleksi hanya mencadangkan file-file yang penting saja.

Aplikasi ini ini memberi kuota ruang sebesar 1GB secara gratis. Atau kamu bisa memiliki penyimpanan tanpa batas dengan membayar $ 3,99.

6. Foto Google

Aplikasi Foto Google memungkinkan kamu untuk mencadangkan foto dan video secara gratis. Aplikasi ini sudah menjadi aplikasi bawaan di hp android. Jadi kamu gak perlu instal aplikasi ini di play store.

Kalau di hp kamu masih belum, kamu harus instal dulu dari play store dan gratis.

Aplikasi Backup

Dengan fitur sinkronisasi, kamu bisa mencadangkan foto atau video dan bisa dilihat di platform mana pun. Kamu bisa membuka foto di PC, tab, atau perangkat lainnya. Bahkan kamu juga bisa membuka file yang kamu cadangkan lewat web.

Untuk versi gratis, maka foto yang kamu cadangkan akan dikurangi sedikit kualitasnya.

7. Migrate (perlu root)

Migrasi menjadi salah satu aplikasi yang memungkinkan kamu mencadangkan banyak file. Sayangnya aplikasi ini hanya bekerja untuk ponsel yang sudah diroot.

Aplikasi Backup

Kamu bisa mencadangkan aplikasi, game, data aplikasi, data game, izin aplikasi, SMS, log panggilan, daftar kontak, dan lainnya. Kamu bisa mencadangkan semuanya dengan membuat file ZIP

8. Solid Explorer

Selanjutnya ada Solid Explorer. Aplikasi ini menjadi aplikasi peramban yang punya fungsi untuk pencadangan. Aplikasi ini memungkinkan kamu membuat cadangan file dalam satu tampilan saja.

Aplikasi Backup

Jadi, kamu gak perlu repot-repot untuk menemukan dimana file disimpan. Kamu cukup mengetik judul file atau folder saja, dan akan muncul.

Kamu bisa mencadangkan file ke kartu memori eksternal atau ke penyimpanan cloud. Selain aplikasi ini, ada juga aplikasi MiXplorer Silver yang punya fitur semacam.

9. Super Backup Pro

Super Backup menjadi salah satu aplikasi backup di android yang juga punya tampilan yang sederhana dan mudah digunakan.

Aplikasi Backup

Dalam aplikasi ini kamu bisa mencadangankan aplikasi, game, kontak, SMS, kalender, dan lainnya. Aplikasi ini akan membantu kamu menentukan letak pencadangan file dengan lebih gampang.

10. Titanium Backup (Perlu root)

Titanium Backup menjadi salah satu aplikasi backup yang punya banyak pilihan. Hanya saja aplikasi ini bisa bekerja di perangkat ponsel yang sudah diroot. Aplikasi ini juga lebih populer karena kinerjanya yang stabil, sering ada pembaruan, dan punya banyak fitur.


Yang bikin beda dari aplikasi cadangan ini adalah kamu bisa membekukan dan menghapus instalan bloatware, aplikasi cadangan, data game dan banyak lagi.

Cara Cadangkan Data Tanpa Aplikasi Backup

11. Google Backup atau Google Drive

Fitur ini bisa kamu temukan di menu Pengaturan ponsel. Dengan fitur ini kamu bisa membuat cadangan banyak info, seperti aplikasi, game, pengaturan sistem, dan lainnya. Sayangnya fitur ini gak ditemukan di beberapa perangkat.

Tapi dengan cara ini kamu harus melakukannya secara manual dengan mengunggahnya satu per satu.

12. Cara Manual

Tanpa Aplikasi, kamu juga masih bisa mencadangkan file penting dengan cara menyimpannya di komputer. Kamu bisa gunakan cara manual seperti menggunakan kabel data USB, Slot memori card dan lainnya.

Akhir Kata

Itulah ulasan tentang Aplikasi Backup Data yang bisa kamu instal di hp kamu untuk mengamankan file-file penting.

Kamu juga bisa menggunakan 2 cara manualnya tanpa menginstal aplikasi tambahan.

Apa komentarmu tentang pencadangan file semacam ini?
Berikan pendapatmu di kolom komentar gaes.

Baca juga:
Cara backup chat line
Cara restore windows 10

Sekian dulu ulasan kali ini. Semoga dapat membantu dan sampai ketemu lagi post selanjutnya. Cara backup data di android paling gampang.

Tidak ada komentar untuk "10 Aplikasi Backup Data di Android, Siap Amankan Data Game, Aplikasi, Kontak dan Lainnya"

Berlangganan via Email