Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Pembuat Game Populer dan Mudah Digunakan

Aplikasi Pembuat Game - yang paling banyak digunakan dengan fitur lengkap dan mudah digunakan.

Hari ini hampir semua kebutuhan manusia dibantu dengan perangkat smartphone melalui aplikasi. Mulai dari dunia pendidikan, pekerjaan atau bisnis, seni dan banyak lagi. Termasuk aplikasi office androidaplikasi pengingat sholataplikasi pembuat videoaplikasi desain rumah dan lain-lain yang bisa kamu lihat di aplikasi.

Di Play Store banyak sekali macam aplikasi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan manusia.

Aplikasi Pembuat Game

Selain apliakasi, perkembangan dunia game juga sangat pesat. Ada banyak sekali game-game baru yang muncul di smartphone baik playstore atau App store.

Mulai dari game yang sederhana sampai game yang rumit dan detail. Tampilan 2D hingga 3D.

Hmm,, mungkin kamu bertanya:
gimana sih caranya membuat game android atau iOS?

Untuk membuat game kamu bisa menggunakan bantuan Aplikasi pembuat game di PC seperti Aplikasi Pembuat Aplikasi yang sudah kita bahas sebelumnya.

Ada beberapa aplikasi terbaik dan memiliki fitur lengkap untuk membuat game android dan iOS. Selain itu aplikasi ini lebih mudah dibanding aplikasi pembuat game lainnya.

Namun, meskipun lebih mudah aplikasi-aplikasi ini membutuhkan bahasa pemrograman.

Aplikasi Pembuat Game Android dan iOS

Sementara ini belum ada aplikasi smartphone yang bagus untuk membuat game. Karena membuat game atau aplikasi memerlukan sistem yang cukup rumit sehingga membutuhkan tampilan layar yang besar dan fitur lengkap.

1. Unity

Pertama ada aplikasi yang sangat populer, Unity yang dibuat oleh perusahaan Unity Technologies. Dengan aplikasi ini kamu bisa membuat game dengan tampilan 2D atau 3D. Aplikasi ini juga menyediakan layanan berguna yang bisa kamu beli lewat aplikasi.

Menariknya, di sini juga disediakan beberapa materi atau tutorial pembuatan game yang bisa kamu ikuti. Jadi kalau kamu juga bisa belajar dengan mudah lewat aplikasi ini.

Unity bisa membuat game untuk beberapa Platform, diantaranya adalah, iOS, Android, Windows Phone, Tizen OS dan OS Api.

Apalagi Unity bisa kamu gunakan secara gratis untuk pribadi, dan ada biaya langganan untuk edisi plus atau pro. Beberapa game terkenal yang dibuat dengan Unity adalah Lara Croft Go, Pok√©mon Go, Final Fantasy IX, Monument Valley dan banyak lainnya.

2. Unreal Engine

Aplikasi ini cocok buat kamu yang masih pemula karena lebih mudah digunakan dan memiliki fitur yang lengkap. Yang menarik dari aplikasi ini adalah kamu bisa melakukan perubahan atau modifikasi tanpa tahu bahasa pemrograman atau coding.

Tampilannya juga mudah digunakan dan kamu bisa merancang grafik 3D. menguji game di dalam platform dan lainnya.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat game untuk Windows, PS4, Xbox One, Android, HTML5, dll.

Aplikasi ini juga bisa digunakan secara gratis. Beberapa game Android yang terkenal dari software ini adalah Lineage II Revolution, injustice 2, dll.

3. Corona SDK

Selanjutnya ada aplikasi Corona SDK  (2D Game Engine) yang termasuk software pembuat game lintas platform menggunakan bahasa scripting Lua yang cukup mudah dipelajari.

Aplikasi ini memiliki banyak plugin yang memudahkan kamu untuk membuat game. Yang menarik dari aplikasi ini adalah komunitasnya yang rame dan sering melakukan tanya jawab. Di sini kamu bisa banyak belajar membuat game dari Corona SDK.

Corona SDK memungkinkan kamu membuat game untuk platform Android, iOS, Windows Phone, dan beberapa lainnya. 

4. Marmalade SDK

Marmalade termasuk aplikasi yang populer digunakan untuk membuat game android dan PC. Aplikasi ini menggunakan bahasa program C++ yang memungkinkan kamu membuat game dengan tampilan 2D atau 3D.

Dengan aplikasi ini kamu bisa membuat game Android, iOS, dan lain-lain.

Beberapa game yang terkenal yang dibuat dengan marmalade adalah Plants vs Zombies 2, Metal Gear Solid Mobile, Doddle Jump, dan lainnya.

5. Buildbox

Atau kamu bisa gunakan aplikasi Buildbox yang termasuk aplikasi cocok untuk pemula. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat game tanpa coding. Kamu bisa membuta karakter, objek, dekorasi, power up, dan lainnya dengan mudah.

Namun sayangnya aplikasi ini hanya untuk membuat game di platform iOS dan berbayar. Atau kamu bisa menggunakan aplikasi selanjutnya,

6. AppGameKit

AppGameKit adalah salah satu aplikasi pembuat game yang cocok untuk pemula karena tampilannya sederhana dan mudah digunakan. Aplikasi ini menggunakan bahasa program C++ dan bisa kamu pelajari.

Menariknya aplikasi ini juga mendukung lintas platform dan memungkinkan kamu membuat game untuk Android dan iOS.

7. SpriteKit

Ini adalah aplikasi pembuat game yang resmi dari Apple. Aplikasi ini cukup mudah digunakan dan hanya bisa untuk membuat game dengan tampilan 2D.

SpriteKit menggunakan bahasa Swift dan Objective-C dan memiliki fitur-fitur yang berguna dan membantu. Aplikasi ini hanya untuk membuat game di perangkat iOS dan bisa kamu gunakan Gratis.

8. Construct 2 

Selanjutnya kamu bisa gunakan aplikasi Construct 2 yang termasuk platform HTML5 untuk membuat game dengan tampilan 2D. Aplikasi ini juga cocok digunakan untuk pemula dan tidak banyak coding.

Dengan Construct 2 kamu bisa membuat game untuk platform iOS dan Android. Contoh game dari aplikasi ini adalah The Next Penelope, Airscape: The Fall of Gravity.

Namun sayangnya aplikasi ini gak gratis gaes. 

9. Fusion

Fusion adalah aplikasi pembuat game yang berbasis acara dan cocok digunakan untuk pemula. Aplikasi ini menampilkan grafik-grafik yang memudahkan kamu dalam membuat game.

Fusion juga menjadi aplikasi populer untuk pembuatan game 2D. Dengan aplikasi ini kamu bisa membuat game untuk platform Android, iOS dan Windows.

Kamu bisa menggunakan versi gratis atau berbayar.


10. GameMaker Studio 2

Ini adalah aplikasi yang dibuat oleh Yoyo Games dan sering digunakan untuk membuat game 2D. Aplikasi ini juga mudah dipelajari dan cocok buat kamu yang masih belajar.

Dengan aplikasi ini kamu bisa membuat game Android, iOS, Windows Phone, Tizen, PS Vita. Contoh game dari aplikasi ini adalah Hyper Light Drifter dan UNDERTALE.

Itulah tadi beberapa rekomendasi Aplikasi pembuat game android yang bisa kamu gunakan di PC atau laptop.

Ada aplikasi yang membutuhkan bahasa pemrograman atau coding dan ada juga aplikasi untuk pemula tanpa coding. Namun kamu perlu menguasai bahasa coding meski hanya sedikit untuk membuat game yang lebih bagus.

Untuk pilihan paling populer di daftar ini adalah Unity karena memiliki fitur lengkap, lebih mudah dibanding dengan aplikasi lain, dan bisa membuat game yang keren.

Sebenarnya ada nama-nama lain seperti CocoonJS, MonoGame, Amazon Lumberyard, Cocos2DX, Haxe dan Gideros.

Apa kamu punya pendapat tentang artikel ini gaes?
Aplikasi Belanja Online Terbaik Banyak Diskon

Berikan masukanmu lewat kotak komentar di bawah. Sampai di sini saja artikel ini, semoga membantu dan sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Aplikasi Pembuat Game Populer dan Mudah Digunakan"

Berlangganan via Email