Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Aplikasi Root Android Terbaik, Kinerja Paling Ampuh

Aplikasi Root - yang akan membantu kamu rooting HP Android tanpa menggunakan komputer. Kita akan menggunakan bantuan aplikasi yang paling populer dan memberikan kinerja yang ampuh.

Download aplikasi root apk bisa termasuk aplikasi root xiaomi, aplikasi root samsung yang bagus seperti aplikasi root pc terbaik, aplikasi root tanpa pc, kingo root, aplikasi root oppo, king root apk.

Root menjadi istilah yang gak asing lagi di kalangan pengguna android. Apalagi bagi orang yang suka mengotak-atik atau mengoprek android.

Apa kamu termasuk salah satunya gaes?

Root HP bisa dilakukan dengan beberapa cara, bisa menggunakan HP atau PC.

Namun belakangan ini rooting android menjadi hal yang sangat jarang dilakukan. Mungkin karena lebih sulit dilakukan.

Dulu rooting tinggal instal aplikasi dan klik-klik sesuai dengan perintah aplikasi. Tapi untuk versi Android 7 Nougat ke atas, sistem akan melakukan pengecekan integritas kriptografi yang lebih ketat.

Hp harus kompatibel dengan aplikasi rooting yang digunakan. Kalau tidak, kamu harus melakukan riset untuk tutorial rooting seperti di forum XDA Developer.

Dan aplikasi untuk root android juga melakukan pembaruan-pembaruan dalam hal kinerja. Mereka juga perlu untuk menyesuaikan sistem di android terbaru.

Ada beberapa aplikasi root yang bisa kamu andalkan seperti daftar aplikasi yang akan kita ulas pada pembahasan kali ini.

Namun sebelumnya kita akan bahas sedikit mengenai root android.

Root Adalah

Sebuah proses yang memungkinkan kamu mendapatkan kontrol yang lebih leluasa pada berbagai subsistem Android. Jadi pengaturan sistem yang sebelumnya tidak bisa kamu kontrol, maka dengan proses root kini kamu bisa mengontrolnya.

Pembatasan akses ini memang berasal dari pabrik alias bawaan. Root sering menjadi pilihan bagi orang yang kurang puas dengan kemampuan HPnya, atau sekedar ingin meningkatkan kinerja.

Tapi kamu juga harus memperhatikan risiko yang mungkin terjadi ketika kamu melakukan root. Kamu bisa simak di bagian akhir artikel tentang risiko dan manfaat rooting android.

Aplikasi Root Android Terbaik

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk root android dengan lebih mudah. Namun beberapa aplikasi ini gak tersedia di playstore, kamu bisa klik link yang sudah saya sediakan atau mencarinya di google.

Dari daftar aplikasi ini silahkan kamu pilih salah satu aplikasi saja karena tujuan dan fungsi aplikasinya gak jauh beda. Mungkin masing-masing aplikasi berbeda di bagian tampilan dan fitur tambahannya.

Oke, berikut ini nama aplikasi-aplikasi root terbaik:
1. Tasker
2. Sd Maid
3. Official TWRP App
4. Substratum
5. Simple Reboot
6. Titanium Backup
7. Migrate
8. Greenify

Mati kita lihat satu per satu..

1. Tasker

Tasker

Yang pertama kamu bisa instal aplikasi Tasker. Ini menjadi aplikasi favorit sekal rilis pertama kali. Aplikasi tasker memberikan kinerja yang ampuh dan kekuatan otomasi yang sangat bagus.

Dengan ini kamu bisa mengontrol hampir semua sistem di perangkat Android.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan dengan Tasker:

Membuat aplikasi berjalan Otomatis berdasarkan lokasi, waktu, jaringan Wi-Fi, SMS atau Panggilan, dan banyak lagi.

Sayangnya aplikasi ini berbayar gaes. Kamu bisa membelinya di playstore atau mencar gratisannya di google.

2. SD Maid

SD Maid

Selanjutnya kamu bisa mengandalkan aplikasi SD Maid. Aplikasi ini termasuk jenis aplikasi pembersihan sistem dan bisa digunakan di ponsel yang diroot atau tidak diroot. Hanya saja kalau ponsel kamu belum diroot maka fiturnya lebih terbatas.

SD Maid menyediakan sejumlah fitur berguna yang memungkinkan kamu membersihkan sistem. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis atau berbayar.

Salah satu fitur yang bisa kamu dapatkan adalah memberikan notifikasi ketika ada file sampah setelah uninstal, membersihkan file sistem, mengoptimalkan file data, menemukan duplikat, file explorer dan banyak lagi hal lainnya.

Kalau kamu tertarik kamu bisa klik link ini.

3. Official TWRP App

Official TWRP App

Selanjutnya ada aplikasi Official TWRP. Dengan aplikasi ini kamu bisa memperbarui pemulihan sistem yang ada, mencadangkan pengaturan atau file,  atau bisa juga untuk mem-flash HP android.

Dalam aplikasi juga disediakan panduan singkat dan rincian lebih lanjut tentang Official TWRP.

4. Substratum

Substratum

Sebenarnya ini adalah aplikasi untuk mengatur Substratum. Dengan tema lewat aplikasi ini, kamu bisa melakukan beberapa pengaturan sistem. Aplikasi ini sebelumnya dikenal dengan CyanogenMod yang cukup populer.

Kamu bisa mengendalikan aspek-aspek terbaik dari sistem UI bawaan dan menyesuaikan pengaturan Android lebih leluasa. Aplikasi ini juga punya komunitas yang cukup besar. Silahkan klik di sini untuk download aplikasi substratum.

5. Simple Reboot

Simple Reboot

Atau kamu bisa menggunakan aplikasi Simple Reboot. Ini termasuk salah satu aplikasi yang gratis dari XDA Recognized Developer. Dengan aplikasi ini kamu bisa mem-boot ulang HP android. Mengkustom ROM dan banyak lagi fitur berguna lainnya.

Aplikasi simple reboot juga tersedia di playstore dan bisa kamu instal secara gratis. Hanya saja aplikasi ini bisa berjalan di ponsel yang sudah diroot.

6. Titanium Backup

Titanium Backup

Titanium backup adalah aplikasi cadangan terbaik di android. Sudah lebih dari 25 juga pengguna dari playstore.

Dengan aplikasi ini kamu bisa melakukan beberapa pengaturan sistem atau aplikasi lebih leluasa. Hanya saja aplikasi ini agak sulit untuk langkah awalnya. Kamu juga bisa download aplikasi ini secara gratis dari playstore.

7. Migrate

Migrate

Migrate adalah aplikasi yang lebih baru di daftar ini. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengkustom ROM dengan lebih mudah. Nantinya bisa kamu gunakan untuk mencadangkan aplikasi, kontak, pesan dan lainnya.

Migrate juga tersedia grtis di playstore. Di dalam aplikasi juga disediakan tutorial penggunaan untuk memudahkan pengguna baru.

8. Greenify

Greenify

Selanjutny ada Greenify yang bisa membantu kamu menghemat daya baterai. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini tanp root. Aplikasi ini punya tampilan yang simpel sehingga mudah digunakan.

Ada beberapa fitur yang bermanfaat yang bisa kamu temukan  di aplikasi ini seperti Greenify hibernate apps termasuk untuk menyesuaikan fitur Doze Android dan banyak lagi.

Risiko Root Android

Ada beberapa risiko yang harus kamu ketahui sebelum kamu melakukan rooting pada HP android. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Masalah Keamanan

Yang pertama jelas masalah keamanan. Dengan melakukan root di android, maka ponsel sudah disisipi sistem dari luar yang membuka peluang untuk para hacker atau virus berbahaya.

2. Eror Karena Salah Langkah

Root memang dilakukan oleh orang tertentu yang ingin menambah performa di atas standar. Namun kalau salah langkah bisa menyebabkan ponsel mengalami eror seperti stuck booting, brick dan lainnya.

3. Garansi Tidak Berlaku

Kalau kamu membeli hp baru dan bergaransi, maka ini bisa hilang dengan kamu melakukan rooting di android. Pihak terkait biasanya akan mengecek Ponsel yang dikembalikan apakah sudah mengalami root atau belum, bahkan bisa terdeteksi meskipun sudah di unroot.

4. Masalah Update OS

Pada perangkat android yang sudah diroot akan sulit atau bahkan tidak bisa melakukan update OS. Ya, meskipun hal ini jarang dilakukan.

Mungkin kamu akan tetap menerima notifikasi update, namun kamu gak bisa melakukannya dan akan ditolak oleh sistem.

dll.

Manfaat Root di HP Android

Selain itu ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika me-root hp android. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kontrol Lebih Leluasa

Yang pertama jelas kamu lebih leluasa mengontrol pengaturan dalam HP, baik menambah, mengurangi, atau memodifikasi file.

Kamu juga bisa menghapus beberapa aplikasi bawaan yang gak diperlukan. Mengatur hotspot Wifi, mod UI, mod App dan lainnya.

2. Meningkatkan Kinerja

Atau sering disebut dengan overclocking. Kinerja ponsel akan dibikin lebih cepar melebihi kekuatan standar.

3. Menghemat Penyimpanan Internal

Kamu juga bisa menghemat penyimpanan internal karena bisa menghapus beberapa file atau aplikasi bawaan yang tidak digunakan.

dll

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi root android yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa pilih salah satu dari daftar tadi. Apa kamu sudah punya pilihan?

Tadi kita juga sudah tahu beberapa kelebihan dan kekurangan root hp android. Jadi kamu bisa mempertimbangkan sendiri sesuai kebutuhan.

Root memang memungkinkan HP bekerja lebih kencang, memori internal lebih besar sedikit, kustom aplikasi dan pengaturan, namun kamu juga harus mempertimbangkan beberapa risiko di atas.

Baca juga:
Cara mengunci aplikasi di iPhone paling aman
Cara kompres Video di android

Oke, sekian dulu artikel kali ini. Semoga dapat membantu dan sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya yang gak kalah seru.

Posting Komentar untuk "8 Aplikasi Root Android Terbaik, Kinerja Paling Ampuh"

Berlangganan via Email