Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahu Gak? Inilah 3 Fungsi RAM yang Paling Penting

Fungsi RAM - Random Access Memory atau disingkat RAM memiliki fungsi yang sangat penting dalam komponen perangkat, baik berupa HP atau PC. Kali ini Areafokus.com punya pembahasan menarik seputar RAM.

Fungsi RAM

Kalau kita lihat, banyak orang yang mempertimbangkan besar kecilnya RAM ketika akan membeli HP atau PC. Bener kan?

Banyak yang bilang HP atau PC kalau RAM-nya gede main game lebih lancar, kinerja lebih joss dan lain-lainnya. Sebenarnya:

  1. Apa sih RAM itu
  2. Apa saja fungsi RAM
  3. Apa bedanya RAM Vs ROM

Mati kita simak satu per satu,

RAM adalah

RAM adalah perangkat keras (hardware) yang digunakan untuk menyimpan data (memori) secara sementara. 

Dalam bahasa Inggris RAM, Random access memory berarti Memori akses acak. Oleh karena itu, isi RAM dapat diakses secara acak dengan kata lain gak tergantung pengaturan pada tata letaknya.

Data yang disimpan dalam RAM dapat hilang ketika perangkat dinonaktifkan. Kapasitas penyimpanannya bisa bermacam-macam.

Semakin besar kapasitas RAM maka tingkat kecepatan proses data atau loading di perangkat juga semakin cepat. Ini ibarat paralon yang digunakan menuju sumber data.

Fungsi RAM HP dan PC

Kalau kita baca dari deskripsi tadi, semakin besar RAM maka kinerja akan semakin lancar. Lalu, apa saja fungsi dan keuntungan dari RAM

1. Membaca Data Sementara

Fungsi utama dari RAM adalah membaca data sementara. Membantu membaca semua data dan informasi yang disimpan di dalam harddisk atau memori dengan lebih cepat.

Begini cara kerjanya,

Kamu bisa bandingkan saat buka aplikasi di HP atau PC, ketika pertama kali membuka dan aplikasi yang sudah terbuka sebelumnya.

Saat program atau aplikasi dibuka, maka data akan dibaca dan disimpan dalam RAM. Penyimpanan ini bersifat sementara sehingga akan lebih cepat dibuka kembali ketika komputer atau HP belum dimatikan.

2. Membuka Banyak Aplikasi

Fungsi RAM selanjutnya adalah memungkinkan pengguna membuka banyak aplikasi sekaligus. RAM yang mengatur lalu-lintas dari masing-masing aplikasi ketika sama-sama berjalan. Atau ini sering disebut dengan multitasking.

Jadi, alasan mengapa RAM yang lebih besar maka kinerja lebih ringan adalah karena aplikasi lebih leluasa berjalan di jalan tol. Banyak aplikasi yang berjalan, maka tetap lancar kalau jalannya lebar.

Makannya semakin banyak aplikasi yang terbuka maka perangkat akan lebih lambat karena RAM bekerja lebih berat.

3. Fungsi Penting dalam Gaming dan Desain 

Kalau kita lihat, umumnya perangkat gaming atau desain memiliki kapasitas RAM yang besar. Bener gak?

Ini karena Game atau aplikasi desain memiliki proses yang berat. Apalagi dengan game yang memiliki tampilan grafis Full HD. Atau aplikasi desain yang sering buat editing dan render Video.

Pasti akan sangat-sangat berat.

Tapi ini tidak masalah jika kapasitas RAM cukup besar. Ya, kayak jalan tol yang dilewati truck-truck besar. Makannya kalau kita memaksa main game berat di HP yang kentang, akan sering blank karena memaksa truck di jalanan sempit.

Perbedaan RAM dan ROM

Kamu pasti sering mendengar istilah RAM dan ROM. Mungkin kamu bingung, apa sih beda dari keduanya?

RAM adalah Random Access Memory

ROM adalah Read Only Memory

Perbedaan keduanya bisa dilihat dari beberapa kategori utama:

Kapasitas

RAM umumnya memiliki kapasitas yang lebih kecil daripada ROM. Bisa dikatakan ROM sama dengan hardisk atau memori internal.

Namun pada beberapa perangkat seperti PC, kapasitas RAM bisa diupgrade menjadi lebih besar sedangkan untuk kapasitas ROM gak bisa.

Sifat penyimpanan

Perbedaan utama dari RAM dan ROM adalah sifat penyimpanan keduanya, dimana RAM hanya menyimpan data sementara sedangkan ROM menyimpan data permanen.

Oleh karena itu, kapasitas RAM lebih kecil daripada ROM karena data penyimpanan di RAM akan hilang ketika perangkat dimatikan. Sedangkan di ROM gak akan hilang kecuali kita menghapusnya atau memformatnya.

Keamanan

Dari bagian keamanan tentu penyimpanan di ROM lebih aman dibanding RAM. Karena data akan disimpan secara permanen dan ROM gak memburuhkan daya ketika menyimpan data.

Sedangkan data yang tersimpan dalam RAM akan mudah hilang, hanya menutup aplikasi saja data bisa hilang dan prosesnya membutuhkan daya.

Penulisan dan Pengisian

Perbedaan RAM dan ROM lainnya terletak pada penulisan dan pengisian data. Dimana ROM tidak dapat diisi atau ditulis sedangkan RAM bisa ditulis atau diisi ketika perangkat dijalankan.

Daya yang dibutuhkan

Penyimpanan data untuk ROM tidak membutuhkan daya listrik kecuali untuk perama kali. Sedangkan RAM selalu membutuhkan daya untuk menyimpan data ketika membuka aplikasi.

Jenis Produk

Dari jenis produk yang digunakan ROM dan RAM memiliki perbedaan yang signifikan.

ROM memiliki jenis PROM (Programmable Read Only Memory) seperti CD-ROM, Hardisk dan lainnya.

RAM memiliki jenis lebih banyak yakni DRAM dan SRAM.

Oke, itulah tadi ulasan seputar Fungsi RAM dan beberapa pembahasan lain seperti pengertian dan perbedaan dengan ROM. Apa kamu punya pendapat tentang artikel kali ini gaes?

Sampai di sini dulu, semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya yang gak kalah seru.

Baca juga tulisan tentang RAM lainnya:

RAM android penuh padahal aplikasi sedikit

Kata kunci terkait:

Fungsi RAM HP

Fungsi RAM dan ROM

Fungsi RAM untuk game

Fungsi RAM brainly

Fungsi RAM dan prosesor pada Android

Fungsi ROM

fungsi ram (random access memory)

RAM adalah

Posting Komentar untuk "Tahu Gak? Inilah 3 Fungsi RAM yang Paling Penting"

Berlangganan via Email