Gampang! Cara Cek Penggunaan data Internet di Xiaomi

Penggunaan data - Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas bagiamana cara untuk cek penggunaan data dari HP. Di sini saya pake HP Xiaomi dan mungkin untuk hp merk lainnya gak jauh beda letaknya.


Internet sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia hari ini. Bener gak?

Hampir semua kegiatan sehari-hari membutuhkan koneksi internet. Baik untuk urusan pekerjaan, pendidikan, nge-game, chattingan, atau nonton film.

Apalagi harga paket intetnet semakin hari semakin murah. Baik menggunakan paket data kartu atau paket layanan wifi.

Kalau kamu sendiri pake koneksi apa gaes?

Banyak orang yang penasaran, berapa sih kuota internet yang sudah dihabiskan dalam sehari ini?

Mungkin saking asyiknya nonton film, main ig, twitter, fb atau lainnya sampai-sampai ada peringatan kalau penggunaan data hari ini sudah banyak. Sampai kuota habis atau kena FUP yang bikin koneksi jadi lemot.

Nah, pada ulasan ini kita akan cek penggunaan data yang sudah kita habiskan di HP Android.

Dengan cara ini kamu akan tahu informasi penggunaan data internet baik pake kuota atau pake wifi. Kamu bisa melihat dari beberapa ukuran:

Selama hari ini, kemarin, bulan ini dan bulan lalu.

Kamu juga bisa melihat aplikasi apa saja yang paling banyak menghabiskan data internet. Di sini kamu juga bisa mengecek apakah ada aplikasi yang berjalan dengan sendirinya tanpa sepengetahuanmu yang menghabiskan internet.

Selain cek penggunaan data, pada artikel kali ini kita akan ulas bagaimana cara untuk membatasi penggunaan data aplikasi.

Oke kita simak satu per satu,

Cara Melihat Penggunaan Data di Android

Di sini saya menggunakan HP Xiaomi gaes, mungkin untuk merk HP lain letaknya sedikit berbeda.

Ada dua cara yang bisa kita gunakan,

1. Dari Layar Scroll

Entah apa nama aslinya, ada yang bilang layar kedua, layar menu, layar pengaturan pokoknya tampilannya kayak gini:
Penggunaan data

Hari ini, saya menghabiskan data sebesar 1,66 GB dan bulan ini sebesar 14GB. Lumayan boros.

Kamu juga bisa langsung info tersebut untuk melihat detail penggunaan data. Untuk mengecek aplikasi mana saja yang memakan data paling banyak. Atau membatasi data.

Penggunaan data]

Gimana, mudah kan?

2. Dari Pengaturan

Langsung saja kamu buka pengaturan. Dan ikti step by step berikut ini:

Pertama kamu pilih Koneksi & berbagi > Penggunaan Data

Lebih jelasnya lihat gambar berikut ini:

Penggunaan data

Catatan: Untuk penggunaan internet wifi kamu klik pojok kanan atas.

Di sana kamu bisa melihat rincian penggunaan data internet dari data seluler atau wifi.

Sudah berhasil?

Kalau belum tanyakan kendalamu di kolom komentar ya gaes..

Cara Membatasi Penggunaan Data Aplikasi

Setelah kita mengetahui info penggunaan data, kamu bisa membatasi  penggunaan data aplikasi. Digunakan untuk mencegah aplikasi menghabiskan kuota terlalu banyak.

Oke begini langkah-langkahnya:

1. Buka Info Penggunaan data dengan cara ini

Di layar utama, scroll layar ke bawah. Dan klik data internet yang digunakan.

Penggunaan data


Lalu kamu pilih menu batasi penggunaan data seperti pada gambar di bawah:

Penggunaan data

2. Pilih Aplikasi yang dibatasi

Selnjutnya kamu tinggal pilih aplikasi yang akan dibatasi. Tinggal klik dan kalau muncul tanda silang, maka aplikasi sudah dibatasi seperti pada gambar ini:

Penggunaan data

Untuk mengatur seberapa besar batas pengguna kamu bisa kembali dan klik atur batas pengguna kayak gambar berikut:

Penggunaan data

Oke selesai!

Akhir kata

Itu tadi cara untuk mengecek Penggunaan data yang bisa kamu lakukan dengan gampang. Kamu juga bisa mengetahui aplikasi mana saja yang paling boros kuota dan cara untuk membatasinya.

Apa kamu punya pendapat tentang artikel ini?

Berikan usulanmu di kolom komentar ya..

Semoga dapat membantu dan sampai ketemu lagi di post selanjutnya yang lebih seru. Jangan lupa share artikel ini kalau bermanfaat.

Kata kunci terkait:
cara menghapus penggunaan data di xiaomi
cara mematikan batas penggunaan data xiaomi
cara menghapus penggunaan data samsung j2 prime
cara menghapus penggunaan data internet
cara membatasi penggunaan data hp xiaomi
cara membatasi penggunaan data aplikasi
maksud penggunaan data latar belakang
cara mengatur penggunaan data di hp asus

Tidak ada komentar untuk "Gampang! Cara Cek Penggunaan data Internet di Xiaomi"

Berlangganan via Email