Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Cara Mengatasi PUBG Lag

PUBG lag, adalah masalah yang paling sering terjadi dan dikeluhkan para pemain. Pas lagi asik main tiba-tiba lemot, patah patah, tidak bergerak sama sekali bahkan sampai force close atau keluar sendiri,

Apa kamu juga demikian gaes?

Cara Mengatasi PUBG Lag

PlayerUnknown's Battlegrounds atau PUBG adalah game dengan genre battle royale yang sangat populer dimainkan. Apalagi untuk versi android yang pemainnya terus bertambah setiap hari.

PUBG bisa dimaikan hingga 100 orang sekaligus dalam satu arena secara online multiplayer. Di sini kamu bisa bermain sendirian, bareng tim 2 orang atau 4 orang. Dan juga bisa mengundang teman untuk bergabung sebagai tim. 

PUBG memang memiliki ukuran yang cukup besar dan stabil dimainkan di ponsel dengan spek menengah ke atas. Tapi PUBG memiliki versi baru, yakni lite yang didesain khusus untuk HP spek kentang.

Hanya saja kalau main dengan ram atau prossor yang pas-pasan main PUBG sering mengalami masalah seperti ngelag.

Oleh karena itu banyak yang tanya gimana Settingan PUBG Mobile agar tidak Lag, Cara main PUBG tidak Lag di RAM 2gb, Cara Mengatasi lag PUBG saat ada musuh, Aplikasi Anti Lag PUBG, Settingan PUBG agar tidak Lag di Android, cara agar pubg mobile tidak patah-patah, Cara Mengatasi Frame Drop PUBG Mobile, PUBG ngeframe.

Dan lain-lain yang intinya Cara PUBG lancar.

Nah, semoga cara-cara berikut ini bisa membantu kamu dan main PUBG lebih nyaman.

Biasanya sih masalah lag semacam ini sering terjadi di game online mana pun. Dan ada dua sebab yang paling utama, yakni spek ponsel rendah dan jaringan internet buruk.

Sebenarnya cara cepat untuk main PUBG lancar adalah prosessor gahar, Ram lega, dan Koneski bagus. jadi, Beli iPhone hehehe.. 

Tapi harga iPhone cukup mahal atau masih banyak keperluan lain yang lebih penting. Okelah kita pake saja HP dengan spek yang pas-pasan.

Apa hp spek biasa-biasa bisa main lancar di PUBG?

Kalau sangat lancar, maka saya jawab gak akan bisa.

Tapi jangan sedih dulu gaes, HP spek biasa memang berbeda dibanding dengan HP spek tinggi. Tapi setidaknya kita bisa mencoba biar lag gak begitu parah.

Kita akan lakukan beberapa cara berikut ini untuk mengurangi lag PUBG. Seperti mengurangi grafiknya, pake aplikasi penguat dan lain-lain.

untuk selengkapnya simak di bawah:

Mengatasi PUBG Lag dan Lemot

1. Grafik Smooth

Cara ini bisa langsung kamu lakukan sekarang juga tanpa instal aplikasi apa pun. Buat perangkat yang speknya pas-pasan, saya sangat rekomendasikan cara ini. Yakni menurunkan kualitas grafis PUBG dengan pengaturan paling rendah. Begini caranya,

Klik pengaturan (pojok kanan atas) > pilih Graphics

Di sini ada dua pilihan Frame Rate dan Graphics, maka pilih Frame Rate Medium dan Graphics Smooth.

Pengaturan grafik ini sangat bermanfaat karena menyesuaikan kemampuan ponsel. Dan perlu kamu tahu, permainan online kayak PUBG lebih mengutamakan kelancaran dari pada keindahan grafik.

Ya, intinya kan menang. meski grafik burik dikit tidak apa lah.

2. Semua Aplikasi Latar Belakang Harus Ditutup

Selanjutnya kamu perlu menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. Kamu bisa menutup di recent apps, lewat pengaturan, atau pake aplikasi penutup aplikasi berjalan.

Membiarkan aplikasi berjalan di latar belakang akan membuat kinerja ponsel makin berat, semakin banyak semakin berat. Waduh, sudah spek HP pas-pasan malah ditambahi pekerjaan yang berat-berat gimana sih?

Dengan menutup semua maka RAM dan CPU ponsel lebih ringan.

3. Sampah Dihapus

Selain itu kamu juga perlu membersihkan file sampah. Bisa menggunakan cleaner bawaan atau instal dari playstore.

File sampah yang menumpuk banyak juga mempengaruhi kinerja ponsel dan main game lebih lemot. File sampah terbanyak biasanya di aplikasi browser seperti google chrome, youtube dan yang sering digunakan lainnya.

4. Kalau Bisa Internet Stabil

Internet adalah hal penting yang perlu diperhatikan ketika main game online kayak PUBG. Baik menggunakan paket data atau wifi.

Di paket data seluler, kamu bisa mengatur untuk sinyal yang terbaik saja, semisal hanya sinyal 4G. Cara ini bagus kalau di tempatmu mudah ditemukan sinyal 4G.

caranya: buka pengaturan ponsel > data seluler > pilih tipe jaringan > pilih LTE Only

Pengaturan ini pasti ada di semua perangkat android di bagian pengaturan SIM.

Kalau di tempatmu sulit sinyal maka kamu bisa cari koneksi wifi seperti di cafe atau lainnya yang menyediakan wifi. Kamu tinggal pesen segelas kopi saja dan main game sepuasnya hehe..

5. Bantuan GFX Tools Apps

Ini adalah aplikasi yang sangat populer digunakan untuk mengatur grafik game. Sangat berguna untuk mengatasi lag di PUBG dan game-game online lainnya.

Aplikasi ini memungkinkan kamu mengatur grafik hingga extreme smooth alias sangat-sangat ringan.

Kamu bisa download aplikasi ini melalui play store. Dan untuk caranya kamu bisa browsing di google atau youtube.

6. Bantuan Game Booster Apps

Game booster juga bisa untuk meningkatkan atau mengoptimalkan kinerja dari RAM, CPU, dan performa saat bermain PUBG. Aplikasi ini menyediakan info kecepatan dan kinerja perangkat yang sedang berjalan.

Aplikasi ini tersedia gratis di playstore.

Caranya: Buka game booster > mencari game otomatis > pilih game yang diboost> game berhasil di Boost

7. Restart HP

Kalau memang main PUBG sangat lemot, maka saya sarankan untuk restart ulang perangkat. Caranya kayak biasanya:

Tekan lama tombol power > pilih Restart

Jangan langsung buka game PUBG, tapi tunggu sampai HP berjalan normal kembali. Dengan restart, maka HP akan memulai ulang dan membersihkan tugas-tugas yang berjalan. Mungkin kita sudah membersihkan semua sebelumnya, namun dengan restart bersih-bersih bisa lebih powerfull.

8. Hapus Chace PUBG

Karena setelah bermain pasti game akan meninggalkan bekas-bekas chace maka ini akan mempengaruhi kinerja game itu sendiri. Saya sarankan untuk menghapus chace PUBG dengan cara:

Buka Pengaturan > Kelola Aplikasi > PUBG > Hapus Cache

Boleh juga menghapus semua data PUBG, tapi cadangkan dulu. Dan nanti kembali login dengan akun yang sama.

9. Main di PUBG Lite

DI playstore ada dua versi PUBG, yakni PUBG mobile dan PUBG mobile lite. Nah, kamu bisa menggunakan versi lite yang lebih ringan. Meskipun di versi ini ada beberapa hal yang dihilangkan. Tapi permainannya gak kalah seru kok. 

10. Coba VPN Gamers

Atau kamu bisa coba VPN gamers yang bisa diinstal dari playstore. Namun sayangnya vpn ini kadang kurang bagus dan kinerjanya kadang gak stabil. Tapi kamu bisa coba dulu dan siapa tahu cocok digunakan di perangkat atau daerah kamu.

11. Ganti HP Baru

Seperti yang saya sarankan tad, perangkat sangat mempengaruhi kinerja game. Cara ini saya sarankan kalau kamu punya uang lebih. Kamu bisa membeli perangkat iPhone, karena dibanding android, perangkat iPhone lebih stabil.

12. Main PUBG di PC

Ata kamu bisa main game PUBG di PC. PUBG juga tersedia di versi PC, tapi kamu juga bisa memainkannya dengan emulator android.

Biasanya perangkat PC lebih gahar dibanding dengan HP.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat permainan PUBG di hp lebih lancar. 

Mungkin kamu penasaran kenapa sih PUNG kok bisa lag dan lemot? Apa saja sebab-sebabnya?

Simak pembahasan ini?

Penyebab PUBG Lag dan Lemot

Kalau kamu sudah baca selengkapnya cara di atas, harusnya sudah tahu beberapa penyebabya. Ada beberapa masalah yang membikin PUBG gak bisa lancar. diantaranya adalah:

1. Jaringan lemot

Kalau kamu menggunakan data seluler, maka masalah jaringan yang sering terjadi adalah berpindahnya jaringan seperti 4G ke H+ atau lainnya. Hal ini bisa kamu atasi dengan cara di atas seperti nomor 3 masalah jaringan.

2. Spek HP Rendah

Tentu saja spek perangkat yang rendah tidak memainkan PUBG dengan lancar. Baik dari sisi RAM, prosesor, sistem android atau lainnya.

3. Banyak Aplikasi Berjalan

Biasanya kita sering membuka aplikasi dan menekan tombol homescreen. di sanalah kita membiarkan aplikasi berjalan di latar belakang. Semakin banyak aplikasi berjalan maka kinerja RAM dan Prosesor akan terbebani.

4. Chace PUBG menumpuk

Selain itu, chace PUBG yang menumpuk juga membikin kinerja game menjadi lambat. Semakin kita sering membuka atau memainkan game PUBG maka sampah-sampah akan menumpuk. Kalau kita tidak membersihkannya maka membikin lag dan lemot.

Penutup

Nah itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi PUBG lag.

Dari artikel ini kamu tahu beberapa cara untuk meringankan game dan cara alternatifnya. Kamu juga tahu apa saja masalah yang sreing menjadikan game PUBG menjadi lemot.

Apa kamu punya pendapat tentang artikel ini gaes?

Berikan masukanmu di kolom komentar ya...

Sekian dulu, Share jika artikel ini kalau bermanfaat, dan sampai ketemu lagi di next post.

Baca Juga:

Cara mengatasi Free Fire Lag, 100% Work

Game Mirip PUBG Bisa Online dan Offline

10+ Game Mod Offline Android

Game Battle Royale Paling Menantang

Posting Komentar untuk "10+ Cara Mengatasi PUBG Lag"

Berlangganan via Email