Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Microsoft Word Online, Buat Dokumen Tanpa Instal Aplikasi

Microsoft word online - Cara alternatif yang mudah untuk membuat dokumen tanpa menginstal aplikasi apa pun. Siap?

Dokumen menjadi hal yang sangat penting dan banyak digunakan dalam dunia pendidikan, usaha, perkantoran dan lainnya. Bener gak?

Salah satu software yang paling terkenal adalah produk dari Microsoft, yakni Office Word.

Microsoft Word Online

Mungkin kamu sudah gak asing lagi dengan nama aplikasi yang satu ini. Ya, Microsoft Word kayak artisnya aplikasi yang harus ada di PC atau laptop. Karena hampir semua orang menggunakan aplikasi ini untuk keperluan olah dokumen.

Dan sekarang aplikasi word ini juga tersedia untuk perangkat android dan iOS. Kamu bisa menginstalnya gratis dari playstore atau Appstore.

Pada pertemuan sebelumnya kamu sudah tahu kan apa saja:
Aplikasi PPTX untuk Android Paling Bagus
Aplikasi Office Android Tanpa Iklan

Kali ini AreaFokus akan ulas Microsoft word online dan beberapa situs alternatif yang bisa digunakan.

Emang bisa nulis di word secara online?
Bisa banget.

Ada beberapa situs yang bisa digunakan untuk hal ini. Karena ini web online, maka kamu harus punya koneksi internet selama membuat naskah dan bisa kamu mengaksesnya lewat HP atau PC.

Ini adalah cara paling pas kalau kamu gak mau ribet download dan instal aplikasi.  Karena banyak yang kesulitan untuk Microsoft Word Download dari internet.

Kamu bisa membuka lewat browser HP atau PC dan langsung mengolah dokumen secara online. Kamu juga bisa langsung menyimpan file ke berkas komputer atau HP. Enak kan?

Simak caranya di pembahasan berikut ini:

Microsoft Word Online

Di sini kamu bisa ikuti beberapa langkah untuk membuat dokumen di web online. Caranya sama gampangnya kok dengan word offline biasanya. Kamu juga bisa lihat gambar-gambar berikut ini kalau kurang jelas.

1. Buka Situs Ini

Kunjungi office.live.com

Ini adalah web yang bekerjasama dengan Microsoft office secara resmi. Di situs ini lah kamu bisa membuat dokumen, menyimpan ke onedrive, berbagi file dokumen dan lainnya dengan mudah.
Selain itu kamu juga bisa menggunakan fitur lainnya seperti power point online, excel online dan lainnya.

Sebenarnya ada juga beberapa pilihan situs lainnya yang bisa kamu simak di bawah nanti.

2. Regristasi

Di situs ini mengharuskan pengguna untuk memiliki akun microsoft, kalau kamu masih belum punya kamu tinggal regristasi. Caranya gampang kok. Kamu pilih "buat akun baru" seperti gambar di bawah ini:

Microsoft Word Online

Kamu bisa mendaftar menggunakan nomor HP atau email. Lalu tinggal ikuti langkah-langkah selanjutnya sampai selesai. Usahakan memakai No. HP dan email yang aktif, karena untuk verifikasi nantinya.

3. Buat Dokumen Baru

Berikut ini adalah tampilan web setelah kamu berhasil login. Kamu bisa langsung klik lembar tanda + untuk membuat dokumen baru.

Microsoft Word Online

4. Isi Dokumen Seperti Biasanya

Selanjutnya kamu bisa mengisi dokumen seperti biasanya. Mulai dari mengatur ukuran kertas, jenis dan ukuran font, dan lainnya. Kamu bisa lihat gambar di bawah ini:

Microsoft Word Online

5. Simpan

Kalau sudah selesai membuat dokumen, kamu juga bisa menyimpan hasilnya di komputer. Begini caranya:

Buka File > Pilih Simpan Sebagai > Unduh Salinan

Microsoft Word Online

Di sini kamu juga bisa mengganti nama dokumen, unduh PDF dan lainnya. Boleh juga menyimpan ke onedrive dengan klik simpan sebagai.

Gimana mudah kan?

Atau kamu bisa gunakan situs lain untuk buat dokumen seperti di bawah ini:

Alternatif: Situs Dokumen Online Lainnya

Ada beberapa situs yang menyediakan layanan online untuk membuat dokumen. Kamu bisa menjajal satu per satu dari situs ini dan pilih sendiri yang paling pas buat kamu.

1. Google Dokumen

Silahkan kunjungi Google Dokumen Online

Ini adalah situs yang gak kalah populer untuk membuat dokumen secara online. Tampilannya juga mudah digunakan dan mirip kayak office word. Kamu juga bisa mengolah, edit dokumen dan simpan lebih mudah.

Selain fitur yang lengkap, kamu bisa lebih mudah berbagi hasil file melalui media google seperti email, google drive dan lainnya.

2. DropBox Docs Online

Selanjutnya kamu bisa gunakan situs Dropbox docs online.

Di sini kamu perlu mendaftar seperti pada office word di atas. Tampilan situs juga mudah digunakan untuk membuat, mengedit dan menyimpan hasil dokumen ke komputer. Mudah juga untuk berbagi file ke orang lain.

3. Zoho Writer

Atau kamu bisa kunjungi situs Zoho Writer.

Di sini kamu juga bisa membuat dokumen dengan fitur yang gak kalah lengkap. Kamu bisa menyimpan hasil ke komputer atau cloud. Selain itu situs ini juga memudahkan kamu untuk berbagi hasil dokumen.

Kesimpulan

Itulah ulasan Microsoft Word Online dari AreaFokus.com yang bisa kamu gunakan. Dengan cara ini kamu bisa membuat dokumen secara online dan tanpa instal aplikasi apa pun termasuk MS word.

Kamu juga sudah tahu beberapa situs alternatif lainnya yang sama-sama mudah dan memiliki fitur yang lengkap.

Gimana, gampang kan?

Cara ini juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu tahu.

Kelebihan dari cara ini bisa menghemat RAM dan penyimpanan, bisa dilakukan di perangkat apa saja, fiturnya gak kalah lengkap, berbagi lebih mudah, penyimpanan cloud lebih aman karena dilakukan realtime dan lain-lain.

Kelemahannya, kamu harus tetap online untuk membuat dokumen. Mungkin ini bukan masalah yang besar, namun kurang cocok buat pengguna yang kuota internetnya terbatas. Karena harus selalu online ketika membuat dokumen. Apalgi membuat dokumen yang panjang.

Dan cukup lemot, ini adalah hal yang sangat kerasa kalau ngetik dokumen di web online. Karena web harus menyimpan tiap pengetikan secara otomatis dan realtime.

Kalau menurutmu sendiri gimana gaes?

Berikan masukanmu di bawah ya..

Cara mengirim gambar dari HP ke Laptop via WhatsApp

Sekian artikel word kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya. Jangan lupa share artikel ini kalau berguna.

microsoft word online 2007
word online gratis
buka word online
microsoft word online login student
edit word online gratis
open word online
microsoft word download
word online google

Posting Komentar untuk "Microsoft Word Online, Buat Dokumen Tanpa Instal Aplikasi"

Berlangganan via Email