Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Mengamankan Akun FB dari Hacker [Keamanan Ekstra]

Cara Mengamankan Akun FB - dari serangan para hacker agar akun tidak bisa diretas dan dicuri. Di tulisan ini saya akan berbagi beberapa tips keamanan untuk melindungi akun fb.

Banyak yang bilang kalau Facebook masih menjadi aplikasi media sosial dengan pengguna yang paling banyak termasuk Tanah Air. Banyak pengguna yang terus bertambah dan menjadi pengguna aktif tiap hari.

Ya, meskipun muncul banyak medsos lain, tapi pengguna facebook masih belum mati. Meskipun jumlah kenaikan tidak signifikan seperti tahun-tahun lalu.

Cara Mengamankan Akun FB

Saking banyaknya, banyak orang yang mencuri akun facebook orang lain. Yang sering disebut dengan Hacker atau Cracker.

Mungkin kita sudah gak asing lagi dengan pencurian akun seperti ini. Tiba-tiba akun teman kita posting sesuatu yang tak senonoh, promosi aneh, hadiah mencurigakan, foto profil ganti dan postingan lainnya yang merugikan.

Banyak pengunjung situs Areafokus.com yang juga memiliki masalah akun fb dicuri. Apalagi sekarang banyak akun game yang login menggunakan akun facebook. Bener gak?

Jadi, banyak yang mengincar akun game dengan hack akun fb terlebih dulu.

Oke, kali ini saya akan berbagi beberapa tips untuk mengamankan akun fb dari serangan hacker. Dengan cara ini hacker akan lebih kesulitan mengambil akun kamu.

8 Cara Mengamankan Akun FB

Pada tulisan lalu saya sudah menuliskan beberapa cara yang digunakan hacker untuk hack FB. Dengan beberapa cara yang paling umum namun banyak pengguna yang gak tau. Sehingga mereka gak sadar kalau akun mereka sudah diretas.

Di sini saya menggunakan fb lite di HP, tapi kamu bisa mengikuti dengan fb apa pun termasuk web PC.

1. Keluarkan dari Semua Perangkat

Hal Pertama kalau kita menemukan aktivitas yang mencurigakan seperti login di perangkat tidak tertentu, maka segera tinjau dan keluarkan akun fbmu dari semua perangkat.

Saya sudah menuliskan gimana  Cara mengetahui FB dibajak dan cara mengatasinya.

Caranya sangat gampang dan cepat, jadi kamu perlu melakukannya sebelum si hacker mengambil alih akunmu dan melakukan hal-hal yang fatal seperti mengganti email dan password.

2. Menambahkan 3 kontak terpercaya

Lalu kita akan menambahkan 3 kontak terpercaya. Cara ini akan membantu kalau akun kita nantinya terlanjur dihack dan kita gak bisa masuk facebook.

Kita akan menghubungi kontak yang ditentukan dan bisa login dengan bantuan mereka. Cara ini terbilang ampuh selama hacker tidak menghapus data yang teman yang ditambahkan.

Gimana caranya?

begini:

Buka Menu > Pengaturan > Keamanan dan Login

Cara Mengamankan Akun FB

Selanjutnya kita akan menambahkan akun teman yang kita kenal. Usahakan memilih akun teman yang akrab dan bisa dihubungi sewaktu-waktu. Bisa dihubungi lewat media chatting lain seperti WA.

Pilih Teman Terpercaya

Cara Mengamankan Akun FB

Masukkan password juga jika diminta. Dan disini kamu harus mencari nama teman terpercaya minimal 3 orang. Namun sayang kadang pencarian di sini gak berhasil dan kamu harus melihat satu per satu.

Gimana, apa kamu sudah berhasil?

3. Dapatkan peringatan login tidak dikenal

Selanjutnya kamu bisa mengaktifkan kemanan ekstra tentang info login mencurigakan. Hal ini bisa membantu kamu mengetahui dengan cepat kalau ada orang lain yang mencoba login. Dan kamu bisa melaporkan ke facebook atau mengganti kata sandi.

Cara juga gampang, dan masih di tempat yang sama:

Peringatan login > Notifikasi, Edit >  Dapatkan pemberitahuan

Cara Mengamankan Akun FB

Masukkan sandi jika diminta.

Maka akun kamu akan lebih aman sekarang.

4. Gunakan Autentikasi 2 Faktor

Ini juga menjadi salah satu cara keamanan ekstra yang ampuh. Dengan cara ini hacker tidak akan bisa masuk kecuali mengetahui kode dari nomor yang kita cantumkan. Namun cara ini juga cukup beresiko.

Caranya juga masih di tempat yang sama, begini:

Pilih Autentikasi dua faktor > Pilih Metode SMS > Masukkan Nomor > Verifikasi

Cara Mengamankan Akun FB

Selanjutnya kamu masukkan nomor HP yang aktif. Ingat, nomor yang aktif dan selalu aktif kedepannya.

Karena tiap ada perangkat baru yang login harus melakukan verifikasi ke nomor tersebut. Kalau nomor sudah gak aktif maka kamu juga akan kesulitan masuk ke fb sendiri.

Gimana, sudah paham kan?

5. Ganti password unik dan mudah diingat

Kalau harusnya sudah kamu lakukan di awal ketika membuat akun fb. Usahakan buat password atau kata sandi yang unik dan gak diketahui orang. Namun dengan catatan tetap 'mudah diingat' sendiri.

Semisal kayak gini:

"1buybaks0"

dari I buy bakso; dari bahasa inggris dan dikombinasi dengan angka.

Untuk cara mengganti kamu juga bisa melakukan di laman kemanan yang sama. Atau silahkan simak Cara mengganti sandi fb

Kamu juga bisa menambahkan langkah di bawah ini,

6. Ganti Email untuk Login

Kamu juga perlu untuk mengganti email kalau dirasa akun facebook sudah tidak aman. Caranya gampang banget. Kamu bisa langsung baca disini:

Cara mengganti email Fb

Disana sudah saya tuliskan cara lengkap dari HP atau PC untuk mengganti email dan menjadikan email utama untuk masuk. Ada juga cara untuk menghapus email atau nomor login yang lama.

7. Kunci aplikasi Facebook

Cara ini akan membantu mengamankan akun fb kamu dari 'orang dalam'. Atau orang-orang yang sering pinjam perangkat kita.

Kita bisa tidak mencurigai mereka dengan menamankan fitur kunci aplikasi. Dengan ini orang lain gak bisa seenaknya buka aplikasi fb kita.

Karena kalau bisa masuk akun fb, mereka bisa mengganti info email, no hp, keamanan dan lainnya.

8. Jangan pilih 'Ingat password' di perangkat umum

Salah satu hal yang sering salah dilakukan orang adalah mereka sealalu mengakktifkan 'ingat password' di perangkat orang lain atau umum seperti warnet. Dengan cara ini orang lain bisa lebih mudah masuk fb kita karena kata sandi tersimpan di perangkat yang gak aman.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengamankan akun Facebook Anda dari hacker. Semoga artikel ini bermanfaat!

Itulah tadi beberapa hal yang bisa kamu gunakan untuk Cara mengamankan akun facebok. Kamu bisa mengaktifkan semuanya untuk keamanan yang lebih kuat.

Kalau kita lihat, langkah-langkah keamanan ini sudah disediakan facebook di tempat yang sama yakni,

Menu > Pengaturan > Keamanan dan Login

Facebook memang menjadi medsos dengan fitur yang terus ditambah. Medsos ini sering digunakan untuk keperluan jual beli.

Simak juga artikel tentang: Cara Mematikan Status Online di FB dan Cara menambahkan Foto unggulan di FB dan Kumpulan bio fb keren

Apa kamu punya pendapat tentang tulisan ini?

Kalau kamu punya usulan, silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah. Sampai ketemu lagi di next post gaes.

Kata kunci lain:

Cara mengamankan akun fb phishing, cara agar akun fb tidak bisa dibuka orang lain, cara mengamankan akun fb hasil phising, cara mengembalikan akun fb yang dibajak, cara mengamankan akun fb dari phising, cara mengamankan akun ff, penyebab akun fb di hack, cara mengamankan akun fb yang diretas.

Posting Komentar untuk "8 Cara Mengamankan Akun FB dari Hacker [Keamanan Ekstra]"

Berlangganan via Email