Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Crop Foto di PC dengan Aplikasi Bawaan Paint

Cara Crop Foto di PC- Crop adalah cara yang sering digunakan dalam dunia fotografi atau apa pun untuk mengambil posisi gambar biar lebih pas. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk crop foto termasuk dengan PC.

Cara Crop Foto

Gimana sih caranya potong foto di PC, apa harus instal aplikasi?

Gak perlu.

Karena di PC windows sebenarnya sudah ada aplikasi bawaan yang bisa langsung digunakan untuk crop foto, namanya paint. Aplikasi ini punya fitur-fitur sederhana yang bermanfaat.

Cara memotong screenshot di komputer, aplikasi crop di laptop, aplikasi untuk memotong gambar di laptop, cara memotong gambar di pdf, cara crop foto di windows photo viewer, cara memotong gambar sesuai bentuk di paint, cara memotong gambar di windows 10, cara memotong gambar di word 2007.

Jadi kamu gak perlu instal aplikasi tambahan lain kayak corel, photoshop dan semacamnya hanya untuk crop.

Kalau kita potret sesuatu, ngambil gambar di google atau lainnya mungkin kita sering menemui bagian gambar yang perlu dibuang.

Nah, kali ini saya akan berbagi tips gimana caranya potong atau crop foto di PC tanpa instal aplikasi apa pun.

Cara Crop Foto di PC dengan Paint

Kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini dan ada gambar untuk membantu biar keterangan lebih jelas.

1. Buka Paint

Ada banyak cara untuk buka aplikasi paint ini. Cara yang paling gampang adalah:

Tekan windows > Cari "paint"

Maka akan tampil kayak gambar di bawah ini:

Cara Crop Foto

Di sini saya menggunakan Windows 7, untuk windows lainnya caranya sama saja. Karena ini aplikasi bawaan dari windws, maka kamu gak perlu download dan instal lagi. 

2. Seret gambar ke Paint

Berikutnya masukkan gambar ke dalam paint. Cara yang paling gampang dan cepat adalah menyeret gambar dari penyimpanan ke dalam aplikasi.

Ini sering disebut drag and drop.

Atau kamu bisa gunakan cara lain:

Buka file > open > pilih gambar > open

Atau: Copy gambar dan tekan ctrl+v di dalam paint. Cara ini cocok juga untuk screenshot di PC atau laptop.

Tunggu sampai gambar tampil dalam aplikasi. Biasanya ini sangat cepat. tapi kalau kamu memasukkan gambar dengan ukuran yang besar mungkin agak lambat.

3. Crop Foto

Setelah gambar atau foto sudah muncul maka langkah berikutnya adalah crop foto. Caranya juga sangat gampang. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk crop, langsung geser panel di pinggiran foto atau pake select.

Cara Crop Foto

Tekan select > pilih area > pilih crop

Maka dengan cara ini foto akan menyisakan area yang dipilih dan langsung membuang bagian yang tidak dipilih. Selain bentuk kotak kamu bisa pake bentuk lain. Caranya klik tanda panah ke bawah di bagian select.

Namun sayangnya cara ini terlalu kasar. Dimana kita harus benar-benar pas ketika memilih area yang dicrop.

4. Simpan

Kalau sudah maka selanjutnya kamu tinggal klik tombol simpan atau langsung tekan ctrl+s

Cara Crop Foto

Maka gambar akan tersimpan dan gambar lama akan otomatis tergantikan. Kalau kamu ingin menyimpan file gambar lama maka kamu bisa buka file > save ass > beri nama berbeda.

Itulah Cara Crop Foto di PC yang bisa kamu lakukan tanpa instal aplikasi apa pun. Di aplikasi paint ini kamu juga bisa mengatur posisi foto, membalik kanan kiri, membalik atas bawah, putar dan beberapa hal sederhana lainnya.

Gimana, gampang kan?

Berikan pendapatmu di komentar ya gaes..

Simak juga pembahasan crop foto lainnya kayak Cara Crop Foto di Word yang cocok untuk pembuatan dokumen tanpa buka aplikasi lagi. Cara crop foto di Photoshop yang juga memiliki menu mendetail untuk editing foto.

Cara Crop Foto di Corel yang gak kalah bagus dan mendetail yang cocok untuk profesional. Dan Cara Crop Foto di HP yang sangat mudah.

Dan banyak lagi pembahasan menarik dalam editing foto yang bisa kamu cari di situs ini.

Oke, demikianlah artikel crop foto kali ini. Sampai di sini dulu, Semoga bermanfaat dan see you next time. Jangan lupa share artikel ini gaes.

Posting Komentar untuk "Cara Crop Foto di PC dengan Aplikasi Bawaan Paint"

Berlangganan via Email