Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Penyimpanan Online Gratis Terbaik dan Aman

Penyimpanan Online Gratis - Solusi tepat buat kamu yang punya banyak file dengan ukuran besar dan kekurangan penyimpanan.

Penyimpanan online atau biasa disebut cloud adalah salah satu perkembangan teknologi yang sangat membantu. Apalagi kebutuhan penyimpanan semakin hari semakin besar.

Penyimpanan Online

Kalau dulu, satu foto dengan ukuran MB sudah besar sekali, dan sekarang ukuran satu foto saja bisa sampai puluah MB. Belum lagi video, belum lagi film, aplikasi, dan banyak lagi lainya.

Dan kecanggihan juga mengikuti hal ini, perangkat juga dibekali dengan penyimpanan yang lebih besar dan lebih besar.

Bener gak?

Namun, kadang kita memiliki banyak file dengan ukuran yang sangat besar. Kalau kita menyimpannya di HP atau PC akan memakan banyak tempat.

Hmm.. gimana ya solusinya?

Mungkin kamu berpikir untuk menyimpannya di flashdisk atau hardisk eksternal.

Betul, tapi ada cara yang lebih simpel dan praktis, yakni menggunakan storage online atau cloud. Dengan cara ini kamu gak perlu beli flasdisk atau semacamnya untuk simpan file. Kutoa yang disediakan juga lumayan besar.

Dan beberapa kelebihan lain dan kekurangan yang bisa kamu simak di pembahasan akhir nanti.

Ada banyak kok layanan storage berbasis cloud yang menyediakan ruang gratis. Namun kapasitas tiap layanan berbeda-beda.

Kali ini kita akan ulas apa saja penyimpanan online gratis yang terbaik. Kamu bisa pilih salah satu layanan di bawah ini:

Penyimpanan online 1tb gratis, penyimpanan online unlimited, penyimpanan data online gratis terbesar, penyimpanan online dropbox, penyimpanan dokumen online, penyimpanan data digital secara online menggunakan, aplikasi penyimpanan data di komputer.

Selain itu, penyimpanan-penyimpanan cloud ini juga terkenal aman. Jadi kamu gak perlu khawatir ada orang lain yang mencuri data pribadi yang disimpan di cloud online.

Sebelummnya kamu tahu gak, apa sih cloud online itu?

Media penyimpanan online adalah..

Cloud storage atau media penyimpanan file berbasis online adalah penyimpanan yang menggunakan internet dimana kita bisa menyimpan dengan kapasitas tertentu. Kita bisa mencadangkan data dan mengunduhnya kapan saja.

Fungsinya sama persis kayak flashdisk atau hardisk eksternal, hanya saja kamu harus menggunakan internet untuk mengakses file.

Penyimpanan Online Gratis Terbaik

1. Google Drive (Gratis 15GB)

Pertama kamu bisa gunakan layanan dari google. Kalau kamu belum punya, coba cek Cara Membuat Akun Google Drive GRATIS 15GB.

Ini adalah layanan penyimpanan berbasis cloud yang bisa kamu gunakan gratis. Sebenarnya Google drive juga menyediakan untuk layanan premium berlanganan per bulan.

Untuk versi gratis per akun bisa menyimpan hingga ukuran 15GB dan untuk premium penyimpanan hingga tak terbatas. Wah, bisa simpan apa saja tuh.

Tapi kalau 15GB masih kurang, kamu bisa gunakan trik begini, buat akun google sebanyak mungkin (sesuai dengan kebutuhan) satu akan gratis 15GB, tinggal kamu itung butuh berapa GB?

Penyimpanan di google drive juga terbilang gampang banget. Kamu bisa simak tulisan cara bakcup data yang sudah saya tuliskan.

Cara membuat link Google Drive

Di layanan ini kamu juga bisa berbagi file dengan mudah.

2. pCloud (Gratis 10GB)

Selanjutnya kamu bisa gunakan layanan pCloud. Ini juga termasuk cloud yang cukup populer dan aman. Di sini kamu bisa menyimpan gratis mulai dari 10GB dan dapat diperluas.

Tampilan pCloud juga elegan dan mudah digunakan. Di layanan ini bisa kamu tingkatkan hingga 20GB. Dan ini juga tersedia aplikasinya untuk versi PC dan HP.

Layanan ini juga menyediakan versi premium berlangganan. Kamu bisa memilih berbayar untuk penyimpanan ratusan GB hingga 1TB.

3. OneDrive (Gratis 5GB)

Atau kamu bisa gunakan layanan OneDrive yang juga terkenal. Ini adalah storage online yang dibuat dan dikembangkan perusahaan ternama, Microsoft.

Tampilannya juga sederhana dan mudah digunakan. Kalau kamu penggemar produk microsoft ini akan lebih cocok kamu gunakan.

Cara daftranya juga mudah, kamu hanya perlu akun microsoft saja. Dan kamu akan mendapatkan penyimpanan gratis sebesar 5GB.

Ini juga menyediakan paket langganan dengan kapasitas yang beragam.

4. Dropbox (Gratis 2GB)

Selanjutnya ada dropbox yang juga menjadi penyedia penyimpanan cloud populer. Hanya saja disini kamu akan disediakan penyimpanan gratis sebesar 2GB doang.

Tapi jangan cemas, layanan ini bisa kamu perluas kapasitasnya menjadi 15GB lebih. Ada beberapa cara untuk memperluasnya biar penyimpanan kamu lebih lega.

Diantaranya adalah dengan cara:

  • Menyelesaikan panduan awal (250MB)
  • Mengajak keluarga atau teman (500MB per orang maksimal 16GB)
  • Kontribusi ke forum Komunitas Dropbox (1GB)

Selain tampilan yang gampang digunakan, Kamu juga bisa berbagi file dengan lebih mudah.

5. MediaFire (Gratis 10GB)

Apa yang kamu ingat dengan mediafire?

Ya, mungkin ini adalah layanan cloud yang sering digunakan untuk file download. Kamu juga bisa membuat akun mediafire dan mendapatkan penyimpanan gratis sebesar 10GB. Ini juga bisa kamu perbesar dengan beberapa cara.

Seperti mengajak orang lain untuk menggunakan mediafire. Bahkan kamu bisa mendapatkan penyimpanan hingga 50GB cloud gratis.

Ini adalah cloud yang cukup lawas dan sudah mengatasi beberapa masalah termasuk bisa diakses selain pengguna.

6. Icedrive (Gratis 10GB)

Icedrive termasuk layanan cloud generasi berikutnya yang membantu kamu menyimpan berkas secara online dengan mudah. Selain menyimpan kamu juga bisa berbagi dengan siapa saja dengan mudah.

Kamu hanya perlu membuat akun dan akan mendapatkan storage mulai 10GB gratis. Ini juga bisa kamu perbesar dengan beberapa cara kayak layanan lain.

7. Mega (Gratis 50GB)

Selanjutnya ada Mega Cloud yang merupakan penyimpanan online dan layanan file hosting dari Mega Limited. Layanan ini tersedia untuk platform Windows, Mac, dan Linux.

Di sini kamu akan ditawari dengan penyimpanan gratis sebesar 50GB.

8. Box (Gratis 10GB)

Berikutnya kamu bisa gunakan layanan Box. Ini adalah manajemen file cloud dan layanan berbagi yang tersedia untuk Windows, macOS, dan platform smartphone.

Penggunaan box juga mudah dan bisa berbagi ke siapa saja. Kamu juga bisa mengundang pengguna lain untuk join, cocok untuk penyimpanan data bersama.

Di sini kamu disediakan layanan cloud gratis sebesar 10GB.

9. IDrive (Gratis 5GB)

Layanan IDrive ini cocok buat kamu yang ingin backup data dan menyimpan file online. IDrive juga sudah tersedia untuk Windows, Linux, iOS, Android, dan Mac.

Dengan layanan IDrive, kamu akan mendapatkan 5 GB gratis. Bisa mengunggah atau mengunduh file berukuran hingga 2 GB.

10. iCloud (Gratis 5GB)

Mungkin kamu sudah akrab dengan nama yang satu ini. ICloud adalah layanan penyimpanan cloud yang dibuat dan dikembangkan oleh Apple Inc.

Layanan ini bisa menyimpan file apa pun dan akan secara otomatis menyinkronkan ke perangkat Apple. Ini juga tersedia untuk Mac dan PC Windows.

Hanya saja yang disediakan gak banyak, sebesar 5GB gratis. Ini cocok buat kamu pengguna produk Apple.

11. Amazon Drive (Gratis 10GB)

Amazon Drive atau Amazon Cloud Drive menjadi layanan cloud yang dikembangkan oleh Amazon. Ini juga termasuk penyimpanan cloud yang aman dan memudahkan kamu berbagi file, pencetakan foto, dan cadangan file.

Selain itu kamu juga bisa mengatur dan mengedit foto secara online, otomatis mencadangkan foto dan video dari HP, sinkronisasi file dan folder.

Di sini kamu disediakan penyimpanan grtais sebesar 10GB.

Kelebihan Penyimpana Online

Ada beberapa kelebihan yang kamu dapatkan kalau menggunakan layanan cloud online ini. Diantaranya adalah:

  • Meringankan penyimpanan lokal
  • Kapasitas besar
  • Mudah berbagi
  • Cukup aman
  • Bisa diakses kapan saja
  • Gratis

Kekurangan Penyimpanan Online

Selain kelebihan, juga ada beberapa kelemahan yang perlu kamu perhatikan

  • Harus ada internet untuk unggah atau unduh
  • Kemungkinan kecil data pribadi bocor
  • dll

Kesimpulan

Oke, itu tadi beberapa pilihan untuk storage online yang bisa kamu gunakan secara gratis. Saya sendiri lebih suka dengan google drive, karena sering menggunakan produk-produk google. Ini juga mudah digunakan baik untuk backup, download, berbagi atau lainnya.

Kalau kamu sendiri gimana gaes?

Kalau kita lihat, banyak media penyimpanan di atas yang menyediakan kapasitas yang besar dan bisa diperbesar. Bahkan ada yang bisa diperbesar sampai puluhan GB.

Jadi, kamu pilih saja sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa berikan komentar di bawah ya..

Simak juga gimana cara backup data wa yang benar dan aman.

Sampai di sini dulu semoga bermanfaat dan ketemu lagi di next post yang lebih menarik.