Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Aplikasi Kamera Terbaik di Android

Rekomendasi Aplikasi Kamera Terbaik untuk android yang bisa kamu instal gratis di playstore. Beberapa aplikasi ini menyediakan fitur-fitur yang layak dicoba.

Salah satu komponen utama di ponsel adalah kamera. Banyak orang yang membutuhkan kamera baik untuk pekerjaan, pendidikan atau hanya untuk hobi dan hiburan. Dan teknologi kamera di smartphone juga semakin meningkat.

Banyak orang yang mengandalkan kamera ponsel untuk fotografi dan videografi. Apa kamu juga termasuk gaes?

Sebenarnya di smartphone sudah disediakan aplikasi kamera bawaan yang biasa digunakan. Namun kamera bawaan biasanya menghasilkan jepretan yang biasa (normal).

Nah, selain kamera ternyata aplikasi yang digunakan juga mempengaruhi hasil jepretan. Ada beberapa aplikasi kamera yang bagus dengan hasil memuaskan seperti yang akan kita ulas di tulisan ini.

Beberapa aplikasi memungkinkan kamu mengatur manual mode kayak DSLR, mode macro, zoom yang lebih jernih, dan beberapa fitur bermanfaat lainnya

Aplikasi kamera terbaik di dunia, Aplikasi kamera terbaik 2020, Aplikasi kamera terbaik untuk Samsung, Aplikasi kamera terbaik untuk Xiaomi, Download aplikasi kamera terbaik, Aplikasi kamera terbaik 2019 Android, Aplikasi kamera terbaik iPhone, Aplikasi kamera Kekinian.

Pilihan Aplikasi Kamera Terbaik

Beberapa aplikasi sudah populer dan mungkin kamu sudah mengenal namanya. Aplikasi ini bisa langsung kamu download di playstore atau klik link yang sudah saya sediakan.

1. Googla Camera atau GCam

Aplikasi Kamera Terbaik

Pertama ada aplikasi GCam (Google Camera). Ini adalah aplikasi bawaan dari smartphone google pixel namun bisa digunakan di merk lainnya dengan cara tertentu. Aplikasi ini memiliki titik-titik istimewa yang menjadikan hasil jepretan lebih terang dan jernih.

Apalagi di mode malam yang memberikan warna yang lebih terang. Selain itu, aplikasi ini juga sering digunakan untuk potret light painting, light trail atau milky way.

Hanya saja instalasi aplikasi gak bisa langsung kayak aplikasi biasanya. Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan dan download di situs tertentu, seperti yang sudah saya tulis di GCam Redmi Note 8.

2. Camera MX

Aplikasi Kamera Terbaik

Selanjutnya ada aplikasi Camera MX. Ini adalah aplikasi kamera yang cukup populer di android. Aplikasi ini memiliki tampilan sederhana dan mudah digunakan. Yang menarik dari aplikasi ini adalah kemampuan untuk membuat GIF.

Selain itu aplikasi ini juga menjadi editor foto yang cukup lengkap. Beberapa fitur dari aplikasi ini adalah mendukung semua resolusi dan rasio aspek, Fokus otomatis, HDR.

Di bagian video aplikasi ini memiliki fitur jeda kapan saja, buat klip video real-time, video gerak cepat, filter dan efek langsung dan lainnya. Aplikasi ini tersedia gratis di playstore.

Download Camera MX

3. A Better Camera

Aplikasi Kamera Terbaik

Berikutnya kamu bisa instal aplikasi A Better Camera yang memiliki beberapa mode berguna. Seperti mode burst, mode malam, penghapusan objek dan banyak lagi lainnya. Kamu juga bisa menemuka  mode HDR.

Aplikasi ini memungkinkan kamu mengambil gambar dengan mode manual yang terlihat lebih profesional.

Ada juga mode Panorama hingga 360 derajat, Burst dan Expo-bracketing, Pilihan ISO, White balance, Capture RAW dan banyak lagi lainnya.

Download A Better Camera

4. Bacon Camera

Aplikasi Kamera Terbaik

Atau kamu bisa gunakan aplikasi bacon kamera. Aplikasi ini memungkinkan kamu mengontrol kamera dengan mode manual tanpa menggunakan aplikasi Camera2 API.

Aplikasi ini mengoptimalkan kamera dengan semua fitur yang mungkin. Aplikasi ini mirip kayak pengaturan DSLR dan mudah digunakan. Di layar menu akan ada banyak pilihan fitur yang bisa kamu atur sesuai dengan kebutuhan.

Simak Aplikasi Kamera DSLR lainnya.

Download Bacon Camera

5. Open Camera

Aplikasi Kamera Terbaik

Ini adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Mark Harman dan tersedia Gratis di playstore. Seperti namanya, Ini adalah aplikasi kamera berbasis open source.  Beberapa fitur aplikasi termasuk stabilisasi otomatis, kontrol manual (white balance, ISO, eksposur).

Ada juga fitur remote yang memudahkan kamu mengambil foto tanpa menyentuh smartphone. Ada juga mode pemandangan, efek warna, white balance, ISO, kompensasi eksposur, flash layar, video HD dan banyak lagi lainnya.

Download open Camera

6. Huji Cam

Aplikasi Kamera Terbaik

Selanjutnya kamu bisa gunakan aplikasi HUJI Cam yang menjadi aplikasi bagus untuk merekam video. Kamu bisa membuat momen dengan mudah. Namun aplikasi ini tidak memiliki banyak kelebihan dibanding dengan aplikasi kamera bawaan.

Tapi kalau kamu tertarik kamu bisa menginstalnya gratis di playstore.

Download HUJI Cam

7. Footej Camera

Aplikasi Kamera Terbaik

Selanjutnya ada Footej Camera dengan kontrol Camera2 API yang memungkinkan kamu memiliki semua kontrol manual termasuk ISO, white balance, eksposur, fokus dan lainnya. Aplikasi ini juga memudahkan kamu membuat GIF.

Selain itu aplikasi ini juga memiliki fitur dan menu editor foto yang lengkap. Aplikasi ini memiliki tampilan mudah digunakan, Mode brust, Selfie Light dan banyak lagi lainnya.

Download Footej Camera

8. VSCO

Aplikasi Kamera Terbaik

Siapa sih yang gak kenal dengan aplikasi VSCO ini? Ya, ini adalah aplikasi kamera yang sangat populer dengan tools editing foto dan video yang kreatif. Sebenarnya ini bukan aplikasi kamera, namun lebih ke aplikasi editing.

VSCO menyediakan 10 preset gratis, memudahkan kamu mengimpor dan mengedit foto format RAW, Selain foto di video kamu bisa bereksperimen dengan fitur yang banyak.

Aplikasi VSCO Download Gratis

9. Camera ZOOM FX Premium

Aplikasi Kamera Terbaik

Camera ZOOM FX yang memiliki fitur-fitur bermanfaat seperti, Kontrol manual kayak DSLR, file RAW, Mengatur ISO, jarak fokus, pencahayaan, kecepatan rana, mode burst, ratusan efek dan lain-lain.

Ada juga Selfie flash, Filter tilt-shift dan semacamnya. Namun sayangnya aplikasi ini gak gratis gaes. kamu bisa membelinya dengan harga RP. 56.000

Download Camera ZOOM FX

10. Camera FV-5

Aplikasi Kamera Terbaik

Camera FV-5 memiliki banyak kontrol manual termasuk fokus, eksposur, white balance, dan kecepatan rana. Aplikasi ini memungkinkan kamu mengambil foto format RAW, PNG lossless, dan histogram RGB. Dimana format-format tersebut populer digunakan dalam dunia editing foto.

Aplikasi ini dikembangkan oleh FGAE namun sayangnya gak gratis. Di playstore ditarif Rp. 50.000an. 

Selain menu manual kayak DSLR, ada juga bracketing exposure dari 3 sampai 7 frame, membuat timelapses, Light painting hingga 30 detik dan lain-lain.

Download Camera FV-5

11. Manual Camera

Aplikasi Kamera Terbaik

Selanjutnya ada Manual Camera dari Geeky Devs Studio. Sesuai namanya aplikasi ini memungkinkan kamu mengatur menu kayak DSLR dengan memanfaatkan Camera2 API. Tampilan aplikasi ini lengkap dan cukup banyak mirip kayak kamera DSLR sungguhan.

Di sini kamu bisa mengatur fokus, kecepatan rana, white balance, ISO, file RAW dll. Aplikasi ini dihargai Rp. 43.000 di playstore.

Download Manual Camera

12. Camera51

Aplikasi Kamera Terbaik

Terakhir kamu bisa instal aplikasi Camera51. Aplikasi ini sering digunakan untuk foto selfie dengan fitur otomatis pendeteksi wajah. untuk fitur lain aplikasi ini gak banyak dan sederhana. Kalau kamu tertarik, aplikasi ini tersedia gratis di play store dengan iklan.

Download Camera51

Demikianlah artikel tentang Aplikasi Kamera Android Terbaik versi Areafokus.com. Apa kamu punya pilihan atau pendapat tentang daftar kali ini?

Sebenarnya masih banyak aplikasi kamera lainnya yang bisa kamu coba di playstore. Kalau kamu punya aplikasi andalan yang lebih bagus kamu bisa berikan masukan di kolom komentar.

Dengan menggunakan salah satu aplikasi kamera di atas kamu masih bisa menggunakan aplikasi kamera bawaan. Jadi silahkan kamu membandingkan hasil jepretan ketika kamu menggunakan kedua aplikasi.

Simak juga:

Aplikasi kamera terbaik iPhone

Aplikasi Kamera Kekinian


Sekian dulu artikel ini, semoga dapat membantu dan sampai ketemu lagi di tulisan selanjutnya. Jangan lupa share artikel ini kalau bermanfaat.