Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Coba Nih 8 Cara Mempercepat Cas HP yang Work

Cara Mempercepat Cas HP - Cas baterai, adalah salah satu hal yang sering dilakukan oleh pengguna ponsel baik dari android atau iOS. Mungkin ibarat manusia yang harus mengisi tenaga dengan asupan makanan dan minuman.

Hanya saja kalau manusia punya aneka ragam gizi yang bisa dipilih untuk kebutuhan tubuh. Tapi kalau baterai ponsel?

Cara Mempercepat Cas HP

Baterai memang menjadi salah satu komponen ponsel yang paling penting karena disitulah energi ponsel tersebut disimpan dan digunakan. Semakin sering HP dipakai maka baterai juga semakin cepat habis. Semakin baterai cepat habis akan semakin sering cas.

Dengan perkembangan teknologi hari ini, proses cas HP juga bisa lebih singkat. Bahkan ada yang gak sampai satu jam sudah bisa penuh meski mulai dari 0%.

Namun untuk ponsel-ponsel yang lawas, memang memiliki proses pengecasan yang lebih lama. Hampir semua membutuhkan waktu berjam-jam untuk penuh 100%, bener gak?

Kalau kamu menggunakan HP dari tahun berapa gaes?

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat cas HP. Cara ini sering saya lakukan sendiri ketika mengecas dan terbukti lebih cepat.

Kalau sangat cepat sih nggak, cuma ada perbedaan meski sedikit ketika menggunakan cara ini. Kamu bisa mengujinya sendiri.

Termasuk cara mempercepat cas hp xiaomi 4x, cara mempercepat pengisian baterai hp xiaomi, cara cepat mengisi baterai hp oppo, cara cepat mengisi baterai hp asus, cara mempercepat pengisian baterai hp oppo, cara cepat mengisi baterai hp samsung atau merk lainnya.

Tapi bukan tips agar charge hp dua kali lebih cepat atau aplikasi mengisi baterai sendiri.

5 Cara Mempercepat Cas HP

1. Aktifkan Mode Pesawat

Hal pertama yang paling mudah adalah mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode.

Mengapa mode pesawat?

Karena dengan mode ini, ponsel akan mematikan beberapa akses seperti ineternet, telepon dan lainnya. Dan hal-hal yang dimatikan oleh mode pesawat termasuk yang menguras baterai.

Jadi, dengan cara ini baterai akan lebih cepat penuh ketimbang dicas kayak biasanya. Karena ponsel masih mencari data internet, telepon dan lainnya.

2. Redupkan Kecerahan Layar

Selanjutnya, atur kecerahan sangat minimal asalkan masih kelihatan. Layar adalah salah satu hal yang mengonsumsi baterai sangat banyak. Apalagi layar-layar yang besar.

Selain meredupkan, kamu juga bisa mematikan layar. Dengan cara ini ponsel gak akan mengeluarkan daya untuk layar.

3. Jangan Gunakan HP Saat Cas

Kalau ini sudah pasti dan gak perlu panjang lebar. Semakin sering dipakai, maka baterai akan semakin cepat habis. Apalagi main game, ibarat pemasukan dan pengeluarannya daya sama besarnya. Bahkan bisa berkurang meskipun dicas.

4. Gunakan charger bawaan 

Biasanya charger bawaan yang original lebih bagus untuk cas HP. Selain lebih cepat, juga lebih awet. Karena kadang kalau menggunakan Charger lain menimbulkan efek samping pada baterai. Bisa cepat panas, lama, dan bahkan kembung.

Yang paling berpengaruh dari charger adalah kepala charger lalu kabel USBnya.

5. Matikan HP Kalau Perlu

Ini juga menjadi langkah efektif untuk cas HP lebih cepat. Karena baterai HP gak lagi kepake untuk sinyal, internet, layar, dan aplikasi latar belakang lainnya. Namun kelehamannya kamu gak akan tahu kalau ada pesan atau panggilan masuk.

6. Jangan Cas HP via USB Laptop

Karena tegangan daya di komputer atau laptop sangat kecil jadi kalau kamu ngecas pake USB akan lemot. Bahkan bisa gak nambah daya sama sekali. 

7. Cas Baterai 10% Ke atas

Atau ada yang bilang jangan sampai 0%. Karena biasanya baterai lebih lama habis ketika kondisi minim karena ada cadangan-cadangan yang disimpan. Dan cadangan ini akan kembali diisi ketika dicas.

8. Gunakan charger dengan tegangan lebih tinggi

Cara ini kurang saya rekomendasikan. Karena kalau salah bisa berakibat buruk pada baterai HP. Usahakan menggunakan cas original, kalau nggak ada kamu bisa menggunakan yang tegangannya lebih tinggi sedikit dari bawaan.

Memang menggunakan cas yang Ampere nya besar bisa lebih cepat, namun kesehatan baterai juga terpengaruh.

Oke, itu tadi beberapa tips untuk cara mempercepat cas HP yang bisa kamu lakukan. Tips ini bisa ditambah dan dikurangi sewaktu-waktu tergantung efektif atau tidak di masa datang.

Atau kamu bisa mengusulkan untuk menambahi di kolom komentar di bawah.

Sampai sini dulu artikel ini dan semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa share kalau berguna and see you next time.

Baca juga:
Cara mengatasi baterai kembung dengan kulkas

Posting Komentar untuk "Coba Nih 8 Cara Mempercepat Cas HP yang Work"

Berlangganan via Email