Kumpulan Emulator Android untuk PC, Bisa Buat Emulator Sendiri

Emulator Android - Banyak orang yang ingin memainkan game android atau menjalankan aplikasi android di perangkat komputer. Cara yang paling populer untuk ini adalah menggunakan emulator android.

Emulator Android

Ada beberapa alasan mengapa penggua PC ingin menjalankan OS android di perangkat komputer mereka. Diantaranya adalah main game, buka aplikasi android dan lainnya.

Memang beberapa game atau aplikasi android tidak bisa dimainkan di PC secara langsung. Dengan main game di PC, maka pemain akan lebih mudah menguasai permainannya karena bermain dengan layar yang lebih lebar, kontrol permainan lebih mudah dan banyak lagi kelebihan lainnya.

Nah, kali ini Area Fokus punya beberapa rekomendasi Emulator Android yang terbaik dan Ringan yang bisa kamu instal di perangkat komputer atau laptop kamu.

Eemulator android untuk pc ringan, emulator android paling ringan dan cepat, emulator android ringan 2019, emulator android terbaik 2019 - 2020.

Beberapa emulator android gratis dan emulator android untuk pc spek rendah, emulator android ringan untuk netbook, emulator android ringan ram 1gb.

Sebelum melihat daftar aplikasi, kita lihat dulu apa saja sih fungsi emulator ini di PC?

Yuk simak ulasannya!

Baca juga:
Emulator android paling ringan dan cepat
Emulator Android untuk PC Spek Rendah
Emulator Android Terbaik
game basket


3 Kegunaan Emulator Android di PC

Ada tiga fungsi utama emulator yang diinstal di PC, antara lain adalah:

1. Main game

Alasan yang paling sering menggunakan emulator android di PC adalah karena main game seperti yang saya katakan tadi. Gamer bisa lebih mudah memainkan game kesukaan mereka di komputer.

2. Pembuatan dan Pengembangan Aplikasi

Selanjutnya emulator ini juga sering digunakan untuk pengembangan dan pembuatan aplikasi atau game. Dengan layar PC yang lebih luas, pengguna bisa lebih leluasa untuk mengedit android studio.

3. produktivitas

Mungkin yang ini lebih jarang, tapi beberapa orang memang menggunakan emulator android untuk membuka aplikasi android yang sudah sering digunakan tapi belum disediakan di perangkat PC atau multiplatform.

Daftar Emulator Android Terbaik

Kamu bisa pilih salah satu aplikasi emulator di bawah ini gaes. Kamu baca deskripsinya dulu di pembahasan di bawahnya sebelum kamu instal aplikasinya di PC. Beberapa emulator ini bisa juga kamu temukan untuk perangkat MacOS dari Apple.

Kumpulan Emulator Android:
  1. Bluestacks
  2. Emulator Android Studio
  3. MEmu
  4. Nox
  5. GameLoop
  6. Genymotion
  7. LDPlayer
  8. ARChon
  9. Bliss OS
  10. Phoenix OS
  11. PrimeOS
  12. Remix OS Player
  13. Xamarin
  14. YouWave 
  15. VirtualBox

Untuk ulasan lengkapnya simak pembahasan berikut ini.

Emulator Android Terbaik di PC

1. Bluestacks

Yang pertama ada Bluestacks. Aplikasi ini menjadi aplikasi terbaik diantara beberapa emulator android. Aplikasi ini juga sudah cukup senior.

Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Windows dan Mac dan sama-sama bekerja dengan baik. Aplikasi ini juga terus diupdate dengan penambahan-penambahan baru dan pemangkasan fitur-fitur yang sudah gak perlu. Khususnya di segi permainan game.

Satu-satunya kelemahan dari aplikasi ini adalah kinerjanya yang sangat berat dan membutuhkan spek PC yang cukup tinggi biar bisa lancar. Tapi ini memang punya fitur terbanyak. Aplikasi bluestacks juga bisa kamu download secara gratis.

Download Bluestacks


2. Emulator Android Studio

Android Studio menjadi aplikasi yang terkenal untuk membuat dan menembangkan aplikasi android. Android ternyata juga menyediakan emulator bawaan yang berfungsi untuk menguji aplikasi atau game yang sudah kamu buat.

Kalau kamu berniat menggarap aplikasi atau game android kamu harus coba aplikasi yang satu ini gaes. Aplikasi ini menyediakan fitur yang lengkap untuk pengujian. Aplikasi ini juga bisa kamu download secara gratis.

Download Emulator Android Studio

3. MEmu

MEmu menjadi emulator Android yang cukup populer belakangan ini. Aplikasi ini disukai oleh banyak gamer. Salah satu fitur paling utama dari aplikasi ini adalah berjalan baik di chipset AMD dan Intel.

Aplikasi ini juga mendukung Android Jelly Bean, Kit Kat, dan Lollipop dan cukup baik dalam fitur pengujian. Emulator ini bisa berfungsi dengan baik untuk main game, pengembangan aplikasi atau untuk produktivitas. Aplikasi ini juga bisa kamu download secara gratis.

Download MEmu

4. Nox

Emulator ini juga cocok untuk main game. Nox menjadi emulator Android di PC yang juga disukai para gamer dengan kontrol dan keyboard. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu bergerak leluasa hanya dengan keyboard.

Aplikasi Nox ini juga bisa kamu download secara gratis.

Download Nox

5. GameLoop

Selanjutnya ada GameLoop yang menjadi emulator Android yang cocok untuk para gamer. Emulator ini juga sangat bagus dalam memainkan game dari Tencent seperti Call of Duty: Mobile, PUBG Mobile, dan lainnya.

Sayangnya emulator ini gak bagus untuk fungsi pembuatan aplikasi atau produktivitas.

Download GameLoop

6. Genymotion

Genymotion menjadi Emulator Android yang lebih fokus untuk pengembangan aplikasi. Emulator ini memungkinan kamu menguji aplikasi di berbagai perangkat. Kamu bisa konfigurasi emulator untuk berbagai versi Android seperti 4.2, 6.0 dan lainnya.

Aplikasi emulator ini juga bsia kamu instal secara gratis.

Download Genymotion

7. LDPlayer

LDPlayer menjadi emulator Android lainnya yang cocok buat main game. Emulator ini juga masih aktif melakukan pembaruan. Sayangnya emulator ini masih mengalami beberapa bug dalam beberapa game seperti CODM.

Emulator LDPlayer ini juga bisa kamu download secara gratis.

Download LDPlayer

8. ARChon

ARChon sedikit berbeda dengan emulator lainnya. Emulator ini diinstal sebagai ekstensi Google Chrome. Jadi, nantinya kamu akan menjalankan aplikasi atau game android lewat browser chorme.

Aplikasi ini sedikit rumit karena pengguna harus menggunakan alat untuk mengubah APK agar membuatnya kompatibel dan beberapa langkah untuk bisa berfungsi.

Aplikasi ini bisa dijalnkan di Mac OS, Linux, Windows, dan lainnya.

Download ARChon

9. Bliss OS

Bliss OS menjadi emulator yang sedikit berbeda dengan mesin virtual. Sayangnya untuk membuat mesin virtual sendiri cukup merepotkan. Aplikasi emulator ini lebih fokus untuk consol game android.

Ini juga bisa kamu download secara gratis.

Download Bliss OS

10. Phoenix OS

Selanjutnya ada Phoenix OS yang menjadi emulator yang lebih baru. Emulator ini juga cocok untuk para gamer tapi juga pas juga buat produktivitas. Emulator ini punya layanan Google Play yang memungkinkan kamu mendapatkan aplikasi di play store terupdate.

Download Phoenix OS

11. PrimeOS

PrimeOS menjadi emulator berikutnya yang juga sedikit beda dengan lainnya. Kamu akan menginstal aplikasi ini sebagai partisi di PC dan akan menjalankan emulator Android aslinya. Emulator ini berfokus pada permainan game.

Download PrimeOS

12. Remix OS Player

Berikutnya Remix OS Player yang menjadi emulator terbaru. Aplikasi ini menjalankan versi Android Marshmallow. Proses instalasi emulator ini juga mudah dan cukup sederhana. Emulator ini memungkinkan kamu main beberapa game sekaligus.

Download Remix OS Player

13. Xamarin

Xamarin adalah Emulator yang mirip kayak Android Studio. Hanya aplikasi ini akan menambahkan Microsoft Visual Studio untuk tujuan pengembangan lebih besar. Ini juga punya pengujian aplikasi atau game. Dan kurang cocok untuk digunakan main game.

Download Xamarin

14. YouWave 

Selanjutnya ada YouWave yang menjadi emulator yang cukup senior. Sayangnya pengembang emulator ini juga malas melakukan pembaruan dan terakhir pada tahun 2016. Proses instalasi emulator ini mudah.

Aplikasi ini lebih fokus pada fitur khusus game dan kamu bisa download versi gratisnya.

Download YouWave


15. VirtualBox

Sebenarnya VirtualBox bukan emulator android. Hanya saja, kamu bisa membuat emulator sendiri dengan aplikasi ini. Tentunya ini cukup ribet buat yang males belajar bukan?

Tapi, ini cukup menarik kalau kamu ingin membikin emulator versi kamu sendiri. Dan kamu lebih tahu komposisi yang kamu butuhkan. Ada banyak sekali panduan untuk pembuatan emulator ini di internet.

Download VirtualBox

Akhir Kata

Itulah kumpulan Emulator Android yang bisa kamu jadikan pilihan di PC kamu. Informasi ini dilansir dari Android Authority. Kalau kamu baca ulasan tadi, tiap emulator punya kelebihan masing-masing.

Ada beberapa emulator yang cocok untuk dibuat main game seperti Bluestacks , MeMu, KoPlayer, dan Nox.

Ada Emulator yang lebih fokus untuk pembuatan aplikasi atau game android seperti Xamarin dan Genymotion.

Apa kamu punya pendapat tentang aplikasi-aplikasi tadi gaes. Berikan ulasanmu di kolom komentar ya.

baca juga:
Kamera HP Terbaik

Sekian dulu artikel kali ini, semoga dapat membantu dan sampai ketemu lagi di post selanjutnya yang gak kalah menarik. Jangan lupa share artikel ini kalau bermanfaat.

0 Response to "Kumpulan Emulator Android untuk PC, Bisa Buat Emulator Sendiri"

Posting Komentar