Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Backup iPhone ke Komputer dan iCloud

Cara Backup iPhone

Cara Backup iPhone - Backup data menjadi salah satu hal yang jarang dilakukan oleh orang, baik pengguna android atau iPhone.

Emang kenapa sih iPhone perlu di backup?

Begini,

Backup data adalah melakukan penyimpanan cadangan baik via online (icloud) atau perangkat lain seperti ke komputer.

Hal ini dilakukan untuk mengamankan data-data yang disimpan di iPhone biar gak hilang. Dengan melakukan pencadangan seperti ini pengguna bisa mengambil file sewaktu-waktu karena kamu memiliki salinan informasi yang dapat digunakan.

Backup data juga  sangat membantu kalau kamu ganti perangkat iPhone.

Apalagi kita gak tahu apa yang akan terjadi, karena bisa saja data yang di iPhone tiba-tiba rusak terkena virus, serangan hacker, atau iPhone hilang atau rusak.

hmm.. kalau iPhone menyimpan data-data penting kan bisa puyeng.. bener gak?

Nah, oleh karena itu, backup data ini perlu dilakukan kalau di iPhone kamu menyimpan banyak hal penting.

Caranya juga sangat gampang kok. Semoga tulisan cara backup data iPhone ini bisa membantu kamu.

Selain iPhone, kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk mencadangkan iPad dan iPod touch.

Ada dua cara yang gampang dan bisa langsung kamu lakukan.

Pertama, backup ke iCloud dan
Kedua, backup ke komputer.

Mari kita simak satu per satu..

Cara Backup iPhone ke iCloud

Ini adalah cara yang paling sering digunakan oleh pengguna iPhone. Karena lebih simpel dan hanya butuh koneksi internet.

Caranya kayak di bawah ini,

1. Sambungkan iPhone ke WiFi

Sebenarnya kamu juga bisa menggunakan paket data, hanya saja kamu perlu mengubah pengaturan dan hidupkan cadangan perangkat melalui koneksi apa pun.

Dan kalau menggunakan paket data, sediakan kuota yang cukup apalagi file yang dicadangkan berukuran besar.

2. Buka Pengaturan > Nama Perangkat > Pilih iCloud.

Selanjutnya kamu buka menu pengaturan perangkat dan pilih nama kamu. Lalu akan muncul beberapa menu dan pilih iClod di bagian bawah. Lihat gambar di bawah ini:

Cara Backup iPhone
sumber gambar: support.apple.com

3. Ketuk Cadangan iCloud > Cadangkan Sekarang

Selanjutnya kamu hidupkan cadangan iCloud dan pilih cadangkan sekarang. Maka iPhone kamu akan langsung mencadangkan data.

Cara Backup iPhone
sumber gambar: support.apple.com

Usahakan kamu tetap tersambung dengan jaringan Wi-Fi sampai proses backup tuntas. Sambil menunggu kamu juga bisa melakukan kegiatan lain seperti chatting, youtube dan lainnya.

Kamu bisa memeriksa proses dan memastikan bahwa cadangan selesai dengan membuka Pengaturan > nama perangkat > iCloud > Cadangan iCloud kayak langkah awal tadi.

Atur Pencadangan Otomatis ke iCloud

Kamu juga bisa mengatur otomatis pencadangan ke iCloud. Dengan cara ini maka perangkat iPhone kamu akan mencadangkan data setiap hari.

Berikut ini caranya:
  1. Hidupkan Cadangan iCloud di Pengaturan > nama perangkat > iCloud > Cadangan iCloud
  2. Sambungkan iPhone ke charger
  3. Sambungkan iPhone ke jaringan WiFi
  4. Kunci layar iPhone
  5. Pastikan ruang di iCloud yang cukup untuk backup (biasanya sih gratis 5GB)

Gimana mudah kan?

Cara mencadangkan dengan komputer

Kamu juga bisa lho mencadangkan file iPhone ke komputer. Cara ini sangat membantu kalau di iCloud kamu sudah penuh.

Kalau kamu menggunakan komputer windows, maka caranya hanya menggunakan kabel USB dan sambungkan iPhone ke komputer. Lalu pilih data yang akan dicadangkan dan simpan di folder khusus.

Kalau kamu menggunakan laptop atau komputer MAC, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Sambungkan iPhone ke laptop

Ada sedikit perbedaan untuk versi OS terbaru dan lama.

Di macOS Catalina 10.15 silahkan kamu buka Finder.
Di macOS Mojave 10.14 atau versi lebih lama atau di PC silahkan kamu buka iTunes.

2. Masukkan kode sandi jika diminta

Biasanya perangkat iPhone akan diminta untuk konfirmasi berupa kode sandi perangkat atau konfirmasi Percayai Komputer Ini. Maka kamu tinggal ikuti langkah-langkah di layar iPhone.

Kalau kamu lupa kode sandi, coba kamu cek di bantuan.

Lakukan sampai iPhone tersambung dengan komputer. Kalau tidak, kamu bisa cek dan pelajari di tindakan yang harus dilakukan.

3. Simpan data Kesehatan dan Aktivitas jika perlu

Kalau kamu ingin menyimpan data Kesehatan dan Aktivitas kamu bisa menambahkan keamanan cadangan dengan "mencentang kotak Enkripsi cadangan". Lalu buat kata sandi yang mudah diingat dan simpan di tempat yang aman.

Kamu juga bisa membuat cadangan yang tidak dienkripsi sandi dengan klik "Cadangkan Sekarang"

Kalau menggunakan kata sandi, tulis kata sandi dan simpan di tempat yang aman. Mengapa? Karena tidak ada cara lain untuk memulihkan cadangan dari iTunes tanpa kata sandi ini.

4. Selesai

Setelah proses pencadangan selesai, kamu bisa mengecek bahwa backup data sudah berhasil dilakukan.

Cara Backup iPhone
sumber gambar: support.apple.com

Gimana, gampang kan?

Oke, itu tadi Cara Backup iPhone yang bisa kamu lakukan dengan gampang. Di tulisan ini kamu bisa tahu bagaimana cara mencadangkan data iPhone ke iCloud atau komputer. Keduanya sama-sama mudah.

Kalau di iCloud lebih simpel karena kamu hanya butuh koneksi internet saja. Namun ruang penyimpanan di iCloud terbilang kecil, hanya 5GB saja.

Kalau di komputer kamu memerlukan kabel usb atau menghubungkan kedua perangkat yang kadang ribet. Namun penyimpanan di komputer lebih leluasa.

Jadi, kamu gunakan saja sesuai dengan kebutuhan kamu gaes.

Apa kamu punya pendapat tentang artikel kali ini?

Berikan masukanmu di kolom komentar ya,.

Semoga dapat membantu dan sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya yang gak kalah seru. Jangan lupa share artikel ini kalau bermanfaat.

Kata kunci terkait:
cara backup iphone ke google drive
cara melihat hasil backup iphone di komputer
cara backup whatsapp iphone tanpa icloud
cara backup data iphone tanpa itunes
cara backup data iphone ke android
cara backup data iphone ke iphone baru
cara memulihkan cadangan icloud
cara backup aplikasi di iphone

Posting Komentar untuk "Cara Backup iPhone ke Komputer dan iCloud"

Berlangganan via Email