Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kompres Video di Android Ukuran Paling Kecil

Cara Memperkecil Ukuran Video - dengan gampang yang bisa kamu lakukan cukup di HP Android kamu. Cara ini berguna untuk menghemat penyimpanan atau membuat postingan video yang ukurannya harus kecil.

Cara memperkecil ukuran video di android, cara kompres video dengan videopad gak perlu convert video ukuran besar online.

Cara memperkecil ukuran video untuk youtube dengan aplikasi kompres video, cara kompres video agar bisa dikirim wa, cara kompres video dengan handbrake.

Cara Kompres Video di Android

Selain foto Video menjadi salah satu media yang banyak digunakan orang, baik untuk konten youtube, nge-vlog, info peristiwa dan lainnya.

Apalagi sekarang dunia videografi bisa dijelajahi dengan lensa ponsel doang. Banyak orang yang bisa membuat hasil video menarik dan keren.

Teknologi kamera di HP juga semakin bagus, pada pembahasan lalu kita sudah ulas bagiamana cara lihat kamera HP terbaik saat ini. Dan ditambah dengan Aplikasi edit video android yang membuat hasil video lebih profesional.
Semakin bagus kamera HP, kualitas rekaman video juga semakin bagus. Namun sayangnya ada beberapa hal kita harus memperkecil ukuran video.

Seperti ketika mengirim video di WA, posting ke medsos, penyimpanan penuh atau lainnya. Maka ukuran video yang besar gak akan bisa dikirim atau diunggah.

Nah, kali ini kita akan ulas bagaimana cara memperkecil ukuran video. Bisa untuk mengecilkan ukuran video rekaman HP, atau video yang kamu download dari internet.

Mari kita lihat,

Cara Kompres Video di Android

Sayangnya di android masih belum menyediakan fitur bawaan untuk kompres video. Maka kali ini kita akan menggunakan bantuan aplikasi yang bisa didownload gratis di playstore.

Instal Aplikasi Ini

Pertama kamu buka playstore, lalu instal aplikasi Panda video compressor. Tunggu sampai proses instalasi selesai lalu buka aplikasi.

Sebenarnya ada banyak aplikasi kompres video lainnya yang bisa kamu gunakan. Semuanya sama-sama mudah digunakan, hanya saja kelengkapan fitur dan kinerjanya sedikit berbeda.

Pilih Video

Setelah kamu buka aplikasinya maka kamu pilih video yang akan dikompress. Di aplikasi ini kamu juga bisa memilih beberapa video sekaligus.

Cara Kompres Video

Ketik memilih, ada gambar cuplikan yang memudahkan kamu membedakan dengan video lainnya. Kalau sudah, kamu klik berikutnya.

Pilih Kualitas Video

Selanjutnya kamu pilih kualitas video. Ini juga penting karena di sini kamu akan menyesuaikan ukuran sesuai dengan kebutuhan. Semakin kecil ukuran video maka kamu bisa lebih hemat penyimpanan atau berbagi namun juga kualitas video akan lebih menurun.

Cara Kompres Video

Sedikit penjelasan:

Berkas kecil, adalah kompres ukuran video paling maksimal yang menjadikan ukuran video paling kecil.

Berkas medium, adalah kompres ukuran video sedang. Untuk lebih detailnya, kamu lihat pada ukuran yang dihasilkan.

Berkas besar, adalah kompres ukuran video dengan sedikit mengurangi kualitas sehingga kualitas video hampir sama namun ukurannya berkurang sedikit.

Sesuaikan untuk Email, adalah kompres ukuran video yang cocok buat pengiriman email.

Tunggu Proses dan Selesai

Selanjutnya kamu tinggal menunggu proses kompres sampai selesai. Biasanya sih agak lama. Tapi lama atau tidaknya tergantung dari ukuran video yang dikompres.

Kalau sudah kamu bisa menyimpan hasil kompres ke memori HP atau langsung membagikannya ke media sosial.
Cara Kompres Video

Di sini kamu juga bisa membandingkan kualitas video dari sebelum dikompres Vs sudah dikompres. Kalau kita lihat di gambar, bahkan bisa mengecilkan dari ukuran video 118MB menjadi 10MB. Cukup signifikan bukan?

Dengan ukuran video yang kecil, kamu bisa membagikannya ke modsos mana pun dengan mudah.

Gampang kan?

Selamat mencoba!

Kelebihan Kompres Video dengan Aplikasi Android

Dengan kompres ini ada beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan, antara lain:
  1. Lebih mudah
  2. Hasil kompres signifikan
  3. Lebih hemat memori dan cloud
  4. Lebih hemat data seluler saat posting
  5. Bisa mengirimkan video berkualitas tinggi via email
  6. Berbagi video ke media sosial lebih mudah
  7. Banyak pilihan format video
  8. dll

Kekurangan Kompres Video

Dengan kompres ini ada juga beberapa kekurangan yang perlu kamu perhatikan:
  1. Kualitas video menurun (meski sedikit)
  2. Proses kompres biasanya cukup lama
  3. Kadang batal sendiri
  4. Hasil kompres kadang eror / rusak (meski jarang)

nah, itu tadi Cara Memperkecil Ukuran Video di android yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa pilih cara yang menurutmu paling gampang.

Atau kamu lebih suka Cara memperkecil ukuran video di laptop atau PC tanpa mengurangi kualitas dengan hasil yang gak kalah maksimal.

Apa kamu punya pendapat tentang artikel ini gaes?

Berikan masukanmu di kolom komentar ya..

Sekian dulu pembahasan hari ini, semoga dapat membantu dan sampai ketemu lagi di post selanjutnya. jangan lupa share artikel ini kalau bermanfaat gaes.

Posting Komentar untuk "Cara Kompres Video di Android Ukuran Paling Kecil"

Berlangganan via Email