Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menabung Emas Online, Gaya Nabung Terbaik Masa Kini

Menabung emas online menjadi salah satu gaya nabung “kekinian” dalam berinvestasi. Hal ini sangat baik demi masa depan kamu. Banyak orang yang keburu ngeri dan minder kalau mau nabung emas karena sekian lama emas terkesan sebagai investasi “angker” dengan harga per gramnya yang sangat mahal.

Sehingga jenis investasi ini sulit dijangkau apalagi buat para pengecer yang bermodal rendah.

Cara Menabung Emas

Padahal kalau kita lihat lebih jauh, tabungan emas begitu menjanjikan mengingat tren harga emas yang stabil dan dalam jangka panjang mengalami kenaikan.

Menariknya investasi emas bisa lebih mudah seiring kemajuan teknologi keuangan digital. Hari ini orang sudah bisa membeli dan menabung emas dengan modal yang sangat ringan. Kayak judul lagu Oasis Little by little; Kini kita bisa membeli dan menabung emas sedikit demi sedikit.

Namun ukuran sedikit bukan lagi 1 gram atau setengahnya, sekarang kita bisa membeli emas seberat 0,01 gram dengan kisaran harga 5000 doang. Hmm, kayak beli cemilan di warung kan?

Sebelumnya tahu nggak, apa arti emas online? Keuntungannya apa saja? Dan bagaimana cara menabung emas?

Mari kita simak satu per satu..

Tabungan emas online adalah?

Menabung emas online adalah layanan penitipan saldo emas yang dilakukan melalui secara digital.

Jadi, kalau kamu membeli emas secara offline di toko emas kamu akan memperoleh emas berbentuk fisik. Sedangkan kalau membeli emas secara online kamu akan memiliki emas dalam bentuk saldo sesuai dengan harga emas.

Dan jumlah ini bisa kamu pantau secara real-time. Ketika saldo emasmu sudah mencapai jumlah batas minimal (biasanya sih 1 gram) maka kamu bisa mencetaknya dalam bentuk fisik.

Kelebihan nabung emas online, kamu bisa membeli emas dalam jumlah yang amat kecil bahkan mulai dari 5000 rupiah saja karena ini berupa emas digital.

Selain membeli emas online kamu juga bisa menjualnya kapan saja dan dimana saja. Tentunya dilakukan secara online juga biar lebih mudah. Kamu tinggal pilih tombol "jual" saat harga emas naik.

Jadi gak perlu repot-repot pergi ke toko emas.

Simpelnya, dengan menabung emas secara online kita bisa membeli emas eceran dengan jumlah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Emas online ini bisa dibeli melalui penyedia layanan via aplikasi atau marketplace tertentu. Untuk pembayaran bisa dilakukan via dompet digital atau transfer bank.

Manfaat menabung emas online

Bukan kah penjelasan tadi terdengar menggiurkan? Ada beberapa keuntungan yang kamu dapatkan kalau menabung emas secara online. Dikutip dari Duwitmu.com berikut ini 5 keuntungan utama menabung emas online:

1. Harga stabil dan cenderung naik

Seperti yang saya katakan tadi, harga emas relatif stabil dan cenderung naik. Apa sebabnya?

Umumnya, Emas dianggap sebagai komoditi yang kebal terhadap inflasi. Nilai emas lebih teratur kalau dibandingkan komoditi atau mata uang lain. Oleh karena itu emas sering digunakan sebagai penjamin mata uang tertentu.

Inilah alasan bagus untuk menjadikan emas sebagai investasi yang aman. Hari ini kamu bisa membeli emas dengan harga murah dan menjualnya di masa depan dengan harga berkali lipat. Kata orang-orang Hold atau tahan dalam jangka tertentu.

Dan jual emas ketika harga emas naik.

2. Mudah mencairkan

Kelebihan selanjutnya, mencairkan tabungan emas online tidak sulit. Kamu bisa pilih salah satu dari dua cara ini.

Pertama, dengan menjual saldo emas lewat aplikasi secara langsung.

Kedua, mencetak tabungan emas menjadi emas fisik kalau sudah mencapai batas minimum (ada tambahan biaya cetak).

Ada juga beberapa layanan yang memungkinkan kamu mencairkan tabungan emas menjadi perhiasan.

3. Aman

Ini adalah bagian penting karena kamu harus menentukan penyedia layanan tabungan emas online yang terpercaya.

Ada banyak penyedia layanan di luar sana dan mencobanya satu-satu tentu bukan hal yang masuk akal. Pilihlah penyedia layanan yang terkenal aman kayak Pegadaian. Dan Lembaga Pegadaian termasuk BUMN yang berpengalaman selama puluhan tahun dan terdaftar sebagai lembaga hukum.

4. Lebih murah

Kamu juga bisa membeli emas eceran mulai dari 0.01 gram lewat Pegadaian. Dengan begitu kondisi lebih fleksibel. Punya uang 5.000 sudah bisa beli. Punya sisa kembalian jajan 15.000, bisa juga buat beli. Nantinya kamu bisa mencetaknya jadi emas fisik ketika saldo emas sudah cukup.

5. Mudah dan praktis 

Kamu ingat kan lagu ini "Buat apa susah, susah itu tak ada gunanya"

Sekarang kemajuan teknologi bisa membantu banyak urusan termasuk membuka tabungan emas online. Berkat kecanggihan smartphone dan internet kamu bisa membuka tabungan emas online kapan pun dan dimana pun.

Dan kalau masih gagap teknologi, kamu bisa mengunjungi pegadaian langsung untuk mencari informasi dan belajar. Kamu tinggal buka tabungan emas di agen Pegadaian, lalu top up saldo awal sesuai kemampuan, dan Selamat, kamu punya tabungan emas sekarang.

Cara Menabung Emas Online

Contohnya di sini kita akan menggunakan layanan tabungan emas online dari Pegadaian. Pegadaian adalah BUMN yang sudah berpengalaman dan terpercaya. Apalagi membuka tabungan emas di Pegadaian terbilang mudah dan simpel.

Gimana sih cara buka tabungan emas online?
Berikut ini adalah cara gampang yang bisa kamu lakukan:
  1. Instal aplikasi Pegadaian Digital di PlayStore (tunggu sampai selesai)
  2. Buka aplikasi
  3. Isi data identitas pribadi lengkap pada kolom-kolom yang disediakan
  4. Isi unit pegadaian dengan wilayah kantor atau agen cabang terdekat dari rumahmu
  5. Bayar biaya pembukaan tabungan
  6. Konfirmasi pembayaran untuk mengaktifkan tabungan emas. Bisa ke kantor terdekat atau menghubungi contact. Biasanya waktu pengaktifan selama 7 hari kerja
  7. Kalau sudah, ambil buku tabungan di unit kantor cabang yang kamu pilih.

Penutup

Dari tulisan ini, kamu tahu bahwa: Emas bukan lagi hal yang terlalu jauh untuk dimiliki, bener gak?

Bahkan dengan menyisihkan Rp 5000 saja kamu sudah bisa memiliki investasi emas online. Mantap kan?

Simak juga tips:

Sampai di sini tulisan ini, Semoga dapat bermanfaat. Sekarang, kita bisa beli emas lebih mudah. Ada sisa uang kembalian batagor, belikan emas saja. Batagor dan emasnya sama-sama enak.