Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Aplikasi Pembuat Aplikasi Android Paling Populer

Aplikasi Pembuat Aplikasi Android - yang paling banyak digunakan karena memiliki fitur yang lengkap dan lebih mudah digunakan.

Kalau kita lihat, perkembangan dunia software di android meningkat begitu pesat. Banyak aplikasi atau game baru yang bermunculan di playstore. Dan memang ada banyak aplikasi yang membantu kehidupan manusia hari ini,

Termasuk aplikasi office android, aplikasi pengingat sholat, aplikasi pembuat video, aplikasi desain rumah dan banyak lagi lainnya yang bisa kamu simak di pembahasan aplikasi.

Banyak yang bertanya gimana sih caranya membuat aplikasi android?

Aplikasi Pembuat Aplikasi

Salah satunya adalah menggunakan bantuan aplikasi atau software. Ada beberapa software yang bagus dan populer yang digunakan untuk membuat aplikasi android seperti yang akan kita ulas di pembahasan ini.

Daftar ini adalah aplikasi untuk PC. Memang sementara ini belum ada aplikasi android untuk membuat aplikasi karena membutuhkan mekanisme yang detail.

Kamu bisa memilih salah satu dari rekomendasi berikut ini.

Aplikasi Pembuat Aplikasi Android

1. Android Studio

Siapa sih yang gak kenal dengan aplikasi ini? Android studio menjadi aplikasi yang sangat populer untuk pembuatan aplikasi android. Apalagi ini adalah aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh mbah Google.

Android Studio memiliki banyak fitur berguna dan terus melakukan pembaruan sampai sekarang.

Beberapa fitur yang disediakan di Android Studio adalah:

Mendukung Gradle-based build
Android specific refactoring dan pengaturan perbaikan cepat
Lint tools untuk menangkap kinerja aplikasi, cek kompatibilitas versi, dan lainnya
Penananda tanganan aplikasi yang dibuat
Edit tampilan
Pengembangan aplikasi Android Wear.
Editor tata letak dengan drag and drop
Google Cloud Platform
Dan banyak lagi lainnya

2. Eclipse

Selanjutnya kamu bisa gunakan aplikasi Eclipse. Software ini memungkinkan kamu membuat dan mengembangkan aplikasi untuk banyak Platform.

Aplikasi Eclipse ini menggunakan bahasa pemrograman Java, C, C++, Phyton, Perl, Php, dan banyak lainnya yang bisa kamu pilih.

Ini menjadi aplikasi yang paling populer sebelum Google merilis android studio di tahun 2013. Namun aplikasi ini masih banyak yang menggunakan.

Aplikasi Eclipse mengusung desain open source dan mendukung banyak plugin seperti android studio. Kamu bisa mendownload aplikasi Eclipse ini di situs resminya.

3. NetBeans

Selanjutnya ada NetBeans yang menjadi pembuat aplikasi android berbahasa Java, c++, php, dan beberapa yang lain.

NetBeans juga mengusung desain Open Source yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi android dan PC.

Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan perusahaan Oracle dan kamu harus menambahkan aplikasi tambahan lainnya seperti JDK dan JRE.

4. Xamarin

Di aplikasi Xamarin kamu akan membuat aplikasi menggunakan bahasa pemrograman C#. Aplikasi ini dikembangakan oleh Xamarin Inc. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat aplikasi android dan iOS.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Xamarin yang terintegrasi dengan Visual Studio atau hanya Xamarin Studio. Keduanya hampir sama, namun yang paling sering digunakan adalah yang pertama untuk perangkat Windows.

5. Unity

Berikutnya ada aplikasi Unity yang gak kalah populer. Aplikasi ini banyak digunakan untuk membuat game baik android atau iOS. Mungkin kamu pernah main game dari playstore, dan di awalnya ada label unity kayak monument valley.

Nah, game tersebut adalah contoh buatan dari unity.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat game dengan tampilan 3D atau 2D. Beberapa bahasa program didukung di aplikasi ini adalah Javascript, C#, C++ dan beberapa lainnya.

6. Apache Cordova

Aplikasi ini sebelumnya dikenal dengan nama PhoneGap. Apache Cordova termasuk software framework untuk pembuatan dan pengembangan aplikasi Android dan iOS. Yang menarik dari aplikasi ini adalah mendukung bahasa HTML 5 dan CSS3. Fitur ini memungkinkan kamu membuat aplikasi yang kompatible untuk perangkat android, iOS dan windows.

Selain itu aplikasi ini juga mendukung bahasa pemrograman lain seperti C3, javascript, dan lainnya.

7. Adobe Flash

Adobe flash juga menjadi aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi atau game di android. Sebenarnya ini adalah software pembuat animasi tapi kamu bisa menggunakannya untuk membuat aplikasi atau game sederhana.

Namun saya lebih merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi lainnya di atas.

Itulah tadi beberapa rekomendasi Aplikasi pembuat aplikasi android yang bisa kamu gunakan di PC.

Kalau kita lihat,

hampir semua aplikasi di atas memerlukan bahasa pemrograman meski sedikit. Jadi, untuk membuat aplikasi yang bagus usahakan kamu juga tahu sedikit-sedikit di bagian coding.

Atau kalau tidak kamu bisa bekerjasama dengan teman yang menguasai bidang pemrograman.

Gimana menurutmu?

Kalau saya sendiri lebih suka dengan android studio yang memiliki fitur lengkap dan mendapat dukungan penuh dari Google, pemilik playstore. Jadi kamu bisa membuat aplikasi yang lebih berguna.

Berikan masukanmu lewat kotak komentar di bawah. Sampai di sini saja artikel aplikasi ini, semoga dapat membantu dan sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya.

Kata kunci terkait:
software pembuat aplikasi desktop
software pembuat aplikasi android tanpa coding offline
software pembuat aplikasi pc
software pembuat aplikasi android online
software yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi android
aplikasi tools android
membuat aplikasi di pc
cara membuat aplikasi android di pc

Posting Komentar untuk "7 Aplikasi Pembuat Aplikasi Android Paling Populer"

Berlangganan via Email