Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Crop Foto di Word Paling Gampang

Cara Crop Foto di Word - Untuk gambar di dalam dokumen biar lebih pas. Kamu bisa gunakan beberapa cara berikut ini.

Membuat dokumen menjadi hal yang sangat lumrah baik dalam dunia pendidikan, pekerjaan, bisnis, dan lainnya. Salah satu aplikasi yang sangat populer untuk ini adalah word dari microsoft office.

Dan ketika membikin dokumen terkadang kita perlu menyertakan gambar sebagai pendukung. Kadang gambar dari internet, hasil foto sendiri, screenshot, atau lainnya. Tapi masalahnya, gambar yang kita ambil sering gak pas. Ya kan?

Ada saja bagian-bagian yang lebih dan pada beberapa kasus kita harus membuang bagian tersebut. Maka caranya adalah dengan memotong atau crop foto tersebut.

Lalu dimana kita bisa memotong foto atau gambar?

Mungkin kamu mengira harus menggunakan aplikasi editing foto, dipotong di sana sampai pas lalu menambahkannya di word.

Itu benar sih, kita bisa menggunakan aplikasi edit bawaan seperti paint atau aplikasi gratis lainnya. Atau aplikasi edit profesional seperti photoshop, corel, illustration dengan fitur yang sangat lengkap.

Tapi kamu tahu gak?

Kita bisa lho langsung memotong gambar di Microsoft Word. Jadi kita gak perlu buka aplikasi lain hanya untuk memotong gambar. Lebih simpel, kita langsung saja tambahkan gambar di word dan memotongnya di sana.

Baca juga: 3 Cara ganti Word ke PDF Paling Gampang

Dan caranya juga gampang kok seperti yang akan kita bahas di tulisan ini.

Cara Crop Foto di Word

Untuk menambahkan gambar di word pastinya kamu sudah tahu bagaimana caranya. Jadi kita langsung saja ke cara memotong foto di word. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan, silahkan coba satu per satu cara di bawah ini.

1. Memotong di menu Crop

Pertama kita bisa crop gambar di menu crop. Ini adalah cara yang paling sering digunakan ketika crop gambar di word. Caranya seperti ini:

Klik gambar 2 kali > di bagian format pilih menu crop (sebelah kanan atas)

seperti gambar di bawah:

Cara Crop Foto di Word

Selanjtunya kamu tinggal pilih bagian gambar yang diinginkan. Kamu tinggal geser-geser panel yang disediakan.

  • Panel di pojok kanan atas untuk memotong sisi kanan dan kiri.
  • Panel samping untuk memotong bagian kiri dan kanan.
  • Atau Panel atas dan bawah untuk crop bagian vertikal.

Coba juga tekan "Ctrl" untuk memotong dua bagian secara bersamaan seperti kanan kiri atau atas bawah. Kalau salah tekan ctrl+z kayak biasanya.

2. Memotong foto menjadi bentuk

Selanjutnya kamu bisa memotong gambar atau foto menjadi bentuk kayak lingkaran, oval, trapesium dan lainnya. Caranya juga gampang:

Klik gambar 2 kali > pilih picture shape

Catatan: letak menu ini mungkin berbeda di beberapa versi word. Di sini saya menggunakan versi word 2007 yang cukup lawas. Di versi terbaru, silahkan cek di menu crop seperti cara pertama.

Cara Crop Foto di Word

Selanjutnya kamu tinggal pilih bentuk apa saja yang kamu inginkan. Cara ini cocok buat kamu yang ingin membuat gambar dalam bentuk. Tapi hasil crop mungkin kurang pas.

Jadi saran saya, kalau kamu ingin lebih pas, gunakan dulu cara pertama, lalu ubanh bentuk dengan cara ini.

Oke itulah tadi 2 Cara Crop Foto di Word yang paling gampang. Apa kamu sudah berhasil?

Cara ini cocok buat kamu yang ingin menambahkan gambar di dokumen di word. Karena kamu gak perlu buka aplikasi lain lagi. Untuk versi word terbaru, mungkin memiliki fitur crop yang lebih lengkap.

Tapi kalau kamu hanya ingin crop foto doang tanpa bikin dokumen, kamu bisa gunakan aplikasi bawaan seperti paint. Atau pake Cara Crop Foto di Photoshop dan Cara Crop Foto di Corel dengan hasil yang lebih mendetail.

Dan Cara crop foto di PCUntuk di HP kamu bisa simak Cara Crop Foto di HP yang juga gampang.

Sampai di sini dulu artikel tentang trik word office kali ini, semoga dapat membantu dan sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya.

Aplikasi Keuangan Pribadi Excel

PDF Converter Online 5 Situs Paling Bagus

Aplikasi Crop Foto Android

Cara crop foto di Word 2007, Cara crop foto di Word 2010, Cara Crop tulisan di Word, Cara memotong gambar di PDF, Cara Crop tabel di Word, Cara Memotong gambar sesuai bentuk di Paint, Cara Crop gambar di Excel, Cara memotong gambar di Windows 10.

Posting Komentar untuk "Cara Crop Foto di Word Paling Gampang"

Berlangganan via Email